Google Bard, ChatGPT Versi Google Resmi Diluncurkan, Lebih Baik Mana?

Hanif 23 Mar 2023 3 Menit 0

ADVERTISEMENT

Setelah sebelumnya chatbot AI Google Bard hanya tersedia untuk pengguna G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education, kini akses Google Bard dibuka untuk semua pengguna Google.

Google Bard dikembangkan oleh mesin pencari terbesar di dunia, Google, dan memiliki teknologi canggih seperti Image Understanding dan Speech Recognition untuk memproses konten multimedia.

Sejak Selasa (21/3) yang lalu, pengguna telah dapat mendaftar dalam daftar tunggu untuk mendapatkan akses ke Bard. Akses ini dibuka terhadap pengguna di negara tertentu, seperti Amerika Serikat.

Platform ini diklaim memiliki manfaat dalam membantu pengguna membuat dan menulis esai, merencanakan acara baby shower, serta memberikan ide makan siang berdasarkan bahan-bahan yang ada di kulkas. Menurut perwakilan perusahaan, Bard akan menjadi pengalaman yang terpisah dan akan melengkapi layanan Google Search.

Ketika team kami berusaha untuk mencoabnya, tertera bahawa Google Bard belum hadir di negara sini. Namun, ini bisa disiasati dengan menggunakan VPN untuk mengaksesnya.

Selain itu, beberapa pengguna dari luar negeri juga sudah memberikan perbandingan antara Google Bard dengan Chat GPT. Bagaimana perbandingannya?

Meskipun baru dirilis dalam waktu yang singkat, pengguna dari luar negeri sudah mulai memberikan perbandingan antara Google Bard dan ChatGPT. Berikut adalah beberapa poin perbandingan yang dapat dipertimbangkan:

Teknologi

Kedua platform ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang sama, yaitu Transformer Architecture. GPT-3 (Generative Pre-trained Transformer 3) adalah model bahasa canggih yang menggunakan algoritma deep learning untuk menghasilkan teks yang menyerupai manusia berdasarkan input yang diberikan kepadanya.

Namun, Google Bard unggul karena memiliki teknologi tambahan seperti Image Understanding dan Speech Recognition, yang memungkinkan sistem untuk memahami dan memproses konten multimedia seperti gambar dan video.

Hal ini menjadi keunggulan yang signifikan dari ChatGPT, yang hanya dapat memproses teks.

Kreativitas:

Kreativitas adalah salah satu aspek yang penting dalam menghasilkan teks yang menarik dan bermakna. Beberapa pengguna telah memberikan umpan balik bahwa Google Bard lebih kreatif dalam menghasilkan teks daripada ChatGPT, dan memberikan saran-saran yang lebih unik dan menarik.

Terbukti, dalam beberapa pengujian hasil yang diberikan oleh Bard seringkali lebih menarik dan menghibur. Tidak jarang Bard juga bisa bisa menjawab perntanyaan dengan lelucon.

Faktualitas

Keakuratan dan faktualitas adalah hal yang penting dalam menghasilkan teks yang berkualitas. Pengguna yang telah mencoba kedua platform ini mengatakan bahwa keduanya memberikan hasil yang cukup akurat, namun Google Bard sedikit lebih baik dalam memahami konteks dan memberikan jawaban yang lebih relevan.

Dengan kemampuan crawling dari Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, hal ini tentu bukan sesuatu yang msutahil.

Dukungan Bahasa

Google Bard saat ini hanya mendukung Bahasa Inggris dengan rencana untuk menambah bahasa lainnya di masa depan. Sedangkan ChatGPT sekarang sudah mendukung bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, dan Indonesia.

Namun, tingkat kefasihan ChatGPT dalam setiap bahasa mungkin berbeda tergantung pada data pelatihan yang tersedia dan kompleksitas topik yang dibahas.

Dalam kesimpulannya, Google Bard memiliki teknologi yang lebih canggih, kreativitas yang lebih tinggi, lebih akurat dalam memahami konteks daripada ChatGPT.

Satu-satunya kekurangan dari Google Bard adalah dukungan Bahasa yang masih belum mencakup Bahasa Indonesia. Namun speertinya tidak perlu menunggu waktu lama sebelum Google Bard juga mendukung Bahasa Indoensia.

Melalui pernyataannya, Google masih akan terus mengembangkan chatbot ini lebih jauh lagi.

Meskipun demikian, masih perlu waktu untuk melihat bagaimana keduanya akan berkembang di masa depan, dan masing-masing dapat memiliki keunggulan di bidang yang berbeda-beda.

Segera daftarkan dirimu dalam waiting list Google Bard untuk segera bisa menggunakan Bard dalam Bahasa Indonesia.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Internet atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


Referensi

  • An important next step on our AI journey – https://blog.google/technology/ai/bard-google-ai-search-updates/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *