Advertisement

3 Cara Chat Penjual di Shopee Beserta Templatenya [Terbaru]

Diterbitkan pada
14 Maret 2022
Waktu membaca
4 Menit

Seringkali kita menemukan informasi produk di Shopee yang kurang detail dan lengkap. Untuk menghindari kesalahan produk yang dikirim penjual, ada baiknya untuk menanyakan dahulu. Untuk itu kami berikan cara chat penjual di Shopee supaya lebih jelas.

Fitur chat di Shopee sangat bermanfaat bagi penjual dan pembeli dalam menangani permasalahan terkait produk. Banyak hal yang ingin diketahui pembeli jika banyak informasi dan keterangan dalam deskripsi produk yang kurang jelas.

Misalnya saja seperti menanyakan stok barang, produk ready atau tidak, warna, size produk, berkonsultasi kepada penjual mengenai manfaat produknya, hingga terkait pengiriman barang jika terjadi kendala.

Maka dari itu banyak penjual yang menyarankan menanyakan dahulu melalui fitur chat sebelum melakukan checkout di Shopee. Hal ini supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara penjual dan pembeli.

Nah, kalau kamu masih bingung bagaimana cara chat penjual di Shopee, cara menghubungi penjual di Shopee, hingga contoh chat di Shopee, akan kami berikan panduan lengkap pada tulisan ini.

Untuk itu, jangan lupa untuk klik tombol Bookmark ( ⭐) di pojok kanan atas browser supaya  kamu tidak kehilangan postingan ini. Jika sudah, yuk langsung saja lihat berikut ini, Cekidot…

Cara Chat Penjual di Shopee

Jika ingin belanja di Shopee, ada baiknya tanyakan dulu ke penjual mengenai produk yang akan dibeli. Tanyakan beberapa hal seperti stok barang, pengiriman, warna, ukuran dan lainnya supaya menghindari kesalahpahaman antara penjual dan pembeli.

Cara menghubungi penjual di Shopee untuk menanyakan stok barang atau menanyakan informasi lainnya bisa menggunakan 3 cara mudah, yaitu :

  1. Melalui halaman produk
  2. Melalui pesanan saya
  3. Melalui portal fitur chat

Dari 3 cara diatas, akan kami berikan panduan lengkapnya dibawah ini :

1. Melalui Halaman Produk

Cara menghubungi penjual di Shopee bagi kamu yang belum melakukan proses checkout bisa melalui halaman produk. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Masuk ke Aplikasi Shopee melalui smartphone.
  • Cari produk apa yang akan dibeli.
  • Klik produk yang akan dibeli, kemudian akan diarahkan ke halaman produk.
  • Baca deskripsi dan informasi lengkap pada produk tersebut.
  • Jika masih ada yang kurang jelas bisa klik icon chat/pesan ke penjual di pojok kiri bawah.
  • Tanyakan informasi yang kurang jelas misalnya untuk stok barang, warna, ukuran, produk apakah ready stok, dan lainnya.
  • Tunggu hingga penjual membalas pesan kamu.
  • Selesai! ✔️

Untuk contoh chat penjual di Shopee, bisa kamu tulis seperti contoh dibawah ini :

Halo kak, saya ingin membeli produk tersebut. Namun sebelum itu, saya ingin bertanya (misal : apakah produk tersebut ready stock?, apakah ada warna lain selain kak?, apakah untuk warna merah stoknya ada kak?, dan lainnya), saya tunggu jawabanya ya kak. Terimakasih 🙂 

Biasakan menanyakan informasi produk ke penjual dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti, ya. Supaya penjual bisa dengan cepat merespon pesan kamu. Nah, selain cara diatas ada cara lain, lho! Penasaran bagaimana caranya? Yuk, lihat part selanjutnya dibawah ini!

2. Melalui Pesanan Saya

Kamu sudah terlanjur belanja di Shopee tanpa menghubungi penjual terlebih dahulu? Apakah bisa melakukan chat lagi jika sudah membeli produk? Ya, tentu saja bisa!

Biasanya chat ini dilakukan supaya penjual segera mengirimkan barang. Nah, buat kamu yang masih bingung cara chat penjual di Shopee untuk segera mengirimkan barang, bisa lihat panduan dibawah ini!

Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk k aplikasi Shopee.
  • Masuk ke halaman profil saya.
  • Pilih menu pesanan saya.
  • Klik pesanan yang dikemas atau dikirim.
  • Pilih produk mana yang akan ditanyakan oleh penjual.
  • Klik Hubungi Penjual kemudian akan dialihkan ke halaman chat.
  • Tulis pesan yang akan ditanyakan ke penjual.

Berikut contoh template pesan ke penjual Shopee jika ingin menanyakan terkait pengiriman barang :

Hallo kakak selamat siang. Terkait pengiriman barang yang saya beli di toko kakak, apakah bisa dikirimkan dengan segera kak? Karena produk akan saya gunakan sebentar lagi, kalau bisa jangan melebihi estimasi pengiriman ya kak. Terima kasih 🙂

  • Tinggal menunggu balasan dari penjual.

Bagi penjual. nilai performa chat dibalas merupakan hal yang penting untuk bisa menjadi Star Seller Shopee. Maka dari itu, tidak banyak penjual yang mengabaikan chat dari pembeli.

3. Melalui Portal Fitur Chat

Cara yang terakhir yaitu melalui fitur chat di langsung di Shopee. Fitur ini berada di pojok kanan atas aplikasi jika diakses menggunakan smartphone. Cara menghubungi penjual melalui ini, memang jarang yang menggunakan. Biasanya, fitur ini digunakan penjual untuk broadcast pesan ke pembeli dan menawarkan berbagai promo.

Nah, untuk kamu yang belum tahu cara chat penjual Shopee melalui portal fitur chat, bisa ikuti langkah dibawah ini :

  • Buka aplikasi Shopee dan login menggunakan akun kamu.
  • Klik icon chat di pojok kanan atas aplikasi.
  • Tulis id toko atau nama toko yang akan di chat pada kolom pencarian.
  • Jika sudah ketemu, klik toko tersebut dan bisa langsung melakukan chat.
  • Tulis pesan yang akan disampaikan ke penjual dan kirim.
  • Jika sudah, tinggal menunggu balasan dari penjual.
  • Selesai!✔️

Ohya perlu diketahui, pada kolom chat kadang-kadang kita pernah menjumpai tanda seru. Lalu, kenapa chat di Shopee ada tanda seru? Apa artinya?

Jadi, tanda seru di kolom chat Shopee merupakan tingkat keamanan dari akun penjual Shopee, yang artinya akun toko tersebut mempunyai masalah terkait penjualan.

Misalnya seperti pernah menyalahi kebijakan Shopee dan melakukan pelanggaran. Untuk itu perlu diwaspadai jika menemukan tanda seru di salah satu penjual Shopee. Ada baiknya tidak perlu diteruskan untuk berbelanja.

FAQ

Berikut ini beberapa pertanyaan sekaligus jawaban seputar chat shopee. Semoga bisa membantu ya, yuk simak berikut ini…

  • Kenapa tidak bisa chat dengan penjual di Shopee?

Penyebab tidak bisa chat dengan penjual di Shopee yaitu akun kamu diblokir oleh penjual, sehingga tidak bisa mengirim pesan hingga melakukan pembelian produk di toko tersebut.

  • Apa itu template pesan Shopee?

Template pesan di Shopee merupakan fitur shopee chat bot. Sehingga penjual di Shopee tidak perlu membalas satu persatu pesan yang sering diajukan pembeli, karena sudah otomatis dijawab oleh shopee chat bot.

  • Apakah boleh memberikan nomor WA di chat Shopee?

Memberikan nomor WA, nomor telepon, maupun media sosial lin di chat Shopee merupakan kebijakan yang dilarang oleh Shopee. Jadi tidak diperbolehkan.

  • Apakah Shopee punya WA?

Shopee tidak mempunyai WA pribadi. Untuk kendala terkait sistem di Shopee bisa melakukan komplain melalui Call Center Shopee.

  • Kenapa tidak bisa kirim gambar di Shopee?

Kirim gambar di Shopee melalui fitur chat, sangat bisa dilakukan. Namun, jika kamu gagal melakukannya, biasanya kamu belum mengaktifkan izin aplikasi Shopee unuk mengakses foto/video di handphone kamu.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara chat penjual di Shopee. Semoga bisa bermanfaat, ya.

Jika masih ada pertanyaan bisa tulis di “kolom komentar” dibawah, ya. Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kalian yang membutuhkan.

Terimakasih sudah membaca, See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *