Cara Membuat Notifikasi Whatsapp Suara Google Tanpa Aplikasi

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
20 Desember 2021
Waktu membaca
4 Menit

Tidak cuma dengan suara yang unik dan lucu, notifikasi Whatsapp juga bisa dibuat menjadi seperti suara Google. Jika belum tahu cara membuatnya, pada artikel ini kami akan memberikan langkah-langkah cara membuat notifikasi Whatsapp suara Google tanpa aplikasi.

Belum lama ini, kami juga membuat artikel terkait cara download nada dering lucu untuk Whatsapp. Anda bisa membaca artikel kami Cara Download Nada Dering WA Lucu Terbaru, Gratis dan Aman jika ingin mengetahui cara download nada dering lucu untuk Whatsapp.

Kembali ke cara membuat notifikasi Whatsapp menjadi suara Google. Selain memberi langkah-langkah cara membuatnya, kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul terkait dengan cara membuat notifikasi Whatsapp secara umum.

Seperti misalnya, bagaimana cara membuat notifikasi WA dengan suara sendiri tanpa aplikasi dan sebagainya. Oleh karena itu, simak terus artikel Cara Membuat Notifikasi Whatsapp Suara Google Tanpa Aplikasi ini sampai selesai.

Membuat Notifikasi Whatsapp dengan Suara Google

Hanya sedikit pengantar, jangan lupa untuk menyiapkan koneksi jaringan internet. Baik dengan Wifi atau dengan jaringan internet GSM biasa seperti Telkomsel atau XL.

Langkah 1 – Cara Membuat Suara Google

Langkah pertama yang musti dilakukan untuk membuat notifikasi Whatsapp menjadi suara Google adalah membuat kata atau kalimat yang diinginkan menjadi suara Google. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat kata atau kalimat menjadi suara Google.

  1. Buka Google Chrome atau search engine lain seperti Mozilla, Microsoft Edge, Opera, Brave, dan seterusnya;
  2. Ketikkan “Botika” di kolom pencarian search engine tersebut;
  3. Pilih “Botika Text To Speech”, biasanya ada di peringakat pertama pencarian Google;
  4. Setelah Botika Text to Speech terbuka, scrool ke bawah. Ketikkan pada kolom pada kolom Text to Speech kata atau kalimat yang akan dibuat menjadi suara Google;
  5. Setelah itu, pilih jenis suara Google yang akan digunakan. Botika menyediakan jenis suara Female 1 – Mature, Professional dan Female 2 – Youngster, Fast;
  6. Ceklist i’am not robot;
  7. Plih Play untuk mencoba suara atau pilih Logo seperti Google Drive untuk mendownload suara tersebut;
  8. Selesai.

Sedikit catatan, setelah mendowload notifikasi suara Google yang telah dibuat tersebut, jangan lupa untuk mengingat nama file dan di mana file tersebut tersimpan. Seperti misalnya, nama file adalah “Notifikasi Suara Google” dan tersimpan di folder “Download”.

Langkah 2 – Membuat Media Notifikasi Suara Google

Setelah langkah yang pertama selesai dan berhasil, maka langkah yang kedua adalah membuat media notifikasi suara Google yang sudah dibuat tersebut. Langkah ini musti dilakukan agar suara Google yang sudah dibuat tersebut terdeteksi sebagai notifikasi Whastapp.

  1. Buka “File Manager” di HP;
  2. Pilih “Penyimpanan” atau “Storage” internal;
  3. Buat folder dengan nama “Media”;
  4. Di dalam folder Media, buat lagi folder dengan nama “Ringtones” dan “Notification”;
  5. Setelah itu, salin atau pindah file suara Google yang sudah dibuat tadi ke folder “Notification” tersebut;
  6. Selesai.

Sedikit catatan tambahan, pastikan nama-nama folder yang dibuat tadi adalah “Media”, “Ringtones” dan “Notification” agar terbaca sebagai notifikasi Whatsapp. Jika tidak, maka besar kemungkinan tidak akan terbaca sebagai notifikasi Whatsapp.

 

 

Langkah 3 – Atur Suara Google Jadi Notifikasi Whatsapp

Setelah membuat suara Google dan media notifikasi untuk suara Google tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengatur suara Google menjadi notifikasi Whatsapp. Berikut ini adalah langkah-langkah mengatur suara Google menjadi notifikasi Whatsapp.

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Plih tanda “Titik Tiga” yang berada di pojok kanan atas Whastapp;
  3. Setelah itu pilih “Notifikasi” yang bertanda mirip lonceng.
  4. Akan muncul pengaturan nada atau tone notifikasi untuk “Pesan Pribadi”, “Grup”, dan “Panggilan”. Jika ingin menjadikan suara Google yang dibuat tadi menjadi notifikasi ketika ada pesan pribadi maka pilih “Nada Notifikasi” untuk “Pesan Pribadi”.
  5. Setelah itu, pilih “Pilih File Dari”. Pilih suara Google yang dibuat dengan nama misalnya “Notifikasi Suara Google” tadi menjadi nada untuk notifikasi pesan pribadi;
  6. Selesai.

Jika ingin menjadikan suara Google yang sudah dibuat tadi untuk “Notifikasi Grup” atau “Notifikasi Panggilan”, maka tinggal ubah notifikasi-notifikasi tersebut dengan notifikasi suara Google yang sudah dibuat tadi melalui pengaturan notifikasi yang sama.

Sampai di sini, cara membuat notifikasi Whatsapp suara Google tanpa aplikasi sebenarnya sudah selesai. Tinggal pilih notifikasi suara Google yang sudah dibuat tersebut akan digunakan untuk notifikasi apa. Pesan pribadi, grup, atau panggilan, semuanya bisa.

 

Bisakah Membuat Notifikasi Whatsapp dengan Suara Sendiri?

Apakah kita bisa membuat notifikasi Whatsapp dengan suara sendiri? Jawabannya sangat bisa. Caranya hampir sama dengan cara membuat notifikasi Whatsapp suara Google tanpa aplikasi. Berikut ini cara mudah membuat notifikasi Whatsapp dengan suara sendiri.

  1. Buat Voice Recorder atau rekam suara sendiri. Bisa dengan Voice Recorder bawaan HP atau aplikasi voice recorder yang ada di Play Store atau App Store. Sepertinya misalnya aplikasi voice recorder yang dibuat oleh Quality Apps atau Smart Mobi Tools.
  2. Buat folder untuk menyimpan rekaman suara tersebut. Caranya sama dengan cara membuat folder untuk notifikasi Whatsapp suara Google. Buat folder dengan nama Media, Ringtones, dan Notification. Jika folder sudah ada, masukkan saja rekaman suara ke folder tersebut.
  3. Terakhir, atur rekaman suara tersebut menjadi notifikasi Whatsapp. Pilih tanda titik tiga, pilih notifikasi, setelah itu tinggal atur notifikasi rekaman suara tersebut mau untuk notifikasi apa. Bisa untuk notifikasi pesan pribadi, grup, atau panggilan sekaligus.

Selain dengan suara sendiri, notifikasi atau nada dering Whatsapp juga bisa dengan misalnya menyebut nama kita sendiri. Caranya tinggal sesuaikan saja suara yang direkam tersebut menjadi nama kita sendiri. Setelah itu tinggal atur menjadi notifikasi atai nada dering Whatsapp.

FAQ

  • Bagaimana cara mengubah notifikasi WhatsApp atau WA dengan suara Google?

Caranya adalah dengan pilih tanda titik tiga pada pojok kanan atas pada Whatsapp. Kemudian pilih notifikasi yang berlogo mirip seperti lonceng. Setelah itu tinggal pilih notifikasi apa yang akan diubah. Apakah notifikasi untuk pesan pribadi, grup, atau panggilan.

Jika notifikasi yang akan diubah adalah notifikasi pesan pribadi, maka tinggal pilih nada notifikasi untuk pesan pribadi. Setelah itu pilih file yang akan dibuat notifikasi. Seperti misalnya, file hasil rekaman suara sendiri atau file suara Google yang sudah dibuat dan sebagainya.

  • Bagaimana cara membuat notifikasi atau nada dering Whatsapp sendiri?

Membuat notifikasi atau nada dering sendiri bisa dengan cara membuat voice recorder sendiri dan bisa dengan bantuan pihak ketiga, yaitu aplikasi dan website yang bisa menconvert teks menjadi suara. Seperti Botika yang bisa membuat teks menjadi suara seperti Google.

  • Bagaimana cara membuat nada dering nama sendiri?

Membuat nada dering nama sendiri bisa dengan cara merekam suara sendiri dengan menyebutkan nama kita sendiri. Seperti misalnya kita merekam suara “Nala, Nala, Nala, ada WA”. Setelah itu tinggal atur rekaman suara tersebut menjadi nada dering atau notifikasi Whatsapp.

 

 

Penutup

Demikian kira-kira cara membuat notifikasi Whatsapp suara Google tanpa aplikasi. Sedikitnya, ada tiga langkah yang harus dilakukan. Mulai dari membuat suara Google, kemudian membuat media notifikasi, dan terakhir mengatur suara Google menjadi notifikasi Whatsapp.

Satu suara Google yang sudah dibuat bisa untuk tiga notifikasi Whatsapp sekaligus. Bisa untuk (1) notifikasi pesan pribadi, (2) bisa untuk notifikasi pesan grup, dan (3) bisa juga untuk notifikasi panggilan atau call. Caranya tinggal atur saja melalui pengaturan notifikasi.

Terakhir, agar suara Google yang sudah dibuat terdeteksi sebagai notifikasi Whatsapp, jangan lupa untuk membuat folder penyimpanan notifikasi suara Google tersebut dengan nama Media, Ringtones, dan Notification. Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *