Advertisement

Harga BBM Naik, Berikut Harga Pertamax Turbo, Dex & Dexlite

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
14 Februari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Harga bahan bakar minyak atau BBM untuk pertamax turbo, dex, dan dexlite naik. Ketiga jenis atau produk BBM tersebut merupakan BBM non subsidi.

PT Pertamina Patra Niaga menaikkan harga ketiga produk BBM non subsidi tersebut karena mengikuti perkembangan terkini industri minyak dan gas.

Baca juga: Arab Saudi Akan Menaikkan Harga Minyak Pada Maret 2022

Dilansir dari Ulasan.co, Sabtu (12/02/2021), pejabat Sementara Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, kenaikan harga ketiga BBM non subsidi itu adalah Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite.

“Harga baru ketiga produk ini berlaku mulai tanggal 12 Februari 2022,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, seperti dikutip Ulasan.co, Sabtu (12/02/2021).

Selain itu, Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga tersebut juga menyampaikan bahwa harga minyak mentah Indonesia atau ICP per Januari 2022 telah mencapai 85 dolar AS per barel.

Harga tersebut naik sekitar 17 persen dari indeks bulan sebelumnya. Kenaikan harga yang signifikan inilah, yang membuat Pertamina mengambil sikap menaikkan harga BBM non subsidi.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Terbaru Turun Menjadi Rp 11.500/Liter

Dikutip dari Ulasan.co, Sabtu (12/02/2021), Produk Pertamax Turbo (RON 98) kini dijual Rp13.500 per liter, Pertamina Dex (CN 53) menjadi Rp13.200 per liter, dan Dexlite (CN 51) menjadi Rp12.150 per liter.

Sebelumnya, harga Pertamax Turbo dijual Rp12.000 per liter, Pertamina Dex Rp11.050 per liter, dan Dexlite pada harga Rp9.500 per liter.

Menurut Irto, meski harga BBM untuk pertamax turbo, dex, dan dexlite naik, namun masih tetap kompetitif jika dibandingkan dengan produk-produk dengan kualitas yang setara.

“Meski mengalami penyesuaian, harga Pertamax Turbo dan Dex Series ini masih paling kompetitif jika dibandingkan dengan produk dengan kualitas setara,” kata Irto.

Baca juga: Fakta-Fakta Terkait Harga Minyak Goreng Menjadi Rp 11.500

Lebih lanjut dia menyampaikan, bahwa penyesuaian harga ini juga sudah sesuai regulasi Kepmen 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU).

Kenaikan harga BBM hanya untuk BBM bersubsidi. Sedangkan untuk BBM non subsidi lainnya berupa Pertamax dan Pertalite tidak mengalami penyesuaian harga.

Artikel ini telah terbit di Ulasa.co dengan judul “Harga BBM Pertamax Turbo, Dex serta Dexlite Naik”.
Link: https://ulasan.co/harga-bbm-pertamax-turbo-dex-serta-dexlite-naik/

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *