Cara Melihat Trending Topic di Twitter Indonesia dan Dunia

Hanif 22 Agu 2022 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Twitter dikenal sebagai media sosial yang paling reaktif ketika ada kejadian besar. Jadi, tidak jarang pengguna Twitter tahu duluan. Kamu juga bisa mengikuti cara melihat trending topic twitter di Indonesia dan dunia supaya bisa mengikuti kejadian yang sedang heboh.

Dari situ, kamu juga bisa ngetweet tanggapanmu, atau bahkan juga mengikuti tren yang sedang menarik. Trending twitter indonesia hari ini juga bisa jadi bahan obrolan sama temen, loh.

Makannya, simak terus cara menggunakan fitur trending topic di Twitter ini sampai selesai, ya.

ADVERTISEMENT

Bagi pengguna twitter di HP, trending topic tidak muncul di halaman pertama, seperti pengguna web twitter PC. karena ini, mungkin pengguna twitter di HP jarang yang memperhatikan trending topic di HP.

Padahal, untuk melihat trending topic di HP sebenarnya tidak sulit, loh. Cukup buka tab “explore” atau “jelajahi” dengan mengetuk ikon bergambar kaca pembesar.

Cara melihat trending topic di twitter

Disitu, akan muncul Trending Topic yang ditemukan oleh Twitter. Biasanya dalam bentuk Hashtag seperti di bawah.

Cara melihat trending topic di twitter

Sebenarnya caranya mudah, tetapi di tampilan HP tidak muncul di halaman pertama seperti di komputer, mungkin tidak banyak yang melihatnya.

Kalau mau mengikuti cara mengubah negaranya, ikuti terus supaya bisa melihat trending di negara lain.

ADVERTISEMENT

Kalau tadi sudah membahas trending topic Twitter di HP, sekarang kita akan membahas cara melihat trending topic di Twitter Indonesia di web aklau diakses melalui PC.

Ketika membuka web twitter melalui web broser di komputer, trending Twitter akan langsung muncul di panel sebelah kanan.

Tapi, untuk bisa melihatnya lebih jelas dan mengganti lokasinya, bisa juga klik ikon dengan logo kaca pembesar. disitu, trending topic twitter akan ditampilkan di tengah.

ADVERTISEMENT

Setelah mengetahui cara melihat trending topic di twitter, kamu mungkin penasaran bagaimana cara mengubah trending di twitter dengan trending topic di negara lain.

Nah, pengaturan ini bisa diubah supaya trending topic ditampilkan dari negara lain ataupun tanpa filter algoritma yang sudah disesuaikan dengan minat kamu.

Cara membuka pengaturannya sebagai berikut.

  1. Buka tab explore twitter
  2. Di kanan atas, tap ikon logo gear untuk membuka pengaturan jelajahi
  3. Disini kamu bisa mengatur toggle untuk menampilkan trending yang terlokalisasi dan personalisasi.
  4. Selesai, keluar dan refresh jelajahi supaya tren yang ditampilkan berubah sesuai dengan pengaturan yang baru kamu masukkan.

Kamu bisa mengubah negaranya menjadi Indonesia atau negara lain untuk memantau apa yang sedang ngetren di negara tersebut.

ADVERTISEMENT

Sama dengan versi HP, yang ditampilkan dari tab jelajahi di twitter versi web via pc juga bisa disesuaikan. Bagaimana cara mengubah trending di twitter? Caranya ikuti langkah berikut.

  1. Buka tab jelajahi dengan klik “Jelajahi” di panel sebelah kiri
  2. Klik ikon gambar gear untuk masuk ke pengaturan jelajahi
  3. Sesuaikan checklist, kamu juga bisa menyesuaikan trending dengan negara yang kamu cari.
  4. Refresh supaya yang ditampilkan sesuai dengan pengaturan terbaru.

Jadi bisa mengikuti trending topic dari berbagai belahan dunia nih.

ADVERTISEMENT

Menurut penjaabaran Big Commerce, Trending topic adalah subjek yang mengalami lonjakan popularitas di satu atau banyak platform media sosial dalam waktu tertentu.

Kalau di bahasa Indonesia, mungkin bisa dibilang Topik yang lagi ngetren, atau topik panas, mungkin ya?

Subjek ini bisa berupa tren yang sedang berkembang di sekitarmu, bisa berupa peristiwa terkini, film yang baru rilis, berita terbaru, masalah sosial, dan konten viral. Tren ini bisa tetap populer dalam hitungan hari, minggu, bahkan beberapa bulan.

Platform media sosial seperti twitter biasanya bisa mengetahui suatu tren jadi trending topic dari algoritma dan artificial intelligence.

Nah, pelaku bisnis bisa memanfaatkan tren ini untuk menjadi peluang. dengan mengetahui hal hal yang menarik minat konsumen dan mendapatkan engagement, semakin banyak orang yang tertarik dengan brandmu.

ADVERTISEMENT

Seperti yang sudah dijabarkan diatas, trending topic bisa dimanfaatkan untuk membuat bisnis semakin berkembang dan menguntungkan. makannya, tidak sedikit brand yang berlomba lomba membuat tweetnya menjadi trending.

Selain itu, dengan memantau trending topik, kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan tren. Dari situ, engagement bisa meningkat.

Ikuti tips dibawah supaya twitmu bisa ikut trending ya.

1. Temukan Isu atau Cerita yang Disenangi Pengguna

Di setiap trending topik yang silih berganti, kamu bisa memerhatikan topik apa yang sedang viral. Beberapa tweet yang sering jadi perbincangan biasanya berhubungan dengan horror, politik, komedi, Kpop, hingga selebriti.

Dari memperhatikan cuitan yang viral tersebut, kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa sih tweet yang viral sekaligus ide kreatif untuk konten yang kamu buat.

Walaupun harus relevan atau relatable dengan pengguna lain, kamu juga harus membuat thread mu tetap menarik dengan menambahkan twist atau sesuatu yang berbeda dan anti mainstream.

2. Tambahkan Pengalaman Pribadi yang Berhubungan dengan Hal Tersebut

Cerita dan pengalaman yang dialami setiap orang pasti berbeda-beda. Dari situ, kamu bisa membuat thread yang unik dan menarik. Aplaagi kalau tweet tersebut disampaikan dengan cara yang asyik.

Tambahkan sedikit gimmick, gambar, tebakan, atau hal lain yang bisa membuat pembaca semakin terpikat dengan tweetmu. Jadi mereka bisa penasaran dan membaca thread sampai selesai. Ini juga bisa membuat pembaca tidak cepat bosan.

3. Tambhkan Tagar

Ini juga tidak boleh ketinggalan. Dengan menggunakan hashtag atau tagar, Twitter bisa semakin mudah menemukan topik tweetmu. Algoritma AI Twitter jadi bisa membuat twit tersebut viral dengan cepat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan tagar. Pertama, jangan gunakan tagar yang terlalu panjang. Semakin panjang tagar, semakin sulit untuk diingat oleh orang.

Kemudian, gunakan tagar yang jelas serta sesuai dengan topik yang sedang kamu angkat. Selanjutnya adalah tagar yang unik, jadi tagar tersebut memiliki ciri khas tersendiri dan semakin mudah diingat oleh orang.

Terakhir, jangan terlalu sering menggunakan tagar, misalnya dalam satu thread gunakan satu atau dua tagar saja.

Jadi, sebelum publish tweet, pastikan tagar sudah dirancang dengan baik. ini gak jauh beda sama cara riset hashtag di instagram, loh.

4. Tag Akun terkenal

Ketika tweetmu mencantumkan akun terkenal, kesempatan tweet tersebut buat viral makin besar, loh. Makannya, jangan sungkan untuk mention atau tag akun populer.

Baik artis atau akun official yang memiliki follower banyak, jika mereka mempromosikan ke banyak orang, kontenmu bakal lebih cepat dilihat oleh banyak orang.

Warganet yang membaca tweetmu dan mengunjungi profilmu. jadi semakin populer deh.

5. Pilih Waktu yang Tepat

Supaya tweetmu makin banyak yang lihat, post nya di waktu prime ya. Nah, prime time ini biasanya di waktu jam makan siang dan jam pulang kerja hingga mau tidur.

Di jam jam tersebutlah orang baisanya asyik twitteran. Ketika tweetmu masih fresh di jam tersebut, keempatan dibaca oleh banyak orang jadi makin tinggi.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk membuat post tweet yang trending dan viral. Selain itu, perhatikan juga trending twitter saat ini, pastikan topik tersebut masih relevan dan belum kedaluarsa.

Penutup

Itulah cara melihat trending topic di Indonesia dan dunia. ada juga cara supaya tweet bisa trending. kalau tweetmu ikut trend, makin banyak yang buka profilmu, makin banyak yang follow akunmu.

Makannya, nyimak trending twitter dunia hari ini bisa jadi salah satu cara untuk menambah follower twitter yang alami dan organik. ini beda lho sama cara menambah follower dengan aplikasi atau beli akun.

Sampai di sini dulu artikel kami. sampai bertemu di artikel PintarJualan berikutnya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *