Arti Kode & Istilah Pengiriman Ninja Xpress (Beserta Penjelasan Komplit)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
07 Mei 2021
Waktu membaca
5 Menit

Saat mengecek paket sudah sampai mana, pengguna akan menjumpai sederet informasi berupa arti kode/istilah pengiriman Ninja Xpress (ekspedisi yang akan kita bahas pada sesi ini).

Tetapi masih banyak pula, pengguna yang belum mengerti betul arti dari masing-masing kode tadi menjelaskan tentang apa. Karena itulah, kami ingin bantu dan sudah merangkumnya ke dalam beberapa poin:

  • Apa yang dimaksud dengan kode Ninja Xpress dan kegunaannya,
  • Daftar istilah pada proses pengiriman Ninja Xpress beserta penjelasannya,
  • Contoh resi pengiriman Ninja Xpress mulai dari pesan layanan hingga sampai rumah.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) untuk menyimpan postingan ini agar sewaktu-waktu bisa diakses kembali (kami akan perbarui secara berkala). Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Kode Ninja Xpress?

Kode Ninja Xpress adalah istilah yang muncul saat pengguna melakukan cek resi paket Ninja Xpress melalui website atau aplikasi. Informasi ini menjelaskan status terakhir dari paket yang sedang dikirim sudah berada di lokasi mana.

Pada halaman cek resi, informasi yang muncul akan dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Informasi paket,
  • Riwayat pelacakan,
  • Bukti pengiriman.

Informasi Paket akan menjelaskan data yang digunakan saat memesan layanan Ninja Xpress.

Mulai dari nama pengirim, jenis pengiriman, jumlah uang yang harus dibayar (jika menggunakan COD), sampai instruksi khusus dari pengirim kepada kurir yang bertugas mengantar paket (opsional).

Sedangkan, Riwayat Pelacakan menjelaskan tahapan pengiriman mulai dari pembuatan pesanan, pick up oleh kurir, pengantaran ke kantor cabang, pengantaran ke gudang pusat, hingga pengantaran ke alamat tujuan.

Kemudian, ada Bukti Pengiriman. Sesi ini biasanya akan muncul setelah paket berhasil sampai di rumah dan ditandatangani oleh penerima. Sebagai bukti bahwa paket sudah selesai diantarkan dan tidak ada kendala.

Nah, istilah-istilah Ninja Xpress akan banyak muncul pada bagian riwayat pelacakan. Di sinilah biasanya pengguna banyak merasa bingung dengan istilah yang muncul.


Untuk mencari arti kode Indah Cargo, kunjungi laman berikut: Arti Kode & Istilah Pengiriman Indah Cargo Logistik (Beserta Penjelasan Komplit).


Daftar Istilah Pengiriman Ninja Xpress

Secara garis besar, istilah yang dimunculkan pada laman cek resi Ninja Xpress relatif mudah dipahami.

Hal ini bisa kita lihat, informasi yang muncul semuanya sudah berbahasa Indonesia. Bahasa yang digunakan juga kebanyakan merupakan bahasa sehari-hari yang familiar dengan keseharian pengguna.

Namun, yang menjadi kendala ialah ketidakjelasan informasi.

Maksudnya, ketika ada istilah “Parcel sedang dikirim” namun tidak ada penjelasan tambahan pengiriman sudah sampai mana. Hal ini yang menjadi kendala bagi sebagian besar pengguna.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut ini:

IstilahKeterangan
Pesanan dibuatPaket sudah didaftarkan ke layanan Ninja Xpress oleh pengirim dan berhasil masuk ke sistem basis data mereka.
Parcel diturunkan di Parcel Dropoff Counter / Box – MitraPaket sudah sampai di Mitra Ninja atau Ninja Point, kantor cabang dari Ninja Xpress yang berada di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.
Berhasil dijemput dari pengirimKurir sudah sampai ke rumah pengirim dan berhasil menjemput paket tersebut untuk dibawa ke Ninja Point terdekat.
Parcel sedang diproses di gudang Ninja VanPaket sedang melewati proses sortir alamat dan jenis barang di Gudang Ninja Xpress yang berada di kota dan kabupaten terdekat.
Berangkat dari gudang Ninja Van – Sedang transitPaket sedang diantarkan dari Gudang Ninja Xpress terdekat (pengirim) menuju ke Gudang Ninja Xpress berikutnya (penerima).

Biasanya juga transit di kota-kota besar untuk proses penyortiran. Proses ini juga akan memakan waktu paling lama 1 hari.

Parcel sedang dikirimPaket yang sudah disortir di Gudang Ninja Xpress terdekat sedang diantar oleh kurir menuju ke alamat penerima.
Berhasil dikirimPaket yang dikirim oleh kurir sudah sampai di alamat penerima dan berhasil diterima dengan baik.
Pengiriman tidak berhasilPaket sedang mengalami kendala. Pengguna diharapkan menanyakan kendala ini ke bagian CS Ninja Xpress untuk solusi lebih lanjut.
Pengiriman paket telah dijadwal ulangPaket yang mengalami kendala sudah berhasil diatasi dan siap untuk dikirim kembali ke alamat penerima.
Pengiriman paket telah dibatalkanPaket terlalu sering mengalami kendala dan tidak memungkinkan untuk dikirimkan ke alamat penerima. Sehingga, proses pengiriman paket harus (mau tidak mau) dibatalkan.

Tabel di atas menunjukkan istilah-istilah yang muncul pada bagian Riwayat Pelacakan.

Bisa kita lihat sama-sama, semuanya berjalan runut dan bisa dipahami. Namun perlu digarisbawahi, ada informasi yang membutuhkan peran pengguna untuk bertindak, yaitu saat paket sedang mengalami kendala.

Sampai bagian ini, pengguna diharapkan untuk menghubungi Customer Service Ninja Xpress dan menanyakan kenapa paket belum berhasil terkirim. Nantinya, kamu hanya perlu melampirkan nomor resi yang digunakan.

Selanjutnya, kita akan lihat sama-sama contoh resi pengiriman Ninja Xpress mulai dari pembuatan pesanan hingga paket berhasil terkirim sampai rumah. Baca sesi di bawah ini, ya~

Baca juga:
Arti Kode & Istilah Pengiriman AnterAja (Beserta Penjelasan Komplit)

Contoh Resi Pengiriman Ninja Xpress

Sebelum masuk ke riwayat pelacakan, kamu perlu melakukan cek resi di website Ninja Xpress terlebih dulu. Langkah-langkahnya cukup mudah, kok. Berikut penjelasan ringkasnya:

  1. Buka laman cek resi Ninja Xpress di sini: ninjaxpress.co/id-id/tracking
  2. Masukkan nomor resi Ninja Xpress pada kolom yang tersedia (1 – bertuliskan “Masukkan tracking ID paket”).
  3. Jika sudah benar, ketuk tombol Lacak Paket (2 – warna hitam) di sebelahnya.
  4. Selesai! ✅ Tunggu sebentar agar sistem menampilkan keseluruhan informasinya.

Dan bisa kamu lihat contoh tampilan cek resinya seperti ini:

cek resi pengiriman ninja xpress

Kolom cek resi Ninja Xpress

Kemudian, setelah proses menunggu loading berhasil, sistem Ninja Xpress akan menampilkan sejumlah informasi. Seperti yang dibilang tadi di awal, informasi yang muncul ada tiga: (1) Informasi paket, (2) Riwayat pelacakan, (3) Bukti pengiriman.

Perhatikan tangkapan layar berikut ini:

contoh pengiriman ekspedisi ninja xpress

Contoh pengiriman paket Ninja Xpress

Pada informasi di atas, kamu akan melihat nama pengirimnya adalah Lazada + ada nominal bayar di tempat (COD). Kenapa bisa demikian?

Karena, Lazada menggandeng partner Ninja Xpress untuk mengirim paket pelanggan jika ternyata alamat penerima tidak dapat dijangkau oleh Lazada Express (LEX ID).

Baca juga:
Cara Cek Resi Pengiriman LEX ID Lazada Express (Cepat & Praktis)

Hal itulah yang menyebabkan proses pengiriman pada kasus di atas terbilang cukup lama (7 hari). Mungkin karena peralihan dari Lazada Express ke Ninja Xpress harus melewati beberapa tahap terlebih dulu.

Jadi, jangan langsung menyimpulkan kalau pengiriman Ninja Xpress lama, ya~ Karena masing-masing pesanan bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis layanan yang dipakai dan lokasi dari penerima paket.

Jenis Layanan Ninja Xpress

Apabila kamu baru ingin menggunakan Ninja Xpress, namun belum mengenali layanan apa saja yang ditawarkan, berikut jenis-jenis layanannya:

  • Sameday. Khusus area Jabodetabek, paket akan dikirim dan diterima pada hari yang sama. Dengan syarat, paket berhasil dijemput sebelum pukul 3 sore, ya.
  • Nextday. Khusus area Jabodetabek, paket akan dikirim dan diterima pada hari berikutnya (1 hari estimasi).
  • Regular. Paket pengiriman reguler dengan estimasi waktu sampai disesuaikan dengan lokasi penerima. Bisa digunakan untuk pengiriman ke seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.

Dari ketiga paket di atas, tentu yang paling mahal adalah sameday. Disusul nextday, barulah regular. Hal ini wajar, karena makin cepat maka dibutuhkan layanan prioritas yang harganya sedikit lebih mahal.

Rangkuman

  • Istilah pengiriman Ninja Xpress relatif mudah dipahami karena ditampilkan dalam bahasa Indonesia sehari-hari. Paling-paling, kendala yang sering terjadi adalah pengiriman tidak berhasil. Jika terjadi seperti ini, disarankan untuk hubungi CS Ninja Xpress.
  • Untuk menghubungi Customer Service Ninja Xpress, bisa lewat Call Center (021) 2926 4120 atau Email support_id@ninjavan.co.
  • Jenis layanan yang ditawarkan oleh Ninja Xpress ada 3, yaitu Same day, Next day, dan Regular. Paket same day dan next day hanya untuk pengguna yang berada di area Jabodetabek saja.

Bagaimana, sekarang sudah makin paham tentang arti istilah pengiriman Ninja Xpress, bukan?

Jika masih menemukan kendala atau ada informasi yang tidak tertera dalam daftar istilah di atas, kamu bisa sampaikan pesan lewat kolom komentar di bawah, ya.

Oh iya, untuk tetap terhubung, Follow (👋) kami di Instagram @PintarJualan.id. Di sana kami juga rutin berbagi informasi seputar tips pintar jualan online agar cepat laku.

Akhir kata, semoga dapat membantu, yaa~ 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *