Cara cek resi Bluebird kirim bisa dilakukan melalui beberapa cara. Asalkan Anda telah mengantongi nomor resi atau nomor pengiriman barang.
Selain itu, pengguna juga diharuskan untuk mengunduh aplikasi MyBluebird untuk mengetahui posisi keberadaan paket secara real time.
Secara sistematis, untuk mengecek lokasi paket tidak berbeda jauh dengan cek resi Ninja Xpress.
Setiap pengguna hanya perlu memasukkan nomor pengiriman, kode atau CAPTCHA, dan enter saja. Terpenting, harus selalu memantau beberapa jam sekali agar layanan dari pengirim ke penerima bisa lebih optimal.
Inilah cara mengetahui posisi paket, manfaat, dan hal-hal lainnya!
Mengapa Harus Melacak Paket Bluebird Kirim?
Perlu Anda ketahui bahwa mengecek dan melacak paket sangat penting kaitannya dengan pelayanan customer.
Jika barang tersebut terlambat datang bahkan melebihi estimasi tiba, maka akan terjadi dampak buruk baik untuk si penerima juga bagi pihak penyedia jasa pengiriman barang.
Paling tidak, Anda wajib melakukannya demi mendapati hal berikut:
1. Memenuhi Permintaan Konsumen
Hampir sebagian besar pelanggan atau pembeli di Indonesia menginginkan barang kiriman harus tiba sesuai jadwal atau estimasi.
Ketika permintaan tersebut tidak dipenuhi sebagaimana mestinya, mereka akan kecewa dan mengajukan komplain.
Mungkin tidak masalah, jika hanya komplain tersebut hanya berupa kemarahan dan kritik halus.
Namun, bagaimana dengan komplain yang kasar, ancaman berhenti langganan, dan meminta ganti rugi? Tentu pengguna harus berpikir mencari solusi atas masalah tersebut.
Padahal dari pihak ekspedisi belum tentu memberikan asuransi atau pengajuan klaim layaknya komplain ke Paxel lewat CS.
ADVERTISEMENTS
2. Menjaga Hubungan Pengirim dan Penerima Paket
Kebanyakan seller, khususnya pebisnis pasti mengutamakan karakter pembeli yang menginginkan barang pesanan segera tiba di rumahnya sesuai dengan jadwal.
Sebab, penjadwalan berhubungan erat dengan kebutuhan dan permintaan darurat yang datang dari konsumen.
Misalnya, pemilik usaha bahan makanan dan minuman harus mengantar paket berupa produk-produk pembuatan Thai Tea kepada pelanggannya . Di sini, sang owner sudah menjadwalkan pick up dan menggunakan pengantaran instan seperti biasa.
Namun setelah tracking barang, posisi paket sudah lebih dari satu jam tidak berubah karena adanya kendala yang dialami driver Bluebird kirim.
Kalau sudah begitu, maka pengirim barang harus segera mengabarkan pada konsumennya bila kemungkinan terjadi keterlambatan dalam proses pengiriman barang.
ADVERTISEMENTS
3. Mengonfirmasi Kesalahan
Meskipun layanan yang disuguhkan oleh pihak Bluebird kirim berupa pengiriman same day seperti Paxel, akan tetapi bukan berarti luput dari kemungkinan buruk lainnya.
Sebut saja terjadi kesalahan rute atau arah selama mengantar barang, sehingga paket nyasar ke alamat orang lain.
Jika hal itu terjadi, sebagai pengirim Anda harus buru-buru merevisi dan menginformasikan pada driver agar segera membetulkan arahan sesuai permintaan.
Tenang saja, tata cara kontak atau menghubungi driver Bluebird sama kok seperti menggunakan layanan GoSend.
ADVERTISEMENTS
4. Meningkatkan Mutu Pelayanan
Manfaat dan fungsi yang paling penting melacak barang yakni guna meningkatkan mutu pelayanan dari pihak pengirim maupun penjual produk.
Ketika seller menggunakan Bluebird kirim, mereka dapat menilai secara langsung; apakah jenis ekspedisi yang satu ini layak untuk digunakan ke depannya atau hanya menjadi alternatif saja.
Sebab, bila sering mengalami kendala atau pembeli kerap komplain karena memilih jasa kurir tersebut, otomatis pemilik usaha harus mengevaluasinya.
Karena salah satu cara berbisnis online hingga sukses harus mengedepankan pelayanan yang ramah, responsif, cepat, dan berkualitas.
ADVERTISEMENTS
Cara Cek Resi Bluebird Kirim Lewat Beberapa Cara
Tahukah Anda? Cara cek resi Bluebird kirim hampir sama dengan pelacakan paket air freight, kargo, dan sebagainya.
Walaupun berasal dari perusahaan yang sama, kenyataannya dari segi fleksibilitas agak berlainan.
Baca Juga
1. Cek Pengiriman Bluebird Kirim via MyBluebird
- Buka akun MyBluebird atau download dulu “MyBluebird” di Google Play Store
- Kemudian, masukkan nomor HP yang masih aktif dan klik “Selanjutnya”
- Setelah itu buat kata sandi atau masukkan password yang sebelumnya sudah dibuat (8 karakter yang terdiri dari angka, huruf, dan simbol)
- Klik “Masuk” untuk login ke akun pribadi
- Setelah itu, silakan klik ikon baris tiga yang berada di pojok kiri atas
- Pilih “Pesanan” untuk melihat daftar pesanan yang dijadwalkan kemudian klik detail untuk mengcek lokasi posisi keberadaan barang
- Nah, dengan begitu selesai deh!
2. Lacak Resi Lewat Tracking Status
Selain menggunakan aplikasi, pengguna juga bisa melacak informasi paket dengan membuka website eksternal.
Misalnya, tracking status.
- Buka website tracking status
- Kemudian masukkan nomor resi atau nomor pengiriman barang
- Lalu klik “Cek”
- Nah, dengan begitu paket pun mulai terlihat posisinya
3. Cek Resi Bluebird di Track My Courier
Cara berikutnya untuk mengetahui paket bisa menggunakan layanan track my courier, yakni sebuah website eksternal yang sering digunakan untuk memeriksa status pengiriman berbagai ekspedisi tanah air.
- Buka situs track my courier
- Masukkan nomor pelacakan kurir Bluebird secara online
- Lalu, klik “Cek”
- Barulah status dan posisi barang yang sedang dibawa kurir akan terlihat jelas
4. Melalui Aplikasi Shopee
Bagi Anda yang berbelanja di Shopee dan kebetulan memilih ekspedisi Bluebird kirim bisa langsung melacaknya lewat daftar pesanan atau melacak pengiriman.
Prosesnya pun sama seperti ketika melacak status pengiriman paket-paket lain pada umumnya.
Anda juga bisa mengecek tarif ongkir juga cek resi bluebird kirim secara lengkap di Pluginongkoskirim sebelum mengirimkan barang.
Bahkan ada banyak tarif dari berbagai perusahaan ekspedisi. Seperti tarif ongkir J&T yang terbaru dan layanan pengiriman barang lainnya.
Masih ada beberapa website yang bisa dimanfaatkan untruk tracking paket yang Anda kirimkan melalui layanan Bluebird.
Namun, tiga cara di atas termasuk yang paling banyak digunakan oleh konsumen maupun pebisnis online.
Kendala Tracking Paket Bluebird
Jika Anda beberapa kali atau sempat mengalami kendala saat melacak status pengiriman paket, ada baiknya pastikan dulu beberapa hal ini:
- Koneksi internet berjalan lancar
- Masukkan nomor resi atau digit angka pelacakan dengan benar (sebaiknya periksa kembali sebelum cek)
- Biasakan mengecek beberapa jam sekali, karena status perubahan bisa saja terjadi lebih lambat karena masalah human error dan lainnya.
Apabila Anda merasa bahwa tidak ada masalah di antara ketiga poin di atas, silakan kontak customer service Bluebird di media sosialnya.
Baik lewat Facebook, Instagram, dan Twitter.
Yaps, Admin Bluebird di media sosial memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap terahadap berbagai masalah dari konsumen.
FAQ
Q: Bagaimana cara menghubungi CS Bluebird kirim?
A: Pengguna bisa mengunjungi akun Instagram, Facebook, dan Twitter Bluebird dengan mengirimkan DM (pesan pribadi) atau meninggalkan komentar di salah satu postingan terbarunya.
Q: Mengapa tidak bisa menggunakan layanan lewat MyBluebird?
A: Jika ingin mengirim paket menggunakan Bluebird kirim, tetapi status di halaman utama menunjukkan “Tidak ada layanan tersedia di lokasi Anda. Silakan pilih lokasi lainnya”, berarti layanan Bluebird belum ada di kota maupun daerah sekitar tempat Anda tinggal.
Q: Apakah ada promo menggunakan Bluebird?
A: Dengan mengakses menu Promosi di akun MyBluebird, pengguna bisa mengetahui sejumlah promo menarik berupa diskon dan cashback sampai 70%.
Penutup
Walaupun tidak begitu banyak cara cek resi Bluebird kirim, akan tetapi Anda tetap bisa mengetahuinya dengan menghubungi pusat bantuan secara langsung.
Selanjutnya, mereka akan meminta nomor resi atau nomor pelacakan barang Anda agar bisa tracking paket secara real time.
Anda juga bisa menanyakan perihal ekspedisi ini pada kami @Pintarjualan.id.
Jangan lupa follow Instagram kami ya! Terima kasih.