Advertisement

Penemu Twitter, Sejarah, Perkembangannya Hingga Diakusisi Elon Musk

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
19 Agustus 2022
Waktu membaca
6 Menit

Siapa sih yang tidak tahu media sosial Twitter? walaupun tidak menggunakannya, pasti sudah pernah melihat media sosial berlogo burung biru ini. Tapi, belum banyak yang tahu siapa penemu Twitter.

Sejak didirikan pada tahun 2006, twitter sudah mengalami berbagai perkembangan. Hingga akhirnya taipan Amerika Elon Musk dikabarkan mau mengakuisisi Twitter.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai media sosial yang memiliki jumlah pengguna hingga 229 juta orang ini? Simak terus artikel ini. Kita akan membahas penemu twitter, sejarah, perkembangannya, dan fitur yang digunakan.

Sejarah Twitter, Diawali dari Usaha Podcast yang Melempem

Twitter muncul dari Odeo, yang merupakan usaha tentang podcasting yang didirikan pada tahun 2004. Pendirinya juga tidak tanggung-tanggung karena merupakan mantan pekerja di Google seperti Evan Williams dan Biz Stone bahkan William merupakan pendiri Blogger.

Tiga orang pendiri Odeo, William, Stone, dan Noah Glass ini memikirkan arah baru, karena usaha mereka mulai kalah bersaing dengan podcast dari iTunes. Karenanya, Odeo meminta bantuan pegawainya jika memiliki proyek sampingan yang mereka punya.

Jack Dorsey mengusulkan layanan seperti SMS yang mengirimkan update seperti blog kepada orang terdekat. Nama dari layanan ini awalnya berupa “Twttr”.

Twit pertama yang dikirim di platform ini pertama kali dikirimkan oleh Dorsey pada 21 Maret 2006 yang berupa pesan “Just setting up my twttr”. Barulah pada July 2006 versi komplit dari Twitter diluncurkan.

William, Stone, dan Dorsey kemudian membeli perusahaan Odeo dan memulai perusahaan Obvious Corp untuk mengembangkan ide ini lebih jauh.

Setelah dipresentasikan pada konferensi musik dan teknologi “South by Southwest” di Texas pada maret 2007 Twitter menuai banyak perhatian. Barulah sebulan setelahnya, Twitter, Inc. didirikan sebagai perusahaan dan Dorsey menjadi CEO pertama Twitter.

Profil Jack Dorsey, Penggagas Twitter yang merupakan Anak Punk

Pendirian twitter tidak lepas dari ide Jack Dorsey. Siapa sangka, ternyata penggagas twitter ini adalah Anak Punk yang doyan meditasi dan berpuasa.

Uniknya lagi, Jack Dorsey ini juga sering menyambangi konser musik Underground, suka berpuisi, dan memelihara janggut layaknya tokoh Luke Skywalker di film Star Wars.

Lahir pada 19 November 1976 di St. Louis, Negara Bagian Missouri, Marika Serikat, Jack Dorsey sudah menunjukkan ketertarikanya dengan teknologi sejak kecil.

Mulai dari mengutak-atik radio Healthkit milik ayahnya, mengoprek komputer IBM PC Junior, hingga belajar bahasa pemrograman di Bishop DuBourg High School.

Bakatnya ini juga didukung Kota St. Louis yang memiliki kultur Hacker atau Programmer yang sangat aktif.

Bakatnya membuat program sudah nampak sejak masa remajanya, dimana dia mengambil tantangan untuk mengkoordinasikan armada kendaraan transportasi dan logistik seperti taksi dan truk delivery supaya bisa berkomunikasi secara real time sepanjang waktu.

Bahkan, Jack Dorsey juga membuat software “taxi dispatch” untuk membantu proses pemesanan dan pengiriman kendaraan ke pemenasn. Pengalaman ini menjadi inspirasi untuk menciptakan Twitter.

Sempat kuliah sebentar di Missouri University of Science and Technology dan pindah ke NewYork University, Dorsey drop out dan pindah ke Oakland, California. Kini, Pemilik Twitter sudah banyak beralih tangan.

Pemilik Twitter, Inc.

Twitter dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Patrick Dorsey, Noah Glass, Cristopher Isaac Biz Stone, dan Evan William. Awalnya, Jack Dorsey sebagai pemrakarsa ide atau penemu Twitter juga menjabat sebagai CEO Twitter.

Seiring waktu, perusahaan twitter, inc. sudah mengalami beberapa pergantian pemilik twitter.

Daftar Pimpinan Twitter, Inc.

  1. Jack Dorsey (2008–2015)
  2. Omid Kordestani (2015–2020)
  3. Patrick Pichette (2020–2021)
  4. Bret Taylor (2021–present)

Daftar CEO Twitter, Inc.

  1. Jack Dorsey (2006–2008); first term
  2. Evan Williams (2008–2010)
  3. Dick Costolo (2010–2015)
  4. Jack Dorsey (2015–2021); second term
  5. Parag Agrawal (2021–present)

Twitter diakuisi Elon Musk

Setelah negosiasi panjang, kepemilikian Twitter akhirnya diakuisisi Elon Musk. Sebagaimana telah diberitkan oleh Kompas, Musk pertama kali mengajukan penawaran untuk membeli seluruh saham twitter dengan harga US$ 43 miliar.

Tawaran ini dilayangkan tidak lama setelah Musk berhasil memiliki 9,2% saham twitter dan dinyatakan sebagai pemegang saham terbesar.

Tentu saja, tawaran ini membuat dewan direksi twitter kebingungan. strategi pertama mereka adalah memberikan kursi dewan twitter untuk menahan peralihan kepemilikan twitter. Musk menolak tawaran tersebut, dan tetap berencana untuk membeli twitter.

Setelah proses negosiasi, Dewan direksi Twitter sepakat mendukung akuisisi twitter sejak Juni 2022 lalu.

Twitter Berasal dari Negara Mana

Tidak sedikit orang yang mempertanyakan dari negara mana Twitter berasal. Twitter sebenarnya berasal dari negara Amerika Serikat, tepatnya di Negara Bagian California.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *