Advertisement

Harga Pakan Ikan Naik, Per Karung Kini Mencapai Rp 323 Ribu

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
04 Maret 2022
Waktu membaca
2 Menit

Bandung – Harga pakan ikan naik di Bandung. Harga pakan ikan yang semula Rp 315 ribu per karung, kini menjadi Rp 323 ribu per karaung atau naik sebesar Rp 8 ribu.

Naiknya harga pakan tersebut dalam beberapa waktu terakhir dikeluhkan oleh sejumlah pelaku pembudidaya di sejumlah daerah di Jawa Barat seperti di Desa Cisalak.

Baca juga: Menjelang Ramadhan, Harga Ayam Potong dan Daging Sapi Naik

Di Desa Cisalak, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, petani mengeluhkan terkait adanya kenaikan harga pakan ikan yang mencapai Rp 8 ribu per karung dalam sepekan terakhir.

Kenaikan harga pakan ini dinilai tidak sebanding dengan harga jual ikan. Harga jual ikan masih tetap di angka Rp 24 ribu per-kilogram dan masih belum bisa naik harga.

Terkait dengan ini, Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Rahmat Hidayat Djati menyampaikan pihaknya akan segera menindaklanjuti keluhan para pembudidaya soal kenaikan harga pakan tersebut.

Selain itu, Rahmat juga menegaskan bahwa ia akan segera melakukan sidak ke pabrik dan distributor pakan ikan khususnya yang ada di daearh Jawa Barat.

“Jangan sampai ini terus berulang, dan jangan sampai perusahan seenaknya menaikan harga pakan tanpa melihat dan mempertimbangkan kondisi petani di bawah,” ujar Rahmat Hidayat Djati, dikutip dari Jabar.siberindo.co, Kamis (4/3/2022).

Baca juga: Harga BBM Naik, Berikut Harga Pertamax Turbo, Dex & Dexlite

Politisi PKB tersebut juga menyampaikan akan mendorong dengan pihak-pihak terkait agar persoalan ini mendapat perhatian dari pemangku kepentingan lainnya.

“Termasuk kita akan mendorong agar pemerintah bisa memberikan subsidi terkait pakan ini agar kesejahteraan petani ikan di Jawa Barat meningkat,” ujarnya.

Rahmat juga menambahkan bahwa kenaikan harga pakai ikan juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan komsumsi ikan di masyarakat.

“Karena ini juga berkaitan dengan upaya meningkatkan kosumsi ikan di masyarakat, jadi kalau harga pakan ikan nya terjangkau otomatis harga jual ikan juga akan terjangkau oleh masyarakat umum,” imbuhnya.

Sebelumnya, seperti diketahui para pembudidaya ikan air tawar di Jawa Barat mulai mengeluhkan kenaikan harga pakan tersebut yang terus meningkat tajam sejak awal 2022.

Jika pemerintah tidak segera turun tangan menyelesaikan permasalahan harga pakan yang naik ini, mereka khawatir akan terus merugi. Selain itu persediaan ikan di pasaran juga terganggu.

Baca juga: Harga Emas Antam 4 Maret 2022, Naik ke Rp 990 Ribu per Gram

Pembudidaya ikan air tawar dari Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Zenal Mutaqin, mengatakan biasanya memang harga pakan ikan naik sekitar Rp 2 ribu per karung atau 30 kilogram.

Pada Februari 2022, kenaikannya mencapai Rp 5 ribu per karung. Dalam sepekan harganya kembali naik Rp 8 ribu per karung. Akibatnya harganya mencapai Rp 323 ribu per karung.

“Harga pakan ikan terus naik drastis, sedangkan harga jual ikan masih tetap, Rp 24 ribu per kilogram. Sayangnya distributor tidak bisa menjelaskan kenapa harga pakan ikannya naik,” kata Zenal di Subang, Rabu (2/3/2022).

Ia mengatakan untuk memberi makan ikannya dalam satu kolam 1 kuintal ikan dibutuhkan pakan sekitar 10 kilogram per hari, atau satu karung pakan habis dalam tiga hari.

Ia mengatakan seharusnya pemerintah bisa hadir bagi masyarakat di tengah kondisi kenaikan pakan ikan tersebut. Jangan sampai para pembudidaya ikan berhenti berusaha.

Baca juga: Pertamina, Harga Elpiji Nonsubsidi Naik Per 27 Februari 2022

Pembudidaya Ikan di Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Hikamat, menyatakan hal serupa. Ia menilai kenaikan harga pakan tersebut kian mencekik para pembudidaya.

“Ini semua dirasakan oleh pembudidaya ikan utamanya di bantaran Sungai Cikaruncang, Cisepuan, dan Cileat. Jika pun ada kenaikan pakan, minimal ada penjelasan lah, dan ada solusi,” katanya.

Dengan naiknya harga pakan tersebut, ia mengkhawatirkan keberlanjutan usaha warga selatan Subang yang memang sebagian besar adalah para pembudidaya ikan.


Artikel ini telah terbit di Jabar.siberindo.co dengan judul “Harga Pakan Ikan Naik, Ketua Komisi II DPRD Jabar Segera Sidak ke Lapangan”.

Link: https://jabar.siberindo.co/04/03/2022/harga-pakan-ikan-naik-ketua-komisi-ii-dprd-jabar-segera-sidak-ke-lapangan/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *