Setelah menghilangkan fitur Instagram Shopping, sekarang Meta merilis fitur baru bagi pengguna yakni Instagram Bisnis. Ya, cara membuat Instagram Bisnis sangat mudah.
Dengan fitur tersebut, pengguna bisa jualan dan memasarkan produk di Instagram, membangun reputasi brand, dan menjangkau audiens lebih luas.
Kamu juga dapat melakukan hal yang sama selama mengetahui cara menggunakan seluruh fitur di dalamnya untuk mengoptimalkan konten Instagram.
Mau tahu bagaimana cara membuat Instagram Bisnis dan seluk-beluknya? Kalau kamu masih pemula, ikuti panduannya berikut ini!
1. Apa itu Instagram Bisnis?
Instagram Bisnis (Instagram Business) adalah sebuah fitur di Instagram yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melakukan pemasaran digital, baik itu berupa barang maupun jasa lewat sebuah konten.
Nah, Instagram Business sendiri menyediakan dua opsi yang dapat disesuaikan dengan kategori bisnis pilihan creator.
Dua opsi tersebut adalah Kreator apabila kamu mau jadi seorang content creator, artis, selebgram dan influencer.
Satu lagi yakni opsi Bisnis jika kamu ingin mendirikan bisnis online, bisnis lokal, menciptakan brand, mendirikan organisasi, dan penyedia layanan.
Kamu bisa memilih salah satu atau mengubah opsi tersebut sesuai dengan arah strategi bisnis yang ideal.
2. Manfaat Instagram Bisnis
Sebelum mengetahui cara membuat Instagram Bisnis, mari cari tahu dulu apa saja manfaat yang diperoleh jika kamu menggunakan alat ini!
Ya, pengguna akan mendapat banyak keuntungan ketika mampu mengoptimalkan seluruh fitur di Instagram Bisnis, seperti:
- Membangun brand dan menaikkan reputasi toko
- Mengelola produk dan memantau engagement secara berkala
- Menaikkan jumlah penayangan dari konten yang dipublikasikan
- Melihat statistik audiens setiap harinya
- Mengambil keputusan dari hasil laporan bulanan yang dapat dilihat di laman Meta Business
- Mendapatkan insight baru tentang pengikut akun di Instagram
- Mengukur kinerja postingan di Instagram
- Menjangkau audiens lebih banyak, baik secara lokal maupun global
- Membangun komunitas bisnis yang diinginkan
- Menambahkan kontak bisnis
- Menjadwalkan postingan
- Menggunakan fitur promosi yang disediakan oleh platform
- Men-tag produk melalui postingan di akun Bisnis
Banyak banget kan manfaatnya? Sekarang, kenali dulu yuk fitur-fitur yang ada di Instagram Bisnis!
ADVERTISEMENTS
3. Fitur Instagram Bisnis
Berikut beberapa fitur Instagram Bisnis yang bisa kamu coba untuk memasarkan konten agar lebih produktif.
Baca Juga
ADVERTISEMENTS
3.1. Fitur Insight
Di Aplikasi Instagram Bisnis terdapat fitur Insight yang bisa kamu gunakan untuk melihat gambaran umum kinerja akunmu.
Sebut saja melihat jangkauan akun, akun yang berinteraksi, dan kenaikan total pengikut dalam waktu tertentu.
Pengguna juga bisa melihat kembali seluruh konten yang dibagikan pada pengikut.
Misalnya di bulan puasa kemarin kamu tertib membuat ide konten Ramadan di Instagram, maka selama 7 -30 hari terakhir bisa kamu analisis secara langsung.
ADVERTISEMENTS
3.2. Fitur Kreator atau Bisnis
Fitur Kreator atau Bisnis dapat diakses melalui menu Pengaturan yang ada di Instagram.
Pada menu ini, kamu bisa memonetisasi akun, mengecek pembayaran iklan, menambahkan iklan kemitraan, dan sebagainya.
Singkatnya, dengan menggunakan fitur kreator kamu bisa menghasilkan banyak pemasukan lewat konten berbayar, paid partnership, endorse, konten bersponsor dan lain-lain.
Apalagi Meta telah menambahkan iklan di kolom pencarian Instagram yang membuat audiens lebih mudah menemukan produkmu.
ADVERTISEMENTS
3.3. Fitur Kontak Di Dashboard
Saat kamu beralih dari akun biasa (pribadi) menjadi akun bisnis, maka perlu diketahui bahwa kontak yang kamu daftarkan di Instagram akan muncul pada halaman profil utama.
Ini artinya, ketika ada audiens yang membuka profil Instagram milikmu, mereka akan melihat nomor ponsel atau WhatsApp yang tercantum di atas postingan.
3.4. Toko
Jika kamu masuk ke profil bisnis akunmu sendiri, maka akan menjumpai fitur Dashboard.
Nah di dalam menu tersebut terdapat fitur Toko yang bisa dicoba untuk menandai produk serta membuat toko di Instagram.
3.5. Fitur Iklan
Pada fitur Iklan ini pengguna bisa mempromosikan postingan miliknya.
Sebut saja postingan terakhir (feed)...