Advertisement

7 Cara Top Up Saldo E-toll di Alfamart, Tokped, ATM, dll

Diterbitkan pada
09 Mei 2022
Waktu membaca
6 Menit

Cara top up saldo e-toll ternyata bisa dilakukan lewat berbagai cara. Mulai dari Marketplace, minimarket, ATM atau m-banking, Gerbang tol, bahkan stasiun KRL.

Ya, banyak yang mengaku masih menemukan sejumlah kesulitan atau kendala ketika saldo e-toll atau e-money tiba-tiba habis saat berada di tengah-tengah perjalanan. Apalagi saat momen libur lebaran.

Padahal saat ini tersedia berbagai tempat untuk mengisinya dan terbilang cukup mudah tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra. 

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui tutorial terbaru isi saldo e-money atau e-toll, silakan simak informasi berikut sampai habis ya!

Cara Top Up Saldo E-Toll di Alfamart

Pembayaran e-toll pertama yang sering dan biasanya menjadi opsi banyak orang adalah melalui minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Lawson, Circle K, dan lainnya yang menyediakan transaksi via e-Money. 

Caranya sangat mudah sekali, yakni hanya dengan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Cobalah datangi Alfamart atau minimarket terdekat dan langsung menuju bagian kasir.
  2. Setelah itu, katakan pada petugas kasir kalau kamu ingin mengisi e-Toll
  3. Serahkan kartu e-Money atau e-Toll yang ingin diisi dan beri tahu nominal yang dikehendaki. Misalnya ingin top up saldo senilai 100.000 ribu. 
  4. Jika sudah, tunggu proses transaksi hingga selesai dan silakan bayar tagihannya ke kasir tersebut (biasanya kamu diharuskan membayar jumlah saldo beserta biaya administrasinya sebesar 1000 rupiah atau tanya langsung saja ke bagian kasir karena siapa tahu ada kenaikan biaya adminnya)
  5. Terima struk pembayaran dan simpan kartu e-Toll dengan baik

Nah, mungkin salah dua kendala kalau mengisi e-Toll di Alfamart adalah kamu harus berjibaku dengan antrean yang panjang dan sedang terjadi error pada server-nya. 

Jadi, kalau dari luar sekiranya minimarket tersebut sudah tampak ramai, cobalah untuk beralih menggunakan metode pembayaran yang lain. Sebut saja via Blibli atau Tokopedia.

Tutorial Isi e-Toll lewat Blibli

  1. Masuk ke akun Blibli kamu terlebih dahulu (bisa dilakukan via web). Kalau belum ada, silakan membuatnya terlebih dahulu
  2. Pilih menu ‘Tagihan & Isi Ulang’  dan scroll sedikit ke bawah, lalu klik ‘Uang Elektronik’
  3. Selanjutnya, pilih ‘Jenis Kartu’ (sejauh ini Blibli baru melayani jenis kartu BNI Tapcash dan BRI Brizzi) dan masukkan nomor kartu e-Money. 
  4. Pilih nominal yang tersedia dan klik ‘Lanjut Bayar’
  5. Pilih Metode Pembayaran dan selesaikan langkah selanjutnya. Tunggu prosesnya sampai selesai. 

Cara Mengisi e-Toll via Tokopedia 

Mengisi saldo e-Toll juga bisa kamu lakukan secara online melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya.

Agar lebih jelasnya lagi, silakan ikuti petunjuk di bawah ini!

  1. Buka akun Tokopedia milikmu dan klik menu ‘Top-Up &Tagihan’

    top up saldo e-toll via marketplace

    pintarjualan.id

  2. Kemudian klik menu ‘Uang Elektronik’ atau bisa juga kamu scroll ke bawah sampai menemukan bagian ‘Isi Ulang’

    cara top up saldo e-toll 24 jam

    pintarjualan.id

  3. Setelahnya, pilih jenis e-Money yang mau diisi. Di Marketplace ini tersedia tiga opsi yakni, Mandiri E-Money, BRI BRIZZI, dan BNI Tapcash. Pilih sesuai jenis e-Toll yang dimiliki ya.
  4. Langkah keempat yakni masukkan nomor kartu pada kolom kedua

    cara top up saldo secara cepat

    pintarjualan.id

  5. Berikutnya, silakan tentukan jumlah saldo yang mau diisi pada kolom ‘Pilih Nominal’. Kamu bisa klik terlebih dahulu opsi tersebut dan nanti akan muncul sederet nilai yang tersedia mulai dari Tol Dalam Kota JKT (10.000) sampai Tol Jakarta-Pekalongan (246.500).

    saldo e-toll di tokopedia

    pintarjualan.id

  6. Langkah keenam ialah klik ‘Bayar’ dan tunggu sebentar.
  7. Cek transaksi lalu pilih ‘lanjut’
  8. Kemudian kamu akan diarahkan pada menu ‘Pilih Metode Pembayaran’. Silakan klik dan bayar sesuai nominal yang tertera. Selesai deh!

Kelebihan membayar e-Toll melalui Tokopedia bukan hanya lebih mudah dan ringkas, tetapi juga bisa menjadi solusi buat kamu yang sering terjebak antrean panjang di berbagai gerai terdekat.

Namun, bagaimana jika akan keluar area tol dan saldo e-Toll ternyata hanya cukup untuk melewati dua gate saja? 

shortcode:

Cara Isi Saldo e-Toll di Gerbang Tol 

pintu tol

pintarjualan.id

Sebenarnya pada tahun 2017 lalu, pihak Jasa Marga sempat mengimbau para pengendara roda empat untuk tidak mengisi e-Toll di gerbang tol yang menyediakan top up e-Money. 

Sebab, dikhawatirkan akan sulit mencapai tujuan elektronifikasi dan memakan waktu yang cukup lama mengingat harus melalui beberapa tahap. 

Padahal pihaknya menargetkan untuk setiap pengisian saldo e-Toll hanya memakan waktu 3 detik saja. Tak lama. 

Namun jika kamu benar-benar kepepet dan sangat terpaksa harus mengisinya di gerbang toll, maka cobalah untuk memanfaatkan layanan tersebut.

  1. Berhentilah di gardu keluar tol atau gerbang tol yang menyediakan layanan ‘top up e-Money’
  2. Kemudian serahkan kartu e-Toll atau e-Money milikmu kepada petugas yang sedang bertugas di situ
  3. Katakan nominal yang ingin diisi maka petugas akan membantu mengisikannya. 
  4. Tenang saja, saat ini untuk biaya administrasi akan terpotong secara otomatis setelah saldo berhasil masuk. Jadi saldomu e-Money atau e-Toll punyamu tentu akan dipotong oleh biaya administrasi.

Selain cara di atas, apabila kamu memang sedang kehabisan saldo e-Toll dan ternyata mobil sudah berada di depan gate, cobalah turun dari kendaraan dan meminta bantuan pengendara yang berada tepat di belakang mobil kamu. 

Minta tolonglah baik-baik untuk meminjam e-Toll miliknya dan gantilah dengan sejumlah uang sesuai saldo yang digunakan. Kalau bisa, kamu bisa melebihkannya sebagai tanda terima kasih karena sudah berkenan menolong. 

Top Up e-Toll di Stasiun KRL atau Halte TransJakarta

Cara top up saldo tol berikutnya ialah lewat stasiun KRL dan Halte TransJakarta. Kalau masyarakat DKI bisa mengisi saldo e-Money atau e-Toll di Halte TransJakarta, maka kamu yang berada di kota lainnya seperti Solo dan Jogja bisa top up lewat stasiun KRL.

Ya, biasanya sebelum memasuki jalur keberangkatan, kamu akan menemukan sebuah ruangan khusus bagi mereka yang ingin membeli kartu KRL atau e-Money.

Nah, di situlah kamu juga bisa mengisi saldo kartu tersebut. 

Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyerahkan kartu e-Money pada petugas dan katakan nominal yang diinginkan. 

Setelah itu, sembari menunggu prosesnya selesai, silakan bayar menggunakan uang tunai atau cash dan simpan struk pembayaran. 

Di struk pembayaran tersebut akan tertera saldo yang masuk dan diisikan ke kartu e-Money kamu. Jadi, jangan langsung dibuang begitu saja ya!

Berapa biaya administrasi mengisi e-Toll via stasiun KRL? Hanya Rp1500,00 saja untuk setiap transaksi pembayaran. 

Cara Isi Saldo e-Money via Bank dan ATM

Isi saldo e-Money atau e-Toll juga bisa melalui e-banking atau ATM Mandiri, BCA, BNI, BRI, bahkan BSI sekali pun. 

Namun untuk mengisi saldo kartu milik kamu, pastikan pada mesin ATM tersebut tertera logo e-Money. Karena biasanya, mesin ATM tanpa logo e-Money tidak menyediakan fitur untuk top up saldo. 

Bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Step pertama sama persis cara menarik uang di ATM yakni masukkan kartu ATM.ke dalam mesin dan tekan PIN seperti biasanya.
  2. Silakan pilih menu ‘Uang Elektronik’ kemudian klik Mandiri/BRI/BNI e-Money (sesuaikan dengan kartu kamu ya), lanjut pilih ‘Top Up’
  3. Masukkan jumlah saldo atau nominal yang kamu inginkan. Biasanya mesin ATM juga memberikan daftar nominal tersendiri mulai dari 50.000, 100.000, 200.000, dan seterusnya. Namun jika kamu ingin mengisi saldo di luar nominal tersebut atau lebih besar, pilih ‘Jumlah Lainnya’
  4. Barulah pada langkah keempat ini, kamu bisa menempelkan e-Money atau e-Toll milikmu pada tempat berlogo e-Money yang tersedia di mesin tersebut. 
  5. Apabila mesin sudah mendeteksi kartu e-Money tersebut, langsung saja klik ‘Ya’. 
  6. Tunggulah beberapa saat hingga proses tadi selesai atau sampai keluar struk dari mesin ATM (Kalau tidak ada struknya juga tidak masalah)
  7. Jangan lupa tarik kembali kartu ATM dan masukkan e-Money ke dalam saku atau dompet kamu. Periksa kembali jangan sampai ada yang ketinggalan. 

Top Up Saldo e-Toll via SmartPhone

Berikutnya cara isi saldo e-Money atau e-Toll juga bisa kamu lakukan melalui Smartphone. Syaratnya yaitu adanya fitur NFC (Near Field Communication) yang bekerja layaknya bluetooth jarak dekat. 

Agar lebih mudahnya lagi, kita bisa mengambil contoh menggunakan fitur NFC via BSI mobile.

  1. Buka aplikasi BSI mobile di smartphone. Kalau belum memilikinya, silakan download terlebih dahulu dan daftar sesuai petunjuk serta kebutuhan.
  2. Klik ‘Top Up eWallet’ dan masukkan sandi yang telah kamu buat. 
  3. Pilih ‘E-Money’ (berada di daftar paling atas) dan klik ‘Top Up Saldo’
  4. Nah, selanjutnya pilih ‘Kartu Tujuan’ dan klik ikon NFC
  5. Tetapkan Rekening Sumber dan jumlah saldo e-Money yang mau dikirim 
  6. Terakhir klik ‘Lanjut’ dan masukkan PIN guna mengonfirmasi permintaan kamu.

Selesai deh!

shortcode:

Penutup

Nah, itu dia 7 cara Top Up Saldo e-Toll atau E-money dengan mudah dan lengkap. Kamu bisa menanyakan perihal konten ini dengan menuliskan komentar-komentar di bawah ini ya.

Selain itu, kamu juga bisa terhubung dengan kami lewat media sosial di @pintarjualan di Instagram. 

Kalau kamu suka konten ini dan menurutmu menarik, silakan dibagikan di beberapa platform lain yang kamu sukai. Terima kasih. 

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *