Biaya Packing J&T: Ketentuan, Harga & Asuransi [Perhatikan Sebelum Kirim]

Hanif 23 Feb 2023 3 Menit 0

ADVERTISEMENT

Sebelum mengirim paket yang membutuhkan packing tambahan, ketahui terlebih dahulu biaya packing J&T nya.

Terkait pengiriman paket, biaya packing merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Selain biaya pengiriman, biaya packing juga bisa menjadi faktor penting dalam menentukan total biaya pengiriman.

Salah satu jasa pengiriman yang cukup populer di Indonesia adalah J&T Express. Berikut ini adalah beberapa informasi terkait biaya packing di J&T Express.

ADVERTISEMENT

Pengalaman Packing Kayu Via J&T

Biaya kirim laptop via j&t 2

Ilustrasi penimbangan berat paking kayu dengan laptop di dalamnya

Pengakuan salah satu pengguna media sosial membeberkan pengalaman menggunakan paking kayu untuk mengirim laptop via J&T.

Karena diminta saudaranya untuk beli laptop di Jakarta, akhirnya kurir yang dipilih adalah J&T. Untungnya, agen cabang J&T di dekat rumah juga menyediakan jasa paking kayu. Jadi, laptop di bungkus kardus, kemudian bubble wrap. Baru kemudian ditutupi oleh packing kayu.

Berat laptop dengan baterai dan charger sebelumnya hanya 2 kg. Namun setelah ditimbang, bersama packing, berat total laptop dengan packing jadi 5 kg.

Dengan berat total 5 kg, biaya pengiriman dari Jakarta menggunakan J&T adalah sebesar Rp 125.000. Namun, biaya pengiriman tersebut ditambah dengan biaya asuransi pengiriman J&T sebesar (0,2% x Rp 7.499.000) + Rp 5.000 = Rp 20.998.

Jadi, total biaya pengiriman menjadi pembelian menjadi:

  • Packing Kayu: Rp 100.000
  • Ongkos Kirim: Rp 125.000
  • Asuransi Pengiriman: Rp 20.998
  • Total: Rp 245.998

ADVERTISEMENT

Biaya Packing Kayu via J&T

J&T Express merupakan salah satu jasa pengiriman paket yang menyediakan layanan packing kayu untuk paket yang memiliki ukuran besar atau bentuk yang tidak standar. Namun tidak semu agen/cabang J&T menyediakan jasa ini, ya.

Biaya packing kayu di J&T Express tergantung pada ukuran dan jenis barang yang akan dikirimkan, serta jarak pengiriman yang dituju. Untuk mengetahui estimasi biaya packing kayu, pelanggan bisa menghubungi customer service J&T Express di nomor telepon 021-8066-1888 atau mengunjungi kantor cabang terdekat.

Umumnya, biaya paking kayu berkisar antara Rp 20.000 – Rp 100.000. Biaya ini variatif karena model packing apakah full atau jarang-jarang juga berbeda.

ADVERTISEMENT

Syarat & Ketentuan Packing Kayu J&T

  • J&T Express tidak akan memikul tanggung jawab atas beberapa hal berikut ini:
  • Kerugian atau kerusakan dokumen atau barang yang disebabkan oleh ketidaksempurnaan pembungkusan oleh penjual.
    Keterlambatan, kehilangan, kerusakan, dan biaya-biaya yang timbul akibat kelalaian penjual.
    Denda, kehilangan, atau kerusakan yang terjadi ketika paket ditahan oleh Bea dan Cukai atau pejabat berwenang lainnya.
  • Pengirim harus mengemas paket dengan benar untuk melindungi isi paket selama transportasi. Jika ada kerugian yang terjadi akibat kemasan yang tidak layak, maka kerugian tersebut menjadi tanggung jawab pengirim.
  • Berat yang digunakan sebagai acuan dalam penagihan adalah berat asli atau berat dimensi yang memiliki nilai lebih besar. Jika ada penambahan berat yang disebabkan oleh proses pengepakan tambahan yang dilakukan oleh J&T Express, maka acuan penagihan adalah berat setelah proses pengepakan ulang.
  • Pengirim harus memberi tahu secara jelas dan benar tentang isi dan nilai paket. Informasi yang salah mengenai hal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
  • Kompensasi untuk barang yang diasuransikan sesuai dengan ketentuan asuransi yang berlaku di J&T Express. Jika pengirim tidak menggunakan asuransi, pembayaran untuk biaya penggantian untuk barang yang hilang atau rusak adalah maksimal 10 kali biaya pengiriman atau nilai barang terendah yang diambil, dengan maksimal nilai penggantian sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta Rupiah). Jika pengirim menggunakan asuransi, pembayaran untuk biaya penggantian untuk barang yang hilang atau rusak, dengan maksimal nilai penggantian sebesar IDR 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah).
    Dokumen dikenai kompensasi berbeda.

ADVERTISEMENT

Cara Packing Kayu Menggunakan J&T

  1. Pastikan kantor agen/cabang J&T yang akan kamu tuju menyediakan jasa packing kayu
    Tidak semua kantor J&T menyediakan jasa packing kayu
    Kamu bisa menghubungi melalui kontak kantornya atau menghubungi Nomor WhatsApp (WA) J&T Express (0811-8466-188)
  2. Persiapkan barang dan dokumen jika diperlukan
    untuk peralatan elektronik, siapkan brand, seri, dan warna untuk dokumentasi pengiriman
  3. Datangi kantor J&T untuk mengirim barang.
    kamu juga bisa menggunakan layanan pick up.

ADVERTISEMENT

Sering Ditanyakan Terkait Biaya Packing J&T

ADVERTISEMENT

Berapa biaya packing di J&T?

Biaya packing di J&T untuk bubble wrap umumnya mulai dari Rp 5000, sementara untuk biaya packing kayu tergantung kepada kebijakan masing-masing cabang. Umumnya biaya packing kayu dipatok mulai dari Rp 20.000.

Apakah pihak J&T menyediakan jasa packing?

Ya, beberapa agen/cabang J&T menyediakan jasa packing, baik packing kardus, bubble wrap dan kayu. Namun tidak semua agen/cabang menyediakannya. Jadi, kamu bisa menghubungi kantor tersebut terlebih dahulu untuk memastikan.

Bagaimana cara membungkus packing J&T?

Kami pernah membahasnya pada artikel berikut: Cara Packing Barang Aman & Tidak Rusak Agar Selamat Sampai Tujuan – Pintarjualan.id.

Kesimpulan

Biaya packing, harga pengiriman, dan layanan asuransi adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam mengirimkan paket menggunakan J&T Express. Dalam menentukan total biaya pengiriman, Anda perlu memperhitungkan biaya packing, harga pengiriman, dan biaya asuransi (jika diperlukan).

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan ketentuan pengiriman yang berlaku, seperti berat maksimal, jenis paket, dan juga asuransi yang tersedia. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda bisa mengirimkan paket dengan lebih aman dan efisien menggunakan layanan J&T Express.

Semoga artikel ini bisa membantumu. Jika ada yang kurang kamu bsia menambahkan di kolom komentar, ya.


Anda bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Berita, Ekspedisi atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


sumber:

  • Syarat dan Ketentuan Pengiriman dengan J&T Express – https://www.tokopedia.com/help/article/syarat-dan-ketentuan-pengiriman-dengan-jt-express
  • CARA PACKING LAPTOP DAN BATERAI AGAR SELAMAT SAMPAI TUJUAN – https://www.youtube.com/watch?v=75V_ZWZtbNM
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *