Tren Produk Korea Masih Jadi Primadona di Tanah Air, Manakah yang Paling Diminati?

Anisa 20 Feb 2023 2 Menit 0

Eksistensi gelombang hallyu atau Korean wave tampaknya masih akan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Mulai dari musik, film, kuliner, bahkan sampai tren produk Korea saat ini rupanya mampu mempengaruhi pola belanja online sebagian masyarakat Indonesia.

Seperti misalnya tren kecantikan yang kian menjamur di kalangan masyarakat remaja hingga dewasa. Hal ini tentunya tidak lepas dari pengaruh trendsetter yang berasal dari kalangan idol Korea sekaligus para artis ternama Negeri Ginseng.

Baik idol maupun artis yang sedang populer, umumnya memiliki pengaruh dan daya pikat yang luar biasa. Apalagi jika punya fanbase yang cukup besar, pastinya akan menjadi incaran oleh berbagai brand untuk mengkampanye dan mempromosikan produk-produknya.

Sebut saja seperti Rose Blackpink yang menjadi Global Brand Ambassador kosmetik Sulwhasoo, NCT127 dengan Nature Republic, Gong Yoo dengan The Body Shop, dan beberapa artis lainnya.

Walaupun memboyong artis papan atas untuk mempengaruhi publik, tetapi kualitas memang tidak pernah bohong. Bahkan baru awal 2023 saja, sejumlah produk masih menunjukkan minat yang tinggi dari pembeli asal Indonesia.

Menurut data yang dihimpun oleh Compas Market Insight 2022, pangsa pasar produk kecantikan masih menduduki urutan pertama di antara kategori barang yang bergerak cepat di sejumlah e-Commerce dengan jumlah 43%.

Dari sekian jumlah tersebut, produk kecantikan seperti skincare, kosmetik, dan perawatan tubuh dari brand Korea turut berkontribusi terjadinya transaksi jual-beli selama satu tahun terakhir. Oleh karena itu, situs sekaligus aplikasi belanja online yang menyediakan beragam jenis produk asal Korea, iStyle.id memilih kata kunci brand fesyen dan dan kecantikan sebagai kategori produk paling laris di pasaran.

Produk kecantikan dan kesehatan korea

Source: istyle. Id

Kendati demikian, minat produk kosmetik dan make up lokal juga terlihat mengalami kenaikan. Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Budi Primawan berharap jika masuknya produk-produk dari Korea Selatan melalui iStyle.id juga mampu menjadi peluang usaha kosmetik bagi para pengusaha lokal.

Melihat tingginya ketertarikan pembeli terhadap segala hal berbau Korea, iStyle.id pun akhirnya merilis kampanye yang mengusung konsep #iStylePastiKorea guna mengukuhkan posisinya sebagai platform sekaligus jembatan antara pembeli dari Indonesia dengan produk asal Korea Selatan layaknya G-mart.

Tentunya bukan hanya fokus pada kecantikan saja, akan tetapi juga industri fesyen, aksesori, kesehatan, dan gaya hidup ala Korea.

Lewat kampanye dan promosi ini, iStyle.id juga ingin menunjukkan pada publik bahwa segala produk Korea yang dijual melalui situsnya sudah dipastikan original (asli) dan terjamin kualitasnya. Baik dari segi harga, kemasan, dan pelayanannya.

Selain itu, dalam waktu dekat ini iStyle.id akan hadir dalam sebuah festival musim KCon di Thailand yang diselenggarakan selama dua hari, dari 18 hingga 19 Maret sebagai Official Live Stream Partner.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • FMCG E-commerce Report 2022: 43,5% Market Didominasi Beauty & Care – https://compas.co.id/article/fmcg-e-commerce-report-2022/
  • Tren dan Budaya Korea Masih Diminati Masyarakat Indonesia – https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/16/054544820/tren-dan-budaya-korea-masih-diminati-masyarakat-indonesia?page=all
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *