Mengirim barang melalui J&T Express kini jadi lebih mudah dan praktis. Pilihan layanan yang ditawarkan juga semakin beragam untuk menjawab setiap kebutuhan pelanggan.
Karena itu, dalam postingan ini sudah terangkum rapi beberapa poin penting seputar pengiriman menggunakan J&T Express. Di antaranya adalah:
- Syarat dan ketentuan pengiriman J&T Express,
- Cara kirim paket mulai dari awal hingga lacak resi.
Sebelum masuk ke topik bahasan, ketuk Bookmark (â) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar mudah diakses kembali. Jika sudah, mari kita mulai.
Syarat & Ketentuan Pengiriman J&T Express
Setiap pelanggan yang ingin mengirim barang via J&T wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan. Apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya:
- Pengirim barang wajib mengemas paket sesuai dengan standar J&T agar aman dan tidak terjadi kerusakan. Apabila ditemukan kasus terjadi kerusakan akibat pengemasan yang kurang sempurna, maka pihak J&T tidak akan menanggung ganti rugi melainkan pihak pengirim itu sendiri.
- Penghitungan berat paket yang digunakan adalah berat asli atau dimensi (jika lebih besar). Apabila pelanggan meminta pihak J&T untuk mengemasnya, maka berat yang dihitung adalah barang setelah dikemas ulang.
- Pengirim wajib mencantumkan data isi & nilai barang dengan benar. Apabila barang yang dikirim tidak sesuai, maka tanggung jawab sepenuhnya berada di pihak pengirim.
- Pengiriman barang J&T Express tidak dijamin selalu lancar dan layak. Ada kemungkinan-kemungkinan yang di luar kendali kurir J&T yang mengakibatkan barang rusak.
- Apabila terjadi kerusakan barang akibat pengiriman oleh kurir J&T, maka pihak pengirim dapat mengajukan klaim garansi. Ganti rugi maksimal 10x ongkos kirim atau senilai barang yang dikirim (maksimal Rp1 juta). Apabila menggunakan asuransi, maka bisa mendapat ganti rugi hingga maksimal Rp20 juta.
- Pihak J&T Express tidak dapat mengganti rugi apabila terjadi kerusakan akibat kejadian di luar kendali (force majure).
- Jika tidak ada laporan komplain setelah barang diserahkan, maka pengiriman tersebut dianggap sudah selesai.
Nah, jika kamu sudah memenuhi persyaratan di atas, maka berikutnya tinggal menerapkan langkah demi langkah untuk pengirimannya. Baca sesi berikut ini, ya..
Cara Praktis Mengirim Barang via J&T Express
Pengiriman barang menggunakan layanan J&T Express terbilang cukup mudah dan praktis. Estimasi waktu sampainya pun bisa dibilang cepat dan tepat waktu (rata-rata 2-3 hari untuk layanan reguler).
Pengiriman dapat dilakukan ke seluruh wilayah di Indonesia. Ada beberapa layanan khusus yang disediakan oleh J&T agar lebih fleksibel (J&T ECO dan J&T Super),
Untuk pengirimannya sendiri, langkah-langkahnya juga simpel:
- Hitung ongkos kirimnya dulu (untuk persiapan biaya),
- Kemas barang sesuai standar yang telah ditetapkan,
- Cari dan datangi drop point J&T paling dekat,
- Pilih layanan J&T Express yang diinginkan,
- Lacak kiriman tersebut sampai mana,
- Barang sudah diterima dengan selamat.
Berikut rincian penjelasannya..
ADVERTISEMENTS
1. Cek & Hitung Ongkos Kirim J&T
Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menghitung biaya ongkos kirim yang akan dikeluarkan. Supaya kamu bisa menyiapkan uangnya sesuai dengan tarif yang berlaku.
Untuk penghitungan ongkos kirim, ikuti petunjuk di bawah ini:
- Buka laman cek tarif berikut â pluginongkoskirim.com/cek-tarif-ongkir
- Isikan nama kota asal, kota tujuan, dan berat barang.
- Jika sudah, ketuk tombol Cek Tarif.
- Selesai! â
Atau jika ingin lebih komplit, kamu bisa gunakan situs resmi J&T untuk pengecekan ongkos kirim, yaitu:
Pada laman tersebut, kamu dapat mengisi data dengan lebih lengkap, yaitu: (1) Kota asal, (2) Kota tujuan, (3) Berat (Kg), (4) Asuransi, (5) Dimensi barang. Dengan begitu, perhitungannya akan jauh lebih akurat dan sesuai dengan tarif standar J&T Express.
ADVERTISEMENTS
2. Packing Barang Sesuai Standar J&T
Standar pengemasan barang J&T Express sudah dibuat dan setiap pelanggan yang ingin mengirim barang, wajib mengikuti aturan tersebut. Pihak J&T juga sudah mencantumkan panduan praktisnya lewat website resmi mereka.
Apabila kamu ingin cari tau lebih lanjut, silakan ikuti petunjuk di laman berikut:
- https://www.jet.co.id/information/packaging
Bila kami ringkas, ada beberapa tipe pengemasan yang bisa dilakukan, yaitu (1) Barang yang besar dan panjang, (2) Barang elektronik, (3) Barang cairan dan pecah belah.
Packing barang besar dan panjang:
- Barang dikemas lapis dobel (plastik, kardus) dengan ketebalan yang aman,
- Sebelum dilapisi kemasan terluar, diberi perlindungan bubble wrap terlebih dulu,
- Pastikan kemasan tersebut benar-benar rapat agar tidak terjadi goncangan.
Packing barang elektronik:
- Disarankan untuk menggunakan kemasan lapis dobel berbahan kardus dan kayu,
- Setiap barang dan kemasan dalam wajib diberi lapisan perlindungan bubble wrap 3-5 lapis,
- Setiap sudut barang dilindungi dengan bahan PE Foam untuk meredam goncangan,
- Kardus yang dipakai wajib pas dan sesuai dengan barang, tidak renggang.
Packing barang cairan dan pecah belah:
- Barang dikemas lapis dobel (plastik, kardus) dengan ketebalan yang aman,
- Setiap barang dan kemasan dalam wajib diberi lapisan perlindungan bubble wrap 3-5 lapis,
- Setiap sudut barang dilindungi dengan bahan PE Foam untuk meredam goncangan,
- Kardus yang dipakai wajib pas dan sesuai dengan barang, tidak renggang.
Selain itu, pengirim juga wajib menempel informasi barang pada label pengiriman. Label pengiriman ini juga punya aturan baku dari J&T Express, yakni:
- Ditempel pada permukaan rata dan dilapisi menggunakan selotip bening,
- Wajib dilapisi plastik agar tidak rusak saat terkena air,
- Penempelan dilakukan merata (tidak menggelembung).
Baca juga topik serupa:
Baca Juga
ADVERTISEMENTS
3. Cari Drop Point J&T Paling Dekat
Setelah barang dikemas dengan baik dan benar, saatnya untuk pergi ke drop point (cabang) J&T Express di dekat lokasi kamu saat ini. Kamu bisa langsung cari lewat bantuan aplikasi Google Maps.
Caranya, cukup ketik “J&T dekat sini” pada kolom pencarian Gmaps, maka akan muncul daftar kantor J&T di sekitarmu. Pastikan untuk mengaktifkan fitur GPS di ponsel agar posisinya akurat.
Atau, kamu juga dapat menggunakan situs resmi J&T Express untuk lacak lokasi kantor terdekat. Caranya tinggal mengunjungi link berikut:
- https://www.jet.co.id/finddroppoint
Setelah itu, masukkan nama kota dan pilih kecamatan terdekat, lalu ketuk tombol Cari. Maka di situ akan muncul beberapa opsi lokasi agen yang bisa kamu datangi.
ADVERTISEMENTS
4. Pilih Layanan J&T Express
Lalu, apa yang dilakukan saat kamu datang ke kantor J&T? Ya, melakukan order layanan pengiriman. Langkah-langkahnya cukup simpel, kok. Berikut alur ringkasnya:
- Bilang kepada CS bahwa kamu ingin mengirim barang,
- Pihak CS akan menimbang berat barang lalu mendata pengiriman:
- Alamat pengirim,
- Alamat penerima,
- Jenis layanan yang dipilih.
- Bayar sesuai dengan tarif ongkos kirim yang berlaku.
- Selesai! Kamu akan mendapatkan nota resi pengiriman.
Nah, resi pengiriman ini nanti akan digunakan untuk melacak paket sudah sampai mana. Oh iya, bagi kamu yang belum tau layanan apa yang ditawarkan oleh J&T Express, berikut tipe-tipe yang bisa kamu pilih.
[su_list icon=”icon: check” icon_color=”#00d80d” indent=”20″]- J&T EZ (Reguler). Layanan reguler dengan estimasi waktu sampai 2-3 hari. Bisa kirim ke seluruh wilayah Indonesia.
- J&T ECO (Economy). Layanan ekonomi dengan estimasi waktu sampai 5-14 hari. Hanya untuk wilayah Pulau Jawa dengan tujuan kirim ke Pulau Bali, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.
- J&T Super (Express). Layanan express dengan estimasi waktu sampai 1-2 hari. Hanya untuk wilayah Jabodetabek. Paket yang dikirim sebelum jam 10 pagi akan diterima di hari yang sama (di atas itu, paket akan diterima di hari berikutnya sebelum jam 12 siang).
5. Lacak Kiriman J&T Sampai Mana
Setelah mendapatkan struk berupa resi pengiriman, kamu dapat mengecek barang tersebut sudah sampai mana. Tentu setelah 1 hari ya, karena data yang diinput membutuhkan waktu untuk diproses.
(Jangan lupa untuk beri tau penerima barang nomor resi tersebut, agar mereka bisa mengeceknya sendiri.)
Langkah-langkahnya mudah. Kamu tinggal menuju ke laman situs J&T untuk lacak paket, di sini:
- https://www.jet.co.id/track
Pada laman tersebut, kamu bisa langsung masukkan nomor resi di kolom yang tersedia. Maksimal bisa memasukkan 10 nomor resi secara bersamaan (dipisahkan menggunakan tanda koma “,”).
Setelah mengetuk tombol Cari, kamu akan menjumpai sederet informasi pengiriman dan pelacakan. Mulai dari informasi barang, kota asal, kota tujuan, hingga riwayat pengiriman barang sudah sampai mana.
Bagi kamu yang butuh panduan khusus, kami sudah menyiapkannya untuk itu. Baca di sini ya: Arti & Istilah Pengiriman J&T Express (Beserta Contoh dan Penjelasan Komplit).
6. Barang Sudah Sampai Tujuan
Apabila barang sudah sampai tujuan dan tidak ada komplain, maka pihak J&T menganggapnya tidak ada masalah. Namun sejauh ini kami belum mendapat informasi berapa lama batas waktunya.
Tapi yang jelas, apabila terjadi beberapa masalah seperti:
- Barang yang dikirim rusak/cacat padahal packing sudah aman,
- Barang yang dikirim ternyata hilang dan tidak ditemukan di cabang lain,
- Terjadi keterlambatan pengiriman hingga melebihi batas estimasi.
Jika sudah seperti ini, maka kamu dapat mengajukan komplain kepada pihak J&T. Kami sudah membuatkan panduan praktisnya agar komplain kamu bisa cepat ditanggapi, baca di sini:
Sekali lagi kami ingatkan, selalu gunakan asuransi dari J&T. Supaya jika terjadi kerusakan atau kehilangan, kamu dapat mengklaim ganti rugi senilai barang yang dikirim (hingga Rp20 juta).
Rangkuman
Bagaimana, cara mengirim barang J&T Express terbilang cukup praktis, bukan? Meski terlihat panjang, namun sebenarnya langkah-langkahnya mudah dan selalu ada panduan dari pihak agen/CS.
Untuk merekap penjelasan topik kita kali ini, berikut beberapa poin penting yang perlu diingat:
[su_note]- Selalu patuhi syarat dan ketentuan pengiriman J&T Express agar aman dan lancar, terutama pada packing sesuai dengan jenis barang yang dikirim.
- Saat mengirim barang J&T, kamu juga dapat menggunakan fitur “Pick Up” yang bisa dipakai lewat aplikasi mobile. Atau, kunjungi website resmi di jet.co.id dan registrasi akun terlebih dulu sebelum order.
- Kami selalu menghimbau agar menggunakan asuransi untuk memudahkan proses klaim garansi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.
Dari penjelasan di atas, bagian mana yang belum jelas? Jika ada, tanyakan kepada kami lewat kolom komentar di bawah, ya. Supaya bisa langsung kami jawab dan carikan solusinya.
Mungkin cukup sampai di sini, jangan lupa ketuk Bookmark (â) untuk menyimpan postingan ini agar mudah diakses kembali. Follow IG (?) kami di @PintarJualan.id untuk terhubung dan diskusi seru.
Akhir kata, semoga membantu yaa~ ?