Teknik berjualan dengan memanfaatkan layanan Live Streaming seperti di TikTok, Shopee, Tokopedia, dan platform lain kini dinilai lebih ampuh dalam menaikkan penjualan.
Apalagi semenjak TikTok bekerja sama dengan Tokopedia dan Shopee yang mulai memperluas ruang bagi para penjual agar bisa memperkenalkan produk mereka melalui fitur Live membuat hampir semua pebisnis dari berbagai kalangan, termasuk artis pun menggunakan cara yang sama.
Tak heran kalau sekarang Jasa Live Streaming mulai bermunculan di Indonesia karena para talent tersebut dianggap mambu membantu para brand untuk menaikkan target penjualan, meningkatkan branding usaha, dan memikat banyak followers untuk mengikuti akun media sosial mereka.
Berbeda dengan ketika live sendiri, para talent dari jasa siaran langsung ini benar-benar lebih proper dan mendalami seluk-beluk algoritma penayangan pada suatu paltform.
Jadi, yuk mulai gunakan fitur live streaming untuk berjualan karena ada beberapa manfaat berikut ini!
Keuntungan Melakukan Live Streaming di TikTok dan Shopee
1. Muncul di FYP dan Dilihat Banyak Orang
Alasan penting mengapa mulai sekarang harus ikut menggunakan fitur Live Streaming di TikTok dan Shopee adalah karena mampu menjangkau lebih banyak audiens atau penonton. Bahkan ketika kamu live di TikTok, kesempatan untuk muncul di FYP sangatlah besar.
Hal ini terbukti ketika micro influencer atau pengguna TikTok dengan followers 3000 saja bisa masuk FYP saat live dan ditonton oleh ratusan orang.
Karena mampu menjangkau lebih banyak penonton, kamu bisa berinteraksi dengan mereka melalui komentar yang mereka kirim, membuka sesi live bersama (multiple live streaming), dan tentunya bagi para pemilik usaha, aktivitas seperti ini sangat menguntungkan ketika hendak mempromosikan produk jualannya.
Misalnya saja jika dari 10 penonton terdapat dua orang yang checkout produk yang kamu jual, bisa dibayangkan kalau terdapat 500 pengguna yang bergabung dengan live tersebut. Pastinya penjualan kamu makin meroket tajam.
ADVERTISEMENTS
2. Meningkatkan Brand Awareness dan Pelayanan Bisnis
Brand Awareness atau kesadaran merek juga dapat meningkat jika kamu konsisten melakukan live streaming di TikTok maupun Shopee.
Sebab, ketika orang melihat live yang kamu lakukan, mereka akan merasa penasaran dan sedikit demi sedikit mulai mencari tahu apa yang sebenarnya sedang kamu promosikan melalui platform tersebut.
Baca Juga
Selain itu, cara kamu merespon setiap pertanyaan yang penonton tulis lewat kolom komentar live streaming juga akan menjadi nilai plus tersendiri. Jika respon atau jawaban yang kamu berikan baik, penonton akan menilai bahwa pelayanan yang kamu berikan sangat memuaskan serta mampu menjawab kebutuhan mereka.
Dengan kata lain, branding kamu meningkat dan citra merek yang kamu dapatkan juga positif. Kedua hal ini akan mempengaruhi penjualan serta pandangan masyarakat pada bisnis kamu.
ADVERTISEMENTS
3. Menaikkan Target Penjualan
Alasan kuat ketiga mengapa kamu harus mulai merambah dunia live streaming di TikTok dan Shopee adalah karena live shopping sudah menjadi tren serta kebiasaan masyarakat yang gemar belanja online saat ini.
Lihatlah betapa antusiasmenya para shoppa holic dengan program 2.2 Shopee Live dan Video Mega Sale pada Februari 2024 lalu yang menunjukkan bahwa belanja melalui fitur live seperti ini sangat menguntungkan dari sisi pembeli. Mereka dapat melihat barang secara real serta mendapatkan diskon/cashback.
Hal yang sama juga dialami dari sisi penjual, karena target penjualan mereka hampir tercapai dan bahkan mungkin bisa lebih. Terutama ketika mendekati momen-momen tertentu seperti promo tanggal cantik, hari Raya Idul Fitri, Natal, Imlek, dan lain-lain.
Makanya, tak heran kalau sekarang para pemilik bisnis online shop mulai menggunakan Jasa Live Streaming untuk mempromosikan produk mereka karena feedback dan return income yang dihasilkan melampaui ekspektasi.
ADVERTISEMENTS
Inilah Alasan Menggunakan Jasa Live Streaming bagi Bisnis Sangat Direkomendasikan
Mengingat potensi Live Streaming sangatlah besar bagi penjualan dan branding usaha, kamu bisa mengoptimalkannya dengan memanfaatkan Jasa Live Streaming terpercaya. Salah satunya adalah KOL.ID yang dapat membantu usaha kamu berkembang lebih pesat melalui live commerce.
Mengapa harus pakai layanan Service Live Streaming? Karena ada beberapa standar yang tidak dimiliki oleh streamer pribadi. Sebut saja seperti perencanaan, proses brainstorming, persiapan talent atau host, mempersiapkan environment live streaming yang proper, dan e-commerce support stand by selama proses live shopping sedang berlangsung.
Dengan standar tersebut, program live streaming kamu akan menjadi lebih profesional dan memperoleh banyak keuntungan yang tidak diperoleh saat mengelolanya sendiri.
Jadi tunggu apa lagi? Yuk, mulai manfaatkan layanan Jasa Live Streaming sekarang juga!
Artikel ini hasil kerja sama antara Pintarjualan.id dengan KOL.ID
Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id