Advertisement

Menjelang Ramadhan, Harga Ayam Potong dan Daging Sapi Naik

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
04 Maret 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Harga ayam potong dan daging sapi segar menjelang Ramadhan naik di Pasar Barek Motor, Kecamatan Bintan Timur, Bintan, Kepulauan Riau, pada Kamis (03/03).

Kenaikan harga ayam potong Rp 4000 per kilogram (kg). Dari harga sebelumnya yang sebesar Rp 38.000, kini harga ayam potong harganya menjadi Rp 42.000 per kg.

Baca juga: Harga Elpiji Baru Nonsubsidi Mulai Berlaku di Tanjungpinang

Sementara untuk harga daging sapi segar mengalami kenaikan Rp 5.000 per kg. Dari harga sebelumnya yang sebesar Rp 135.000, kini harganya menjadi Rp 140 ribu per kg.

Kenaikan harga daging sapi segar, kata Sandi Purnama Putra, salah satu penjual daging di pasar Bintan, disebabkan pengiriman sapi hidup yang juga mengalami kenaikan.

Hanya saja, dirinya enggan membeberkan berapa besaran kenaikan harga sapi hidup sekaligus dengan biaya pengiriman sapi hidup dari Pulau Jawa ke Tanjungpinang.

“Cari sapi hidup sudah susah. Ditambah lagi, angin mulai kencang. Baru dua hari ini harga daging sapi segar dan harganya naik Rp5 ribu per kg,” ucap Sandi.

Baca juga: Harga LPG 3 Kg Tetap Meski Minyak Dunia Melambung Tinggi

Kenaikan harga daging sapi segar tidak berdampak pada harga jeroan-jeroan sapi. Untuk harga tulang iga masih Rp 110000 per kg, tulang punggung dan leher Rp 80.000 kg.

Begitu juga untuk harga jantung dan hati Rp 100.000 ribu per kg dan babat Rp 60.000 per kg. Berbeda dengan daging beku tidak mengalami kenaikan harga masih Rp 100.000 ribu per kg.

Sementara harga ayam, Dewi pedagang lainnya menjelaskan, kenaikan harga ayam potong bertahap, mulai naik harga Rp 2.000 per kg, dari harga Rp 38.000 ribu menjadi Rp 40.000.

Kemudian kembali naik lagi Rp 2.000 dari Rp 40.000 menjadi Rp 42.000 per kg. Seperti diketahui, harga ayam potong memang cenderung tidak stabil akhir-akhir ini.

“Baru ini. Saya tidak tau penyebab naiknya ayam potong. Dari sana (distributor) sudah naik. Saya jual naik juga,” kata dia.

Baca juga: Pertamina, Harga Elpiji Nonsubsidi Naik Per 27 Februari 2022

Eko seorang pembeli merasa keberatan dengan harga ayam potong yang naik. “Ekonomi sedang sulit, daging ayam naik. Kalau daging sapi segar memang jarang beli,” katanya.

Ia berharap, pemerintah bisa menstabilkan harga ayam potong dan daging sapi segar di pasar. “Kalau bisa jangan memberatkan masyarakat di tengah kondisi ekonomi sedang susah,” katanya.


Artikel ini telah terbit di Ulasan.co dengan judul “Duh! Harga Ayam Potong dan Daging Sapi Segar Naik Pasar Barek Motor”.

Link: https://ulasan.co/duh-harga-ayam-potong-dan-daging-sapi-segar-naik-pasar-barek-motor/2/

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *