Apa Bedanya ‘Threads’ & ‘Twitter’, Mana Yang Lebih Menarik?

Tim Tonjoo Media 06 Jul 2023 2 Menit 0

ADVERTISEMENT

Baru-baru ini jagat internet dikejutkan oleh update dari Instagram yang menyediakan fitur baru bernama ‘Threads‘. Fitur Instagram terbaru ini bahkan dianggap bentuk sindiran kepada Elon Musk selaku CEO Twitter.

Kamu wajib coba Threads agar tahu pengalaman dan perbedaannya apa dengan Twitter yang katanya sejak era Elon Musk, banyak fitur -fitur Twitter dibatasi.

Nah, disini kami akan memberikan beberapa perbedaan Threads & Twitter yang cukup lumayan bisa dirasakan.

ADVERTISEMENT

Apa Itu Threads?

Threads adalah salah satu fitur terbaru Instgram berbasis text-based yang memungkinkan pengguna bisa mengunggah threadsnya ke dalam bentuk teks, kalimat dan bahkan bisa mengunggah gambar juga.

Pada umumnya, Threads mirip Twitter yang kegunaannya fokus pada threads/cuitan berbasis teks. Tapi jika dilihat lebih detail terdapat perbedaan dengan Twitter.

Apa aja perbedaannya? Mari kita bahas!

 

Ini adalah gambar tampilan threads di google play store

 

ADVERTISEMENT

Perbedaan Threads vs Twitter

ADVERTISEMENT

1. Sinkronisasi Threads Dengan Instagram, Wajib Punya Akun IG

Karena Threads tidak lepas dengan sinkronisasi Instagram, jadi pengguna bisa terhubungi dengan mudah dan mendapatkan exposure lebih gampang alias tidak mulai dari nol untuk mengumpulkan masa atau followers.

Sedangkan Twitters, dia adalah satu aplikasi yang tidak memiliki hubungan dengan aplikasi lainnya jadi dia fokus berdiri sendiri. Apalagi dengan berbagai kebijakan baru oleh pihak Twitter soal verified akun, batasan karakter dan sebagainya.

 

ADVERTISEMENT

2. Batasan Karakter Threads vs Twitter

Threads bisa buat cuitan (istilah twitter), kalau istilah threads kita sebutnya trit ya, untuk hal ini pengguna bisa tulis teks hingga 500 karakter. Cukup beda ya dengan Twitter yang hanya bisa sekali cuit maksimal 280 karakter.

Pelru dicatat, bagi pengguna Twitter yang mau cuit lebih banyak harus bayar agar bisa cuit sebanyak 25.000 karakter.

 

ADVERTISEMENT

3. Threads Belum Bisa Tampilkan Jumlah Follower & Following, Twitter Bisa Langsung

Tampilan Threads tidak bisa melihat jumlah yang diikuti berapa tapi setidaknya bisa lihat berapa yang like & komen. Semisal mau lihat profil yang nge-threads buat tahu berapa follower & followingnya maka harus buka Instagram mereka.

Nah, ini beda dengan Twitter, pengguna Twitter bisa langsung liat siapa yang nge-twit.

ADVERTISEMENT

4. Threads Belum Bisa Bagikan GIF

Satu lagi yang beda, ya karena masih baru Threads masih belum bisa bagikan GIF namun untuk foto, video, teks dan link sudah bisa. Sedangkan Twitter sudah bisa mendukung format GIF sejak lama.

5. Metode Verifikasi Akun di Threads dan Twitter

Pengguna threads cukup senang dengan mudahnya mereka buat akun karena sinkronisasi Instagram membuat verifikasi lebih mudah. Beda hal dengan metode Twitter, dimana pengguna masih harus menjadi pelanggan Blue untuk dapatkan centang biru verifikasi.

6. Threads Punya Fitur ‘Hidded Words’

Wah, ini fitur paling ditunggu. Fitur teks / hashtag yang bisa difilter dan disembunyikan membuat pengguna bisa nge-threads dengan aman, tidak banyak yan toxic.

Bagaimana dengan Twitter, hal semacam ini ada fitur ‘Mute’, atau ‘Block’, namun tak ada tool spesifik seperti Hidden Words alias filter kata-kata secara khusus yang kita inginkan.

Jadi, Intinya …

Mumpung ini lagi hype & trend, sebaiknya kita coba dulu aja. Toh, nanti kamu tinggal pilih yang mana yang kalian suka sirkel, komunitasnya, ekosistemnya dan lain sebagainya. Coba kalian komen apa menariknya threads sekarang!

Justru ini angin segar bagi yang ingin sehat bersosial media tidak kebanyak toxic dalam bersosial media.

Oh iya kamu bisa baca-aca artikel tentang sosial media milik kami, ada banyak bahasan menarik yang bisa kalian temui seperti: Cara Main dan Menggunakan Twitter Buat Yang Baru Buat Akun

Sekian.

 

 

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Tim Tonjoo Media
Ditulis oleh

Tim Tonjoo Media

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *