Cara Komplain Pengiriman Paket ID Express (Barang Terlambat, Rusak, atau Hilang)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
22 April 2021
Waktu membaca
5 Menit

Buat kamu yang sering menggunakan layanan dan mengalami kendala, tidak salahnya untuk mengajukan komplain ID Express. Baik untuk kendala pengiriman terlambat, barang rusak, atau bahkan hilang.

Biasanya ekspedisi ini cukup sering muncul dalam opsi pembelian COD di Shopee. Mengingat mereka berdua telah menjalin kerja sama untuk fitur tersebut. Dan ya, topik kita kali ini akan membahas ID Express mulai dari:

  • Apa itu ID Express dan apa saja layanan yang ditawarkan,
  • Kendala-kendala yang sering dialami pengguna saat memakai jasa kirim ini,
  • Cara mengajukan komplain agar kendala lekas bisa diatasi,
  • Cara mengklaim asuransi jika barang rusak atau hilang.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar mudah diakses sewaktu-waktu. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Ekspedisi ID Express?

ID Express ialah ekspedisi dengan layanan regular, same day, dan lite (ongkos kirim hemat) yang baru didirikan pada 2019 dan kini sudah ekspansi ke wilayah Asia Tenggara.

Layanan ini termasuk baru, namun sudah cukup populer berkat kerja sama dengan marketplace Shopee untuk pengiriman barang dengan sistem pembayaran COD (bayar di tempat).

Sejauh ini, ID Express hanya dapat diaktifkan oleh Penjual di Shopee yang berlokasi di Jabodetabek. Di luar wilayah tersebut, penjual belum bisa mengaktifkan jasa kirim ID Express, ya.

Ini artinya, layanan same day ID Express khusus untuk wilayah Jabodetabek saja. Sedangkan untuk layanan reguler dapat dikirim ke seluruh Indonesia (sejauh ini baru tersedia di wilayah Pulau Jawa).

Baca juga:
Cara Mengajukan Komplain TIKI Untuk Pengiriman Paket Barang Bermasalah

Jenis Layanan ID Express

ID Express mengklaim dirinya menjadi salah satu jasa kurir di Indonesia yang memanfaatkan teknologi berbasis perangkat lunak (algoritma) yang canggih.

Dengan visi menjadi ekspedisi teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus menjalin kerja sama dengan marketplace dan ecommerce yang cepat, tepat, dan aman.

Visi tersebut selangkah sudah terbukti, yakni menjadi partner resmi Shopee untuk pengiriman berbasis COD (bayar di tempat). Lalu, apa saja layanan yang ditawarkan?

Sejauh ini ada 3 layanan utama:

  • Regular. Layanan pengiriman standar (2-7 hari kerja) ke seluruh Indonesia dengan harga yang kompetitif.
  • Same Day. Layanan pengiriman dengan estimasi sampai di hari yang sama (maksimal 8 jam pengantaran).
  • ID Lite. Layanan pengiriman dengan ongkir setengah harga jika berat di bawah 0,5 kg.

Khusus untuk marketplace Shopee, saat ini baru tersedia opsi Regular dan ID Lite. Layanan Same Day bisa diorder terpisah melalui situs resmi ID Express (idexpress.com) atau aplikasi di Play Store.

Baca juga:
Cara Komplain Wahana Express Untuk Barang yang Terlambat, Hilang, Rusak

Cara Ajukan Komplain ID Express

Sebelum ke bagian langkah-langkahnya, kami ingin menanyakan 1 hal terlebih dulu.

Apakah kendala pengiriman yang kamu alami saat menggunakan jasa kurir ID Express adalah pesanan barang di Shopee? Alias, kamu menggunakan ID Express untuk bayar COD barang Shopee?

Jika iya, maka prosedur komplainnya bisa berbeda. Kamu cukup mengajukan keluhan kepada pihak Customer Service Shopee.

Sebagai pengantar, berikut kendala yang kerap dialami oleh penjual yang menggunakan layanan ID Express di marketplace Shopee (+ solusinya:

kendala pengiriman idexpress shopee

Kendala yang sering terjadi saat memakai jasa kirim ID Express di Shopee (c) shopee.co.id

Sedangkan, untuk pembeli, biasanya kendala yang terjadi tidak jauh-jauh dari hal berikut:

  • Pengiriman barang melebihi ekspektasi yang diberikan (2-7 hari kerja),
  • Barang yang dikirim ternyata rusak dan disebabkan saat pengantaran,
  • Barang yang dikirim ternyata hilang dan tidak ditemukan di cabang mana pun.

Jika kamu mengalami kendala yang pertama, maka silakan hubungi pihak ID Express. Media yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • No. Telepon: (021) 80823899
  • Email: customercare@idexpress.com
  • Situs web: https://idexpress.com
  • Sosial media
    • Facebook: /idexpressindonesia
    • Instagram: @idexpress_indonesia

Lalu, untuk barang yang rusak atau hilang, kamu tidak perlu komplain lagi. Melainkan, bisa langsung mengajukan klaim asuransi ke pihak Shopee. Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini.

Cara Klaim Asuransi ID Express

Sebelum lanjut ke langkah-langkah untuk klaim asuransi, kamu perlu paham dulu berapa nominal yang akan diganti jika barang hilang atau rusak.

Berikut rinciannya:

ganti rugi barang id express hilang rusak

Nominal ganti rugi ID Express untuk barang yang hilang atau rusak (c) shopee.co.id

Di atas sudah tertera jelas, bahwa jika kamu memakai asuransi, nominal ganti rugi akan 100% sesuai dengan harga barang yang dikirim (maksimal Rp20 juta). Jika tidak memakai asuransi, hanya sampai 10x ongkos kirim, itu pun maksimal Rp1 juta.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa, tiap kali kamu order barang online, sebaiknya menggunakan asuransi pada pengirimannya. Hal ini untuk antisipasi jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Sekarang, mari kita simak alur klaim asuransi barang ID Express yang diorder lewat Shopee, berikut ini:

prosedur ajuan klaim asuransi cod id express

Skema ganti rugi barang ID Express & Shopee yang hilang atau rusak (c) shopee.co.id

Dari bagan di atas, pihak yang dapat mengajukan asuransi adalah penjual di Shopee, bukan pembeli. Karena itu, kamu wajib berkoordinasi dengan penjual untuk pengajuan klaim.

Data yang dibutuhkan antara lain:

  • Nomor pesanan,
  • Nomor resi ID Express,
  • Bukti foto/video untuk barang rusak.

Maksimal 1 hari setelah barang diterima, penjual wajib menghubungi Customer Care Shopee. Setelahnya, CS Shopee akan meneruskan investigasi kepada ID Express.

Selama maksimal 5 hari, pihak ID Express akan memverifikasi ajuan klaim. Jika diterima, maka akan diinformasikan kepada CS Shopee untuk pengiriman saldo ganti rugi ke penjual.

Jika tidak diterima, CS Shopee akan memberitahu kepada penjual bahwa ajuan klaim asuransi ditolak karena beberapa alasan. Bisa jadi bukti video kurang valid, atau alasan lainnya.


Lalu, ke mana solusi praktis untuk komplain barang hilang / rusak ini?

Sebagaimana sudah dijawab di awal, yakni kepada pihak Customer Service Shopee. Berikut kontak yang bisa dihubungi:

  • Chat 24 jam: Aplikasi Shopee > Saya > Chat dengan Shopee.
    Atau, Shopee > Saya > Pusat Bantuan > Chat Shopee Sekarang.
  • Call Center 24 jam: 1500702.
  • Formulir komplain: https://seller.shopee.co.id/edu/form

Khusus untuk form ajuan, kamu dapat mengisi jauh lebih komplit. Tampilannya seperti gambar di bawah ini:

form ajuan komplain cs shopee

Form ajuan komplain CS Shopee (c) shopee.co.id

Silakan diisi sedetail-detailnya untuk mendapatkan solusi yang terbaik dari pihak Shopee. Dengan begitu, mereka akan meneruskan komplain ke ID Express dengan maksimal penanganan 5×24 jam.

Rangkuman

  • ID Express merupakan partner resmi Shopee untuk pengiriman reguler dengan sistem pembayaran COD.
  • Jika kamu beli barang lewat Shopee, pihak mereka menyarankan untuk komplain ke CS Shopee, alih-alih langsung ke ID Express. Biar CS Shopee yang mengurus dan menyerahkan kepada ID Express.
  • Namun apabila ingin menghubungi pihak ID Express, bisa lewat media berikut: (1) Call Center (021) 80823899, (2) Email customercare@idexpress.com, (3) Sosial media Facebook: /idexpressindonesia dan Instagram: @idexpress_indonesia.
  • Klaim garansi untuk barang yang rusak dan hilang relatif cepat diproses, maksimal 7 hari. Namun tetap ada kemungkinan klaim tersebut ditolak dengan berbagai alasan.

Bagaimana, sampai di sini sudah cukup paham, ya? Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi apabila terjadi keterlambatan pengiriman, barang rusak atau bahkan hilang.

Tinggal terapkan langkah-langkah di atas, dan percayakan pihak Shopee serta ID Express untuk menyelesaikan keluhan yang diajukan. Beres, deh~

Mungkin cukup sampai di sini dulu dari kami. Mudah-mudahan artikel ini membantu, ya. Jika berkenan, kamu juga bisa gabung diskusi bersama kami di IG @PintarJualan.id. Kami tunggu! 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

4 Comments

  1. Leli berkata:

    Sy boleh minta wa id ekpress sumenep

  2. Rimadhani berkata:

    Saya mau minta nomer wa idexpress semarang

  3. Uliva berkata:

    Saya boleh minta nomor WA idexpress Ciledug Tangerang ?

  4. Ardianto berkata:

    Blh minta nomer hp atau wa id express head office nya…
    Krna sy mau lacak paket sy yg lama ngga terkirim?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *