Cara Membuat Fanspage (Facebook Page) untuk Jualan Online [Praktis]

Ifan Prasya 24 Jun 2021 5 Menit 0

Jika kamu datang ke laman ini ketika mengetik kueri “cara membuat fanspage untuk jualan“, maka silakan baca postingan ini sampai habis, ya. Karena kami sudah menyiapkan jawaban komplit dari A-Z.

Untuk menjawabnya, kami mengumpulkan rangkuman yang mudah dipahami. Membahas poin-poin penting mengenai:

  • Apa itu Facebook Page?
  • Apa saja kegunaannya untuk bisnis,
  • Langkah-langkah membuat fanspage,
  • Detail halaman yang perlu dilengkapi.

Kalau kamu sudah siap belajar, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: definisi.

 

Apa itu Fanspage?

Fanspage (Facebook Page) adalah halaman khusus yang digunakan untuk keperluan organisasi atau bisnis. Berbeda dengan profil biasa yang berinteraksi dengan teman, fanpage lebih cenderung berinteraksi dengan fans.

Halaman Facebook ini berguna untuk mengumpulkan orang-orang yang memiliki minat sama terhadap sebuah brand, organisasi, klub sepakbola, artis, dan lainnya.

Kalau profil biasa, maka jumlah temannya terbatas (5.000 teman). Sedangkan, halaman bisnis dapat memiliki jumlah fans yang tidak terbatas. Sebanyak apapun, bisa ditampung.

Selain itu, halaman Facebook juga dapat digunakan untuk menayangkan iklan (Facebook Ads). Pun, dapat terhubung dengan akun Instagram dan menjalankan iklan di Instagram (Instagram Ads).

Selebihnya, di dalam halaman Facebook, kamu akan mendapatkan beragam fitur menarik:

  • Mencantumkan nomor kontak (WhatsApp) untuk pemesanan produk,
  • Menjalankan iklan di Facebook & Instagram secara bersamaan,
  • Mengetahui dengan komprehensif siapa audiens yang menyukai halaman,
  • Meningkatkan engagement (interaksi) dengan calon konsumen,
  • dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Lalu, bagaimana manfaatnya untuk keperluan bisnis? Terutama dalam pemasaran online (digital marketing)? Penjelasan selengkapnya bisa kamu baca di sesi kedua berikut ini.

Kegunaan Fanspage untuk Pemasaran Online

Facebook telah mendesain halaman bisnis sedemikian rupa. Tujuan utamanya, agar pelaku bisnis dapat mengembangkan usahanya lewat Facebook dengan lebih mudah dan praktis.

Kegunaan halaman Facebook untuk bisnis antara lain:

  • Jumlah fans tidak terbatas,
  • Lebih profesional dan meyakinkan,
  • Terintegrasi dengan FB & IG Ads,
  • Membangun komunitas dari nol,
  • Mendapat feedback langsung,
  • Meningkatkan brand awareness.

ADVERTISEMENTS

1. Jumlah Fans Tidak Terbatas

Berbeda dengan profil Facebook biasa (maksimal 5.000 teman), fans yang dapat mengikuti halaman bisnis tidak memiliki batas maksimum. Artinya, jutaan hingga milyaran pengikut dapat terakomodir di sini.

Karenanya, fanspage dapat memberikan kesempatan bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan komunitasnya dari nol. Membangun kepercayaan lewat konten-konten yang dipublikasikan secara reguler di halaman bisnis.

ADVERTISEMENTS

2. Lebih Profesional & Meyakinkan

Halaman bisnis tentu jauh lebih profesional dan meyakinkan ketimbang profil biasa. Apalagi untuk urusan jualan produk dan layanan (jasa). Tentu harus membangun brand secara rapi dan tertata, termasuk lewat fanspage ini.

Dengan fanspage, usaha kamu memiliki kesempatan untuk dapat dipercaya lebih jauh oleh calon customer. Apalagi, di halaman bisnis terdapat fitur ulasan dan komentar, di mana setiap konsumen dapat langsung menilai usaha kamu.

ADVERTISEMENTS

3. Terintegrasi dengan Iklan

Layanan iklan Facebook dan Instagram tentu bukan hal yang baru lagi untuk pelaku usaha. Brand-brand besar telah membuktikan, bahwa beriklan di Facebook dapat melancarkan tujuan mereka: awareness, traffic, conversion.

Untuk menikmati layanan tersebut, syarat pertama yang wajib dipenuhi adalah memiliki fanspage. Dengan begitu, selain membangun kepercayaan secara organik, kamu juga dapat mempercepat akselerasi usaha menggunakan iklan.

Baca juga konten serupa:

ADVERTISEMENTS

4. Bangun Komunitas Bisnis

Bisnis yang kuat adalah bisnis yang dibangun lewat kepercayaan konsumennya yang saling mendukung dan berbagi. Dengan fanspage, aspek tersebut dapat dibangun secara praktis dan terorganisir.

Kenapa? Karena di sini, kamu dapat melakukan beberapa aksi mendasar:

  • Posting konten yang berguna untuk calon konsumen,
  • Meminta pengikut untuk ikut kontribusi posting,
  • Menyediakan tempat untuk memberikan ulasan & feedback,
  • Mengelola aktivitas promosi secara terjadwal.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Halaman Facebook tidak hanya bisa diakses secara internal. Namun, mesin pencari Google pun bisa menampilkan setiap konten yang ada di fanspage pada hasil penelusuran.

Pages: 1 2 3

Bagikan ke:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *