Aplikasi nota online semakin diminati oleh para pengusaha karena mampu memudahkan kegiatan bisnis terutama dalam pencatatan laporan keuangan serta administrasi.
Lewat aplikasi e-Nota ini, para penggunanya dapat melihat beragam aktivitas bisnis seperti tagihan, sales order, pencatatan penjualan, dan sebagainya.
Semuanya dilakukan secara otomatis, sehingga Anda pun dapat memantau dan mengecek pendapatan yang masuk sekaligus kerugiannya.
Berikut beberapa rekomendasi e-Nota terbaik bagi Anda yang sedang menjalankan usaha.
1. Apa itu e-Nota atau Aplikasi Nota Online?
Aplikasi nota online adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan mencatat seluruh transaksi penjualan yang digunakan oleh pemilik bisnis untuk melacak seluruh informasi penjualan secara akurat.
Nantinya setiap transaksi yang sudah tercatat dan masuk dalam e-Nota akan dicetak menjadi dua rangkap. Rangkap pertama disimpan oleh penjual sebagai dokumen laporan penjualan harian dan rangkap kedua diberikan pada pembeli sebagai bukti pembelian.
Umumnya dalam satu aplikasi nota online terdapat beberapa unsur dan komponen seperti: nama toko, jumlah dan jenis barang, tanggal nota dibuat, nama barang, serta jumlah nominal pembelian konsumen.
Jika Anda ingin menggunakan aplikasi e-Nota ini, pastikan memilih yang terbaik dan tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Pasalnya setiap aplikasi nota online menyuguhkan fitur dan keunggulan yang berbeda.
2. Rekomendasi Aplikasi Nota Online Terbaik
Bingung memilih aplikasi e-Nota yang paling cocok untuk kegiatan bisnis?
Intip rekomendasi aplikasi nota online terbaik dan terpercaya berikut ini:
ADVERTISEMENTS
2.1. Mekari
Mekari adalah aplikasi bisnis yang dapat digunakan untuk mengurus pembayaran payroll, pembukuan keuangan secara real time, pencetakan resi pembelian, proses absensi, dan perpajakan.
Baca Juga
Anda bisa menggunakan produk Mekari Jurnal jika ingin mengelola dan pencatatan penjualan.
Beberapa fitur yang disuguhkan oleh Mekari Jurnal adalah
- Manajemen stok
- Optimasi kelola inventaris atau persediaan barang
- Memantau biaya operasional
- Payroll Management untuk mengelola dan mengatur pembayaran sistem payroll secara otomatis
- Buat invoice otomatis
Selain itu Anda juga dapat menggunakan Mekari Qontak untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan.
ADVERTISEMENTS
2.2. Bookipi
Bookipi adalah aplikasi buatan Australia yang menawarkan layanan untuk pembuatan faktur atau invoice dan penawaran harga pada customer.
Anda bisa mengunduhnya melalui android maupun dekstop berdasarkan kebutuhan bisnis.
Beberapa fitur Bookipi yang bisa Anda gunakan antara lain:
- Notifikasi atau pemberitahuan ketika pelanggan membaca dan membuka invoice-nya
- Sinkronisasi dan integrasi otomatis ke seluruh perangkat
- Mengimpor informasi pelanggan dari daftar kontak
- Mengubah estimasi biaya faktur dengan mudah dan cepat
Ingin tahu cara menaikan penjualan bisnis dan kinerja perusahaan? Coba pakai Bookipi ini.
ADVERTISEMENTS
2.3. Tacktile System
Tacktile System lebih dikenal dengan nama Simple Invoice Manager, yakni sebuah aplikasi untuk mengelola operasi faktur dan penagihan, sehingga memudahkan Anda untuk mencatat pembayaran dan melacak inventaris.
Anda bisa mengirimkan invoice atau tagihan secara langsung ke konsumen dan mencatatnya.
Soal fitur, Simple Invoice Manager menghadirkan layanan yang cukup lengkap seperti, pos-pos piutang, ekspor data faktur, pencadangan dan pemulihan data, pengelolaan pajak, dan lain-lain.
Jika ingin mengunduh aplikasi nota online ini di android Anda, silakan siapkan $2 untuk biaya berlangganan per bulannya.
2.4. Paper.id...