Advertisement

Pemkab Muna Bangun Pasar Ikan Higienis Setelah Gagal Lelang

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
19 Januari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Pemkab Muna akan bangun pasar ikan higienis di Kelurahan Laiworu, Kecamatan Muna, Sulawesi Tenggara. Pasar yang sedianya dibangun pada tahun 2021, terpaksa diundur karena gagal lelang.

Dilansir dari Triaspolitika.id, Selasa (18/1/2022), menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Muna, La Kusa, pasar ikan higienis sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 2021 lalu. Namun, tertunda karena gagal lelang.

“Sebenarnya tahun lalu pasar ikan higienis sudah dibangun, namun karena gagal lelang sehingga pembangunan tertunda hingga tahun ini,” jelas La Kusa selaku Kepala DKP Muna.

Baca juga: BRI Dapat Alokasi KUR Rp260 Triliun Untuk Jutaan Usaha Kecil

Selain itu, La Kusa juga memastikan bahwa tahun ini pembangunan pasar ikan higienis akan mulai dikerjakan. Hanya tinggal menunggu review perencanaannya saja.

“Tahun ini mulai action, kita tinggal menunggu review perencanaan saja, yang pasti tahun ini sudah bangunannya sudah dikerjakan,” katanya.

Lebih dari itu, La Kusa mengatakan, tujuan pembangunan pasar ikan higienis guna menciptakan kenyamanan masyarakat yang datang ke pasar tradisional.

Standar higienis sendiri berarti mulai dari struktur bangunan hingga sarana dan prasarana pendukung. Semua harus benar-benar higienis.

Baca juga: Optimis! Maluku Baileo Exhibition Bakal Bawa Angin Segar bagi UMKM

Bentuk bangunan pasar, kebersihan bangunan, hingga kerapian pedagang yang berjualan di lokasi tersebut, menjadi tolak ukur pasar higienis.

“Standar higienis itu artinya luas, mulai dari struktur bangunan hingga sarana dan prasarana pendukung,” ujar La Kusa seperti ikutip dari Triaspolitika.id, Selasa (18/1/2022).

Para pedagang ikan akan dipindahkan ke pasar baru setelah proses pembagunannya selesai. “Setelah bangunannya sudah selesai, maka pasar ikan yang ditempati pedagang saat ini, kita pindahkan ke lokasi pembangunan baru,” pungkasnya.

Baca juga: Pemprov Jabar Komitmen Dorong Ekonomi Para Disabilitas

Menurut La Kusa dikutip dari Triaspolitika.id, Selasa (18/1/2022), terkait dengan lokasi pasar, tetap berada di lokasi pasar ikan sebelumnya, yaitu di pelelangan ikan yang terletak di lokasi Pasar Sentral Kelurahan Laiworu, Kecamatan Batalaiworu.

Pembagunan pasar higienis rencananya akan menelan biaya hingga Rp 2,1 miliar seperti dilansir dari Triaspolitika.id Selasa (18/1/2022). Biaya tersebut masuk ke dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022.

Artikel ini telah terbit di Triaspolitika.id dengan judul “Telan Rp2,1 Miliar, Pemkab Muna Bakal Bangun Pasar Ikan Higienis”.

Link: https://triaspolitika.id/telan-rp21-miliar-pemkab-muna-bakal-bangun-pasar-ikan-higienis/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *