Sudah terlanjur checkout di Tokopedia, namun ternyata ada kesalahan? Postingan ini akan memberikan cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang belum dibayar ataupun sudah dibayar.
Caranya sangat mudah dan simpel. Namun ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipahami sebelum melakukan pembatalan.
Prosesnya tidak jauh berbeda dengan postingan artikel kami kemarin yang membahas mengenai cara membatalkan pesanan di Lazada.
Langsung saja tanpa basa basi kita lihat pembahasan dibawah ini !
Syarat dan Ketentuan Pembatalan Pesanan di Tokopedia
Terdapat 2 macam syarat pembatalan pesanan yaitu secara instan dan dengan persetujuan. Keduanya memiliki syarat dan ketentuan masing-masing :
Pembatalan Pesanan Secara Instan
- Pesanan belum diproses dan diterima oleh penjual.
- Belum melewati batas waktu 3 jam setelah pembayaran terverifikasi.
- Pembeli belum melakukan lebih dari 2x pembatalan dalam waktu satu bulan.
- Pesanan bukan dilayani Tokopedia (Toko Cabang).
Pembatalan Pesanan dengan Persetujuan
- Pesanan sudah diproses dan diterima oleh penjual.
- Sudah melewati batas waktu 3 jam setelah pembayaran terverifikasi.
- Pembeli dapat melakukan lebih 2x pembatalan dalam waktu 1 bulan.
- Pesanan dapat dilayani Tokopedia (Toko Cabang).
Nah diatas adalah syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana membatalkan pesanan yang telah dibuat di Tokopedia.
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia
Cara membatalkan pesanan di Tokopedia bisa lewat HP (Aplikasi) maupun Website. Baik itu untuk pesanan yang sudah dibayar, belum dibayar, sudah dikirim, sudah diproses hingga COD.
Untuk itu simak pembahasan satu per satu dibawah ini, ya.
ADVERTISEMENTS
1. Membatalkan Pesanan Yang Sudah Dibayar & Diproses Penjual
Jangan khawatir jika pesanan di Tokopedia sudah dibayar namun ingin dibatalkan. Pengguna bisa membatalkannya dengan mudah dan cepat.
Namun tentu saja harus mengajukannya kekpada penjual sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Caranya bisa melalui website maupun lewat HP (Aplikasi). Ikuti tutorial dibawah ini :
Lewat HP
- Masuk ke aplikasi Tokopedia dan login ke akun.
- Klik menu “Transaksi”.
- Klik “Semua Status”.
- Pilih transaksi “Menunggu Konfirmasi/Diproses”.
- Klik “Terapkan”.
- Pilih pesanan barang yang ingin dibatalkan.
- Pada halaman detail pesanan klik “Ajukan Pembatalan”.
- Masukkan “Alasan Pembatalan”.
- Klik “Ajukan”.
- Selesai !
Setelah mengajukan pembatalan, tinggal menunggu respon dari penjual atau bisa langsung untuk menghubungi melalu chat.
Lewat Website
- Akses website resmi tokopedia.com.
- Masuk ke akun Tokopedia dengan email dan password.
- Klik logo “Lonceng” pada bagian atas browser.
- Pilih menu “Transaksi”.
- Klik pesanan yang “Menunggu Konfirmasi/Diproses“.
- Pilih pesanan barang yang akan dibatalkan.
- Klik “Lihat Detail Pesanan“.
- Tekan “Ajukan Pembatalan“.
- Tulis di kolom “Alasan Pembatalan“.
- Tekan “Ajukan“.
- Selesai !
Jika proses pembatalan pesanan barang telah berhasil disetujui oleh penjual, maka uang akan dikembalikan (refund) ke aplikasi sesuai metode pembayaran yang ditelah dipilih.
ADVERTISEMENTS
2. Membatalkan Pesanan Yang Belum Dibayar
Sebenarnya proses pembatalan pesanan yang belum dibayar ini sangat simpel dan mudah. Tanpa melanjutkan proses pembayaran pun nantinya sistem akan membatalkan secara otomatis jika sudah melewati batas pembayaran.
Selama pembayaran pesanan belum diverifikasi, kamu bisa lihat cara untuk membatalkan pesanan barang dibawah ini. Bisa melalui HP (Aplikasi) maupun website.
Lewat Aplikasi HP
- Masuk dan login ke aplikasi Tokopedia.
- Pilih menu “Transaksi”.
- Klik “Menunggu Pembayaran”.
- Tekan ikon titik tiga “Batalkan Transaksi”.
- Akan muncul pop up dan klik “Batalkan Transaksi”.
- Selesai !
Baca Juga
Kamu tidak perlu menunggu konfirmasi dari penjual. Hal ini karena pembatalan pesanan yang belum dibayar akan langsung otomatis dibatalkan oleh sistem.
Lewat Website
- Akses website resmi di tokopedia.com.
- Login menggunakan username dan password.
- Klik ikon notifikasi pada sisi kanan atas halaman utama.
- Klik “Menunggu Pembayaran”.
- Pilih “Batalkan Transaksi”.
- Akan muncul pop up konfirmasi pembatalan, klik “Ya”.
- Selesai!
ADVERTISEMENTS
3. Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia COD
Pengajuan pembatalan pesanan barang dengan COD di Tokopedia tidak dilakukan dengan sembarangan. Hal ini karena pengguna harus konfirmasi terlebih dahulu ke penjual.
Pengguna bisa melakukan chat dahulu ke penjual dan menanyakan apakah barang sudah diproses untuk dikirim atau belum. Jika barang sudah di proses pengiriman, maka tidak bisa mengajukan pembatalan.
Namun nantinya jika barang sudah sampai, baru bisa mengajukan pembatalan yang diproses oleh kurir dan menunggu persetujuan penjual.
Jika sudah melakukan konfirmasi ke penjual dan telah disetujui untuk pembatalan pesanan, selanjutnya bisa ikuti langkah dibawah ini :
- Masuk dan login ke aplikasi Tokopedia.
- Pilih menu “Transaksi”.
- Klik pesanan “Dalam Proses”.
- Pilih pesanan “COD” yang akan dibatalkan.
- Akan masuk ke halaman detail pesanan klik “Batalkan Pesanan”.
- Masukkan dan pilih “Alasan Pembatalan” yang sesuai.
- Tekan tombol “Batalkan Pesanan“.
- Selesai !
- Jika sudah melakukan pembayaran pesanan dan ingin membatalkannya, tombol “Ajukan Pembatalan” akan muncul 6 jam setelah diverifikasi sistem Tokopedia.
- Tombol “Ajukan Pembatalan”akan hilang otomatis jika sudah pernah mengajukan pembatalan untuk pemesanan barang tersebut dan penjual sudah memproses pesanan.
- Pengajuan pembatalan bisa saja ditolak oleh penjual karena alasan tertentu.
- Sebelum mengajukan pembatalan, sebaiknya chat terlebih dahulu ke seller/penjual dan samoaikan alasannya.
- Dana atau uang dari pembatalan pesanan akan segera dikembalikan dalam bentuk OVO Cash pada aplikasi Tokopedia.
ADVERTISEMENTS
FAQ
- Apakah barang yang sudah dikirim bisa dibatalkan Tokopedia?
Ya tentu saja bisa. Kamu bisa membatalkannya dengan mudah jika belum melakukan transfer pembayaran. Namun jika sudah dibayar, kamu bisa mengajukan pembatalan di sistem dengan menunggu persetujuan penjual.
- Apa yang terjadi jika pesanan Tokopedia dibatalkan?
Dana akan dikembalikan dalam bentuk OVO Cash, kemudian baru bisa ditarik kembali ke rekening pribadi.
- Berapa lama uang kembali setelah pembatalan di Tokopedia?
Bagi pengguna yang menggunakan metode pembayaran bank transfer akan diproses refund maksimal 1×24 jam. Namun selain metode pembayaran transfer bank akan diproses maksimal 2×24 jam hari kerja.
- Apakah barang COD Tokopedia bisa dibatalkan?
Ya tentu saja bisa. Namun perlu untuk konfirmasi ke penjual dahulu apakah barang sudah dikirim atau belum.
- Kapan uang kembali saat pembatalan pesanan di Tokopedia?
Uang akan kembali ke saldo OVO Cah maksimal 2×24 jam hari kerja, tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional.
- Bagaimana jika penjual tidak merespon pengembalian dana Tokopedia?
Apabila penjual tidak merespon pengembalian dana lebih dari 1×24 jam, maka dana akan dikembalikan secara otomatis oleh sistem.
Penutup
Demikianlah cara membatalkan pesanan di tokopedia hingga uang kembali, baik sudah dibayar, sudah diproses, belum dibayar, sudah dikirim, dan pesanan COD.
Sangat mudah dan simpel bukan? Tapi jika masih ada pertanyaan bisa tulis di “kolom komentar”. Kami juga aktif di media sosial Instagram yaitu @Pintarjualan.id. Jangan lupa di follow ya!
Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat dan jangan sungkan untuk membagikannya ke teman atau kerabat supaya mereka juga mendapatkan manfaat.
Akhir kata dari kami. See you 🙂