Keuntungan Bisnis Ternak Ikan Lele dan Analisa Modalnya 2023

Anisa 31 Mei 2023 5 Menit 0

ADVERTISEMENT

Keuntungan bisnis ternak ikan lele dalam satu bulan bisa mencapai Rp3.000.000 jika peternak berhasil menghasilkan 2000 ekor ikan lele yang segar dan sehat.

Ya walaupun harga pakan ikan lele selalu naik di pasaran, tetapi hal ini rupanya tidak menyurutkan para peternak untuk terus membudidayakannya.

Apalagi ikan lele sudah menjadi makanan pokok selain ayam dan daging sapi bagi masyarakat di Indonesia, sehingga prospeknya dianggap masih tetap bagus.

Kamu ingin tahu berapa besar keuntungan yang dihasilkan dari bisnis ternak ikan lele ini?

ADVERTISEMENT

1. Peluang Usaha Ikan Lele

Prospek bisnis ikan lele di tanah air hingga 2023 masih masih tampak cerah dan menguntungkan.

Mengapa demikian? Inilah alasan mengapa peluang usaha ikan lele sangat mengiurkan:

ADVERTISEMENT

1.1. Permintaan Pasar Cukup Tinggi

Lele menjadi salah satu makanan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Dagingnya yang tebal, lembut, dan sedikit duri membuat orang-orang menyukainya.

Tak heran jika lele masuk dalam kategori bisnis kuliner dan makanan paling menjanjikan di dalam negeri.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 2021 pun mencatat bahwa produksi ikan lele di tanah air mencapai 1,06 juta ton dengan keuntungan mencapai Rp18,93 triliun.

Angka tersebut memang fluktuatif. Namun diperkirakan pertumbuhan produksi dan keuntungan bisnis ternak ikan lele akan terus meningkat dari tahun ke tahun mengingat tingginya kebutuhan manusia.

ADVERTISEMENT

1.2. Mudah Dibudidaya

Dibandingkan jenis ikan lain seperti nila, gurame, serta mujaer, pemeliharaan ikan lele jauh lebih mudah dan praktis.

Selama pemberian pakan disesuaikan dengan usia ikan, menjaga kualitas air, penambahan probiotik, dan pengelolaan kolam secara tepat, maka lele tidak akan mudah mati.

ADVERTISEMENT

1.3. Modal Kecil

Modal untuk memulai bisnis ikan lele terbilang kecil karena para peternak tidak harus menyiapkan kolam berbahan beton atau semen.

Hanya menggunakan terpal, ember bekas cat, dan wadah layak pakai saja sudah bisa memelihara ikan lele di rumah dalam jumlah ribuan ekor.

Meski begitu, keuntungan budidaya ikan lele di kolam terpal juga sama besarnya lho!

Modal awal untuk memulai bisnis ternak lele bisa dimulai dari Rp2.000.000,00 hingga Rp4.000.000. Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli benih ikan lele, pakan dan probiotik, terpal, dan kayu penyangga.

Dengan modal tersebut, berapa keuntungan bisnis ternak ikan lele yang akan dihasilkan dalam satu bulan oleh peternak?

ADVERTISEMENT

2. Analisa Usaha Ternak Lele

Jika kamu ingin merintis usaha ternak lele di rumah, coba siapkan modal minimal Rp.2000.0000,00.

Agar lebih jelas lagi, begini perhitungan modal awal ternak lele:

  • Bibit lele 1000 kualitas terbaik x 300 = 300.000
  • Pakan ikan lele Hi-Pro-vit 781 2 karung x Rp375.000 = 750.000
  • Terpal ukuran 250x150x100 (3) = Rp795.000
  • Bambu dan probiotik ikan = 150.000

Jika ditotal keseluruhan, modal awal yang dibutuhkan untuk membangu bisnis ikan lele Rp1.995.000. Nah, sekarang mari hitung keuntungannya!

Jika dari 1000 ekor bibit lele menghasilkan FCR (Food Convertion Ratio) yakni perbandingan antara berat/jumlah pakan dan berat lele yang dipanen 1:1, maka perhitungannya:

  • Hasil panen 120 kg x 31.000 (harga lele per kg saat ini) = 3.720.000
  • Sementara modal awalnya 1.995.000

Keuntungan ternak lele = Hasil panen – Modal awal, sehingga Rp3.720.000-1.995.000 = Rp1.725.000.

Dari sini dapat disimpulkan jika menebar 1000 bibit ikan lele dengan modal awal Rp2.000.000, maka kemungkinan besar keuntungan bisnis ternak ikan lele yang didapatkan oleh peternak dalam satu bulan mencapai Rp1.725.000.

ADVERTISEMENT

3. Keuntungan Bisnis Ikan Lele

Ide usaha rumahan yang satu ini mampu mendatangkan banyak cuan apabila ditekuni dengan baik dan disiplin.

Berikut beberapa keunggulan atau keuntungan bisnis ternak ikan lele di masa depan!

3.1. Peminatnya Tinggi

Keuntungan budidaya ikan lele di kolam tanah

Source: pixabay. Com/dezalb

Keuntungan bisnis ternak ikan lele yang pertama adalah jumlah peminatnya yang tinggi dan pangsa pasarnya cukup luas.

Hal ini dikarenakan ikan lele dapat diolah menjadi beragam masakan nusantara yang lezat. Seperti lele goreng, lele bakar, lele kremes, bothok lele, abon lele, keripik, frozen food, dan sebagainya.

Oleh karena itu, perkiraan permintaan ikan lele tidak akan pernah sepi. Apalagi jumlah penduduk di Indonesia tiap tahunnya bertambah, yang berarti jumlah konsumi terhadap ikan lele juga kian tinggi.

3.2. Tahan di Berbagai Cuaca

Cara menghitung keuntungan bisnis lele

Source: pixabay. Com/olenats

Ikan lele termasuk jenis hewan air yang tahan terhadap beragam cuaca seperti panas tinggi dan musim hujan.

Selama peternak mampu mengelola kolam dengan baik dan pemberitan probiotik pada lele tidak pernah terlewatkan, maka ikan lele bisa bertahan hingga masa panen.

Mudahnya memelihara dan budidaya ikan ini merupakan suatu keuntungan tersendiri bagi para peternak ikan konsumsi, terutama bagi peternak pemula.

3.3. Penjualan Mudah

Keuntungan ternak lele berapa

Penjualan ikan lele juga terbilang sangat mudah karena bisnis ini tidak hanya bisa dijalankan secara offline, tetapi juga online.

Berikut beberapa cara menjual hasil ternak ikan lele yang saat ini banyak dilakukan oleh para peternak:

3.4. Membuka Lini Bisnis Lain

Keuntungan ternak lele 5000 ekor

Source: pixabay. Com/andhoj

Keuntungan bisnis ternak ikan lele yang paling menguntungkan adalah terbukanya lini bisnis lain.

Jika kamu berhasil menghasilkan ikan lele berkualitas, sehat, segar, dan dagingnya padat, maka kamu berkesempatan untuk membuka bisnis seperti:

Ingin mencoba ternak lele dari sekarang? Ketahui juga yuk resiko ternak lele yang harus kamu antisipasi di masa depan!

4. Risiko Bisnis Ternak Ikan Lele

Walaupun dari segi ekonomi usaha ternak lele mampu mendatangkan banyak uang, akan tetapi setiap peternak juga harus mewaspadai risikonya!

Apa saja resiko ternak ikan lele?

4.1. Banyak Pesaing

Walaupun banyak cara untuk menjual ikan lele, tetapi tidak bisa dipungkiri jika jumlah pesaing atau kompetitor peternak lele sangatlah banyak.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya grup peternak lele di setiap kota di Indonesia yang diisi oleh ribuan hingga puluhan ribu member.

Makin banyak pesaing, pendistribusian ikan lele juga akan makin sulit karena peternak harus mencari target pasar di tempat lain.

4.2. Harus Pandai Mencari Pakan Alternatif

Untung rugi ternak lele memang biasa, namun tahukah kamu kalau harga pakan lele yang cenderung tinggi sering menghambat proses pembudidayaan ternak ikan lele?

Banyak peternak mengaku pusing dan mengeluhkan harga pakan ikan lele yang selalu naik dari tahun ke tahun, padahal harga ikan lele per kilonya cenderung lebih fluktuatif (naik-turun) di pasaran.

Akibatnya para peternak harus pandai-pandai mencari pakan alternatif atau membuat pakan oplosan agar nutrisi lele tetap terpenuhi.

4.3. Air Kolam Mampu Mencermari Lingkungan

Tidak dapat dipungkiri jika air bekas kolam ikan lele yang dibiarkan mengalir ke sembarangan tempat mampu mencemari lingkungan di sekitarnya.

Bukan hanya bau, tetapi juga kualitas air yang ada di sekelilingnya. Apabila hal ini dibiarkan, maka akan timbul konflik sosial yang merugikan kedua belah pihak.

Oleh karena itu, para peternak lele harus punya saluran pembuangan air bekas kolam budidaya ikan lele dan menambahkannya cacing sutra untuk mengurai limbah serta meminimalisir bau.

FAQ

Berapa keuntungan ternak lele 10.000 ekor?

Jika menebar 1000 bibit lele, keuntungan yang diperoleh Rp1.725.000,00 maka keuntungan yang dihasilkan dari ternak 10.000 ekor lele adalah Rp17.250.000,00 per bulan.

Kapan ikan lele sebaiknya dipanen?

Panen lele biasanya dilakukan setelah 3-4 bulan pertama atau minimal 90 hari saat ikan lele mencapai panjang 9-15 cm.

Akhir Kata

Nah, itulah keuntungan bisnis ternak ikan lele disertai analisa modal serta tantangan yang akan dihadapi oleh peternak di masa depan.

Jika kamu berminat, siapkan modalnya terlebih dahulu dan sering berdiskusi dengan para peternak lele yang berpengalaman ya. Selain bisnis ternak ikan lele, kamu juga bisa lihat Ide Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menjanjikan dan Menguntungkan


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers.  Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar peluang bisnis dan media sosial dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id. 


Sumber:

  • Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor 2023 – youtube.com/shorts/04dGV7FK3wU
  • Perhitungan KEUNTUNGAN Usaha Budidaya IKAN LELE Per 1000 Ekor Di Tahun 2023 – youtube.com/watch?v=nXVd2gxCOXQ
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *