Advertisement

Cek Resi Dakota Cargo 2022, Lacak Pengiriman Cepat & Akurat

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
24 Januari 2022
Waktu membaca
5 Menit

Lacak pengiriman cargo kamu dengan cepat melalui cek resi Dakota Cargo. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari lewat web resmi Dakota Cargo, aplikasi, hingga web pihak ketiga.

Cara cek resi Dakota Cargo sebenarnya tidak berbeda jauh dengan misalnya cara cek resi Aliexpress, cek resi JD.ID, atau cek resi DHL Express dan beberapa jasa ekspedisi lainnya.

Dengan mengecek resi, maka kamu bisa mengetahui paket yang sedang kamu kirimkan sudah sampai mana. Apakah masih di drop point kota tujuan atau sedang diantar oleh kurir ke penerima.

Ada satu hal yang harus diketahui sebelum cek resi Dakota Cargo, yaitu nomor resi pengiriman itu sendiri. Oleh karena itu, simak lebih dulu cara mengetahui nomor resi Dakota Cargo.

Cara Mengetahui Nomor Resi Dakota Cargo

Agar bisa mengecek resi Dakota Cargo, maka kamu harus lebih dulu tahu nomer resi pengiriman tersebut. Tanpa nomor resi tersebut, kamu tidak akan bisa mengecek resi Dakota Cargo.

Cara mengetahui nomor resi Dakota Cargo sendiri sangat mudah. Nomer resi biasanya ada persis di bawah barcode bukti tanda terima pengiriman paket. Terdiri dari 16 digit angka dan huruf.

Letak Nomor Resi

Gambar tersebut merupakan salah satu contoh tanda bukti pengriman Dakota Cargo. Kamu pasti akan mendapat tanda bukti yang sama setelah mengirim paket melalui Dakota Cargo.

Nomor yang diawali 1000 sesuai arah panah adalah nomor resi Dakota Cargo. Selain itu, di atas barcode juga terlihat jelas ada keterangan Nomor Resi Pengiriman 😃

Cek Resi Dakota Cargo

Cek resi Dakota Cargo sangat mudah, simpel, dan cepat. Siapkan saja nomor resinya dan pastikan sudah benar. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini cara cek resi Dakota Cargo.

1. Buka Web Resmi Dakota Cargo

Buka saja web resmi Dakota Cargo https://www.dakotacargo.co.id. Pastikan alamat website sudah benar. Jika ada satu huruf saja yang salah atau keliru, bisa gagal atau eror.

Web Resmi Dakota Cargo

2. Masukkan Nomor Resi

Setelah berhasil masuk ke website resmi Dakota Cargo, langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor resi ke kolom yang sudah disediakan. Pastikan nomor resi sudah benar.

Masukkan Nomor Resi Dakota Cargo

3. Klik Cari

Terakhir, setelah memasukkan nomor resi, klik saja tombol yang bertulisakan Cari. Jika tidak terjadi eror, maka akan keluar. Bagaimana? Sangat mudah bukan cek resi Dakota Cargo.

Cek Resi Dakota Cargo - Klik Cari

Jika muncul eror atau resi tidak ditemukan setelah kamu klik cari, maka cek kembali resi yang sudah kamu masukkan tadi. Apakah memang sudah benar. Barangkali ada satu yang keliru.

Selain itu, pastikan juga kamu memiliki koneksi internet yang sedang tidak mengalami gangguan. Jika koneksi internet kamu mengalami gangguan juga bisa jadi penyebab gagal cek resi.

Cek Resi Dakota Cargo Lewat Aplikasi

Selain lewat website resmi Dakota Cargo, cara cek resi Dakota Cargo juga bisa lewat aplikasi. Berikut ini cara cek resi Dakota Cargo lewat aplikasi Lacak Paket;

1. Install Aplikasi Lacak Paket

Pastikan koneksi internet tidak mengalami gangguan saat proses instalasi aplikasi. Proses instalasi bisa gagal jika koneksi internet mengalami gangguan atau habis kuota. Selain itu, proses instalasi juga bisa gagal jika penyimpanan atau storgae HP penuh.

Aplikasi Lacak Paket atau Resi

2. Buka Aplikasi Lacak Paket

Setelah proses instalasi selesai, buka saja aplikasi Lacak Paket tersebut. Untuk dapat cek resi melalui aplikasi ini tidak perlu pendaftaran dan semacamnya lebih dulu. Apalagi dipungut biaya, sama sekali tidak. Aplikasi ini bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis.

Buka Aplikasi Lacak Paket atau Cek Resi

3. Pilih Ikon +

Setelah masuk ke aplikasi, langsung saja pilih atau klik ikon + yang ada di pojok kanan atas. Maka akan muncul beberapa kolom yang harus diisi jika mau cek resi.

Pilih Ikon + Cek Resi

4. Masukkan Nomor Resi

Masukkan nomor resi pada kolom yang sudah tersedia, wajib. Bisa juga dengan metode scan barcode. Pilih salah satu saja. Pastikan nomor resi yang dimasukkan juga benar.

Masukkan Nomor Resi Dakota Cargo

5. Pilih Jasa Pengiriman

Setelah memasukkan nomor resi, langkah selanjutnya adalah memilih jasa pengiriman. Aplikasi Lacak Paket memungkinkan penggunanya untuk melacak paket dari berbagai ekspedisi. Seperti misalnya JNE, JNE, SICepat, ID Express, dan masih banyak lagi. Pilih saja Dakota Cargo.

Pilih Jasa Pengiriman Dakota Cargo

6. Klik Tombol Lacak

Terakhir, tinggal klik tombol Lacak. Jika tidak ada gangguan apa pun, maka akan terlihat informasi terkait paket yang sedang dikirim. Sampai di sini, cek resi Dakota Cargo lewat aplikasi sudah selesai.

Pilih Lacak

Selain kolom Masukkan Nomor Resi dan Pilih Jasa Pengiriman, sebenarnya ada satu lagi kolom, yaitu kolom Catatan. Namun, kolom catatan tersebut bisa kamu kosongkan.

Cek Resi Dakota Cargo Lewat Web Pihak Ketiga

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk mengecek resi Dakota Cargo adalah melalui web pihak ketiga. Selain web resmi, ada juga beberapa web yang menyediakan tools untuk mengecek resi.

Seperti web Plugin Ongkos Kirim (https://pluginongkoskirim.com). Web tersebut menyediakan tools untuk cek resi berbagai jasa ekspedisi, seperti JNE, J&T, Lion Parcel, Wahana, AnterAja, Tiki, POS Indonesia, dan masih banyak lagi.

Cara cek resi lewat web pihak ketiga sendiri biasanya sangat mudah. Hampir sama dengan lewat aplikasi, kamu hanya tinggal memasukkan nomer resi dan jasa pengirimannya saja.

Namun, kami sarankan untuk tetap menggunakan website resmi dari Dakota Cargo saja. Selain benar-benar aman, akuransinya juga kemungkinan besar jauh lebih tinggi atau tepat dan akurat.

Tentang Dakota Cargo

Seperti namanya, Dakota Cargo adalah penyedia jasa pengiriman dalam jumlah yang cukup besar, biasa disebut cargo. Dakota Cargo melayani pengiriman lewat darat, laut, dan udara.

Hingga saat ini Dakota Cargo memiliki setidaknya 8 layanan, yaitu reguler, two day servies, top urgent, charter service, document service, door to door, dan door to port.

Kantor pusat Dakota Cargo sendiri ada di Jalan Wibawa Mukti II No.8 Jati Asih, Bekasi. Cabangnya sudah tersebar di beberapa daerah. Terutama di kota-kota besar yang ada di pulau Jawa.

FAQ

  • Berapa lama pengiriman Dakota Cargo?

Tergantung layanan yang dipakai. Jika memakai layanan reguler, estimasi sampai kurang lebih 3-4 hari kerja. Jika two day services, estimasi sampai 2 hari kerja. Sedangkan jika memakai top urgent, estimasi paket sampai adalah 1×24 jam atau 1 hari kerja.

  • Bagaimana perhitungan volume Dacota Cargo?

Panjang x Lebar x Tinggi : 4000. Misal 250 x 100 x 100 : 4000 = 625 kg. 250 adalah panjang, 100 yang pertama adalah lebar, dan 100 yang kedua adalah tinggi. kemudian dibagi 4000.

  • Apakah Dakota Cargo bisa pick up?

Bisa, Dakota Cargo bisa pick up. Dakota Cargo punya layanan yang namanya Door To Door. Layanan tersebut adalah pick up atau jemput paket dari Dakota Cargo.

Akhir Kata

Demikian cara cek resi Dakota Cargo. Sangat mudah dan simpel bukan? Kamu hanya tinggal masukkan nomor resi saja. Kecuali jika kamu memakai aplikasi atau situs web ketiga.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami PintarJualan.id dan membaca artikel cek resi Dakota Cargo ini sampai selesai. Share juga jangan lupa, semoga bermanfaat 🙂

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *