Advertisement

Harga LPG 3 Kg Tetap Meski Minyak Dunia Melambung Tinggi

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
04 Maret 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Harga LPG 3 Kg atau yang sering disebut sebagai gas melon tetap tidak naik meski harga minyak dunia sedang melambung tinggi. Tidak seperti harga gas LPG nonsubsidi.

Tren harga Contract Price Aramco (CPA) cenderung naik sejak 2021, bahkan kenaikan CPA mencapai 21 persen. Pada februari 2022 lalu harga CPA mencapai 775 USD/Metrik Ton (MT).

Baca juga: Harga Emas Antam 4 Maret 2022, Naik ke Rp 990 Ribu per Gram

Kenaikan harga disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor dominan adalah kondisi geopolitik yang memanas di Eropa Timur antara Rusia dan Ukraina.

Namun pemerintah dan Pertamina memutuskan untuk tidak menaikkan harga LPG subsidi 3 kg. Tidak diketahui secara pasti kenapa harga LPG tersebut tidak naik.

LPG subsidi 3 kg porsi konsumsinya saat ini sekitar 93% dari total konsumsi LPG nasional. Bagi masyarakat yang kurang mampu, pemerintah memberikan subsidi sekitar Rp11.000 per kg.

Sehingga masyarakat tetap dapat membeli LPG subsidi tersebut dengan harga yang terjangkau. Tidak seperti LGP nonsubsidi yang harganya jauh lebih tinggi seperti Bright Gas.

“Jadi meski tren CPA terus meningkat, LPG subsidi 3 kg tidak mengalami perubahan harga. Harga LPG subsidi 3 kg tetap mengacu pada Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.” tegas PJS Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, dalam rilisnya.

Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina memastikan penyesuaian harga hanya berlaku untuk LPG non subsidi seperti Bright Gas yang porsi konsumsinya 7%.

Hanya LPG nonsubsidi yang naik dan kenaikannya sudah berlangsung sejak 27 Februari 2022. Kenaikan harga LPG nonsubsidi ini juga juga mempertimbangkan kondisi dan kemampuan pasar.

Baca juga: Harga BBM Naik, Berikut Harga Pertamax Turbo, Dex & Dexlite

Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga, menaikkan harga elpiji nonsubsidi untuk menyesuaikan dengan harga minyak dan gas bumi di pasar global.

“Penyesuaian ini dilakukan mengikuti perkembangan terkini dari industri besar minyak dan gas,” kata Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.


Artikel ini telah terbit di Siberindo.co dengan judul “Harga LPG 3 Kg Tetap Meski Minyak Dunia Melambung Tinggi”.

Link: https://siberindo.co/04/03/2022/harga-lpg-3-kg-tetap-meski-minyak-dunia-melambung-tinggi/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *