Sejak Senin (8/5) pukul 03.00 pagi, para nasabah dibuat panik karena jaringan BSI error cukup lama, sehingga berbagai aktivitas pun turut terdampak.
Bagaimana tidak? Para nasabah bahkan tidak dapat mengakses berbagai layanan seperti membuka mobile banking, tarik uang di ATM, akses website, bahkan melakukan penarikan melalui kantor cabang BSI di seluruh Indonesia.
Terkait masalah tersebut, media sosial Bank Syariah Indonesia pun akhirnya mengeluarkan pengumuman resmi yang menyatakan bahwa sedang terjadi maintenance dan perusahaan sedang melakukan perbaikan layanan serta pemeliharaan sistem.
Usai unggahan tersebut dipublikasikan, para nasabah BSI berbondong-bondong membanjiri kolom komentar akun Instagram Bank Syariah Indonesia dan meminta agar sistem segera dipulihkan karena dampaknya cukup besar.
Tak terkecuali bagi para pemilik bisnis online dan pengusaha UMKM yang memanfaatkan BSI sebagai salah satu metode pembayaran digital.
Sebagian pengusaha UMKM dan pemilik bisnis mengeluh karena banyak transaksi dari pelanggan yang dibatalkan karena tidak dapat membayar melalui QRIS maupun transfer. Akibatnya pendapatan harian mereka mengalami penurunan yang berimbas pada target penjualan.
Salah seorang warganet sekaligus nasabah BSI bahkan mengaku juga membatalkan aktivitas belanjanya karena tidak dapat melunasi pembayaran, baik lewat m-banking maupun tunai.
“Tadi belanja pake debit ga bisa, m banking ga bisa ga tau kalo ada gangguan, sampe malu di kasir dikira salah pin debit. Trus aku izin ke atm eh ternyata baru tau ada gangguan. Balik lagi ke toko minta maaf cancel belanjaan ð¢ maluu bangett,” tulis akun @putri_dhihin.
“ini udah jam berapa? Maintance dari subuh tadi jam segini masih gabisa. Saya ngerasa dirugikan, saya udah beli sesuatu yang penting banget, udah tinggal bayar dan deal tapi ternyata ganguan, udah ke atm ternyata sama aja. Bener2 malu saya,” tambah akun @ekaangrh
Bukan hanya itu saja, proses administrasi serta pencatatan laporan keuangan perusahaan juga agaknya terpaksa tertunda akibat sistem yang masih gangguan.
Baca Juga
Selain itu, beberapa startup juga harus menunda masa pembayaran gaji pada karyawan dikarenakan aplikasi mobile banking BSI tak kunjung pulih seperti yang diprediksi.
Hingga berita ini diturunkan, BSI telah merilis pernyataan resmi bahwa layanan ATM BSI sudah dapat digunakan kembali untuk menarik maupun mentransfer uang.
Sayangnya, BSI juga belum memberikan kepastian kapan aplikasi mobile banking mereka akan segera pulih 100%. Namun yang pasti, para nasabah harus tetap bersabar hingga seluruh layanan dapat digunakan tanpa kendala apa pun.
Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.
Sumber:
- BSI on Instagram – https://www.instagram.com/banksyariahindonesia/
- Lifewithbsi on Instagram – https://www.instagram.com/lifewithbsi/