Ada banyak alasan bagi kita untuk mengetahui cara hapus akun Shopee. Mungkin karena nomor terblokir, email sudah tidak aktif, atau bahkan tidak membutuhkan platform Shopee lagi?
Apapun alasannya, kamu tetap dapat mengajukan penghapusan akun dengan mudah. Bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam konten ini, beserta poin-poin penting lain seperti:
- Syarat-syarat yang wajib dipenuhi sebelum menghapus akun,
- Langkah-langkah untuk menutup akun lewat aplikasi mobile,
- Solusi jika ajuan penghapusan akun ditolak oleh Shopee.
Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (â) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling mudah: syarat-syarat.
Syarat Untuk Menghapus Akun Shopee
Sebelum mengajukan penghapusan akun, kamu perlu memenuhi beberapa syarat yang sudah diatur di ekosistem Shopee.
Apa sajakah itu? Berikut penjelasan selengkapnya..
1. Akun Shopee Tidak Dibatasi
Syarat pertama, akun kamu tidak sedang dibatasi oleh pihak Shopee.
Tapi, apa itu pembatasan akun? Pembatasan akun ialah pembekuan akun yang diakibatkan oleh tindakan-tindakan mencurigakan dan menyalahi aturan resmi dari Shopee.
Sistem akan mendeteksi perilaku aneh dari akun yang terindikasi melakukan pelanggaran atau kecurangan. Jadi, jangan sampai akun kamu terkena pembatasan, ya.
ADVERTISEMENTS
2. Email & Nomor HP Masih Aktif
Syarat kedua, data email dan nomor ponsel kamu masih aktif dan dapat dihubungi.
Mengapa? Karena proses penghapusan akan membutuhkan kedua data tersebut untuk melakukan verifikasi. Jadi, pastikan jika keduanya masih aktif dan tidak digunakan dalam akun lain, ya.
Kalau kamu belum mengisi data tersebut, segera lengkapi. Langsung menuju ke Pengaturan Akun lalu isi data diri nomor HP dan email aktif. Jangan lupa untuk verifikasi email dengan mengetuk link yang dikirimkan.
ADVERTISEMENTS
3. Semua Transaksi Belanja Sudah Selesai
Baca Juga
Syarat ketiga, seluruh transaksi belanja yang ada pada akun kamu sudah terselesaikan.
Sebaiknya pastikan dulu apakah kamu sedang membeli barang dan masih diproses. Atau sebaliknya, apakah ada barang pembeli yang sedang dikirim ke alamat tujuan. Karena penghapusan akun tidak bisa dilakukan jika masih ada transaksi.
Lalu juga, pastikan tidak ada proses penyelesaian masalah pada transaksi yang dilakukan. Terakhir, semua dana transaksi sudah masuk ke akun pembeli (dana pengembalian) dan penjual (dana penjualan).
ADVERTISEMENTS
4. Semua Saldo Akun Sudah Ditarik
Syarat keempat, seluruh saldo yang ada pada akun kamu sudah ditarik, alias Rp 0,-.
Jika masih ada saldo ShopeePay, kamu dapat menarik saldo tersebut ke rekening bank pribadi atau mentransfernya ke akun Shopee yang lain. Pastikan agar transaksi transfer saldo ShopeePay ini telah selesai, ya.
Karena jika masih ada transaksi transfer, penutupan akun juga belum bisa dilakukan. Barulah jika akun Shopee kamu tidak ada saldo alias Rp 0,- maka silakan lakukan ajuan penutupan akun.
Baca juga:
Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)
Langkah-langkahnya sudah kami jelaskan pada sesi berikut ini. Baca lebih lanjut untuk tau rinciannya..
ADVERTISEMENTS
Cara Hapus Akun Shopee Lewat Aplikasi Mobile
[su_note]Penghapusan akun Shopee hanya dapat dilakukan melalui aplikasi mobile. Jadi, silakan siapkan dulu HP Android atau iOS yang sudah login dengan akun kamu.[/su_note]1. Buka Aplikasi Shopee
Langkah pertama, buka aplikasi mobile Shopee di ponsel kamu. Lalu, pada laman utama, ketuk menu Saya > Pengaturan Akun.
Rinciannya seperti gambar berkut ini:
2. Ajukan Penghapusan Akun
Pada laman pengaturan akun, silakan ketuk menu Ajukan Penghapusan Akun.
Letaknya berada pada opsi paling bawah, seperti gambar berikut:
[caption id="attachment_3993" align="alignnone" width="480"] Menu...