Cara Mengajukan Komplain ID Express (Barang Terlambat, Rusak, atau Hilang)

Ifan Prasya 03 Mar 2023 4 Menit 0

Ketika kamu mengalami permasalahan dalam pengiriman, kamu perlu mengajukan komplain ID Express. Baik untuk keluhan kendala pengiriman terlambat, barang rusak, atau bahkan hilang.

Biasanya ekspedisi ini cukup sering muncul dalam opsi pembelian COD di Shopee. Mengingat mereka berdua telah menjalin kerja sama untuk fitur tersebut. Dan ya, topik kita kali ini akan membahas ID Express mulai dari:

  • Apa itu ID Express dan apa saja layanan yang ditawarkan,
  • Kendala-kendala yang sering dialami pengguna saat memakai jasa kirim ini,
  • Cara mengajukan komplain agar kendala lekas bisa diatasi,
  • Cara mengklaim asuransi jika barang rusak atau hilang.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar mudah diakses sewaktu-waktu. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Ekspedisi ID Express?

ID Express ialah ekspedisi dengan layanan regular, same day, dan lite (ongkos kirim hemat) yang baru didirikan pada 2019 dan kini sudah ekspansi ke wilayah Asia Tenggara.

Layanan ini termasuk baru, namun sudah cukup populer berkat kerja sama dengan marketplace Shopee untuk pengiriman barang dengan sistem pembayaran COD (bayar di tempat).

Sejauh ini, ID Express hanya dapat diaktifkan oleh Penjual di Shopee yang berlokasi di Jabodetabek. Di luar wilayah tersebut, penjual belum bisa mengaktifkan jasa kirim ID Express, ya.

Ini artinya, layanan same day ID Express khusus untuk wilayah Jabodetabek saja. Sedangkan untuk layanan reguler dapat dikirim ke seluruh Indonesia (sejauh ini baru tersedia di wilayah Pulau Jawa).

Jenis Layanan ID Express

ID Express mengklaim dirinya menjadi salah satu jasa kurir di Indonesia yang memanfaatkan teknologi berbasis perangkat lunak (algoritma) yang canggih.

Dengan visi menjadi ekspedisi teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus menjalin kerja sama dengan marketplace dan ecommerce yang cepat, tepat, dan aman.

Visi tersebut selangkah sudah terbukti, yakni menjadi partner resmi Shopee untuk pengiriman berbasis COD (bayar di tempat). Lalu, apa saja layanan yang ditawarkan?

Sejauh ini ada 3 layanan utama:

  • Regular. Layanan pengiriman standar (2-7 hari kerja) ke seluruh Indonesia dengan harga yang kompetitif.
  • Same Day. Layanan pengiriman dengan estimasi sampai di hari yang sama (maksimal 8 jam pengantaran).
  • ID Lite. Layanan pengiriman dengan ongkir setengah harga jika berat di bawah 0,5 kg.

Khusus untuk marketplace Shopee, saat ini baru tersedia opsi Regular dan ID Lite. Layanan Same Day bisa diorder terpisah melalui situs resmi ID Express (idexpress.com) atau aplikasi di Play Store.

Cara Ajukan Komplain ID Express

Sebelum ke bagian langkah-langkahnya, kami ingin menanyakan 1 hal terlebih dulu.

Apakah kendala pengiriman yang kamu alami saat menggunakan jasa kurir ID Express adalah pesanan barang di Shopee? Alias, kamu menggunakan ID Express untuk bayar COD barang Shopee?

Jika iya, maka prosedur komplainnya bisa berbeda. Kamu cukup mengajukan keluhan kepada pihak Customer Service Shopee.

Sebagai pengantar, berikut kendala yang kerap dialami oleh penjual yang menggunakan layanan ID Express di marketplace Shopee (+ solusinya:

Kendala pengiriman idexpress shopee

Kendala yang sering terjadi saat memakai jasa kirim id express di shopee (c) shopee. Co. Id

Sedangkan, untuk pembeli, biasanya kendala yang terjadi tidak jauh-jauh dari hal berikut:

  • Pengiriman barang melebihi ekspektasi yang diberikan (2-7 hari kerja),
  • Barang yang dikirim ternyata rusak dan disebabkan saat pengantaran,
  • Barang yang dikirim ternyata hilang dan tidak ditemukan di cabang mana pun.

Jika kamu mengalami kendala yang pertama, maka silakan hubungi pihak ID Express. Media yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • No. Telepon: (021) 80823899
  • Email: customercare@idexpress.com
  • Situs web: https://idexpress.com
  • Sosial media
    • Facebook: /idexpressindonesia
    • Instagram: @idexpress_indonesia

Lalu, untuk barang yang rusak atau hilang, kamu tidak perlu komplain lagi. Melainkan, bisa langsung mengajukan klaim asuransi ke pihak Shopee. Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini.

Cara Klaim Asuransi ID Express

Sebelum lanjut ke langkah-langkah untuk klaim asuransi, kamu perlu paham dulu berapa nominal yang akan diganti jika barang hilang atau rusak.

Berikut rinciannya:

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *