Advertisement

Cara Backup WhatsApp iPhone ke Google Drive Manual & Pakai Aplikasi

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
10 Agustus 2022
Waktu membaca
5 Menit

Chat WhatsApp seringkali berisi hal-hal penting, makannya banyak yang mencari tahu cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive supaya data WhatsApp aman.

Sebenarnya, secara default, iPhone sudah memiliki iCloud Drive sebgai media penyimpanan WhatsApp. Tapi mungkin karena suatu hal, pengguna iPhone ingin menyimpan chatnya ke Google DRive.

Misalnya, pengguna iPhone ingin pindah ke HP Android. Nah, sebenarnya beberapa pabrikan juga telah memiliki aplikasi khusus untuk mempermudah ini, misalnya Samsung punya Samsung Switch.

Oh iya, sebelumnya kami juga sudah menjelaskan cara membuka Backup WhatsApp di Google Drive, loh. Simak juga, jadi setelah diback up kamu bisa menemukannya nanti.

Langusng saja, ini dia cara backup whatsapp iphone ke google drive

Apakah WhatsApp iOS Bisa Back Up ke Google Drive Alih-Alih ke iCloud?

Tina Welaney yang mendalami privasi dan keamanan pengiriman pesan, menjelaskan di Quora bahawa WhatsApp di iOS membatasi penggunanya supaya melakukan backup menggunakan iCloud.

Bahkan jika kamu sudah menginstal Google Drive dan menyalakan backup, WhatsApp iOS tidak menyediakan opsi untuk back up kesana.

Walaupun banyak pengguna Apple yang sudah meminta Apple supaya meambahkan fitur ini, petinggi apel masih bersikukuh supaya penggunanya melakukan back up di iCloud.

Ini tentunya sedikit menyulitkan pengguna Apple, karena ketika mau ganti HP ke Android, untuk melakukan transfer data jadi lebih sulit.

https://assets.newatlas.com/dims4/default/90a22ce/2147483647/strip/true/crop/1800x792+0+0/resize/1440x634!/quality/90/?url=http:%2F%2Fnewatlas-brightspot.s3.amazonaws.com%2Farchive%2Fhow-to-switch-android-to-iphone-7.jpg

Cara BackUp WhatsApp iPhone ke Email Gmail dengan Cara Export

Cara paling sederhana untuk back up data chat dari iphone ke email Google adalah dengan menggunakan export chat.

Cara ini tidak membutuhkan aplikasi tambhan. tapi untuk melakukannya, hanya bisa dilakukan satu satu untuk amsing masing kontak.

Baru setelah di export, file tersebut nantinya bsia di back up secara manual ke google drive.

Cara Export Chat iPhone ke Email

Cara untuk export chat iphone ke email sebenarnya tidak sulit. Cukup buka menu > chat > export. untuk lebih lengkapnya sebagai berikut.

  1. Masuk ke halaman Chat
  2. Buka menu titik tiga di atas kanan
  3. Tap export ke email

Cara Back Up ke Google Drive

Nah setelah chat dari kontak yang kamu mau back up sudah di export.

Sudah download aplikasi google drive dari appstore, kan? jika belum kamu bsia downlaod adan install google drive Dulu. abru kemudian back up ke google drive.

Cara back up nya adalah sebagai berikut.

  1. Kumpulkan export chat
  2. Upload export chat ke Google Drive
  3. Tunggu proses upload selesai

Begitulah cara back up chat whatsapp secara manual. lalu bagaimana dengan file media seperti gambar, video, dan suara? File tersebut juga bisa diback up dengan cara yang tidak jauh berebeda. ikuti artikel ini untuk mengetahui caranya.

Cara diatas tentu ribet dan menyebalkankarena harus memproses chat dari masing-masing kontak. Untungnya, ada aplikasi yang mmpermudahnya.

Cara BackUp file media WhatsApp iPhone ke Google Drive Manual

Untuk back up file media whatsapp, akan lebih lancar kalau kamu sudah menginstall google drive di iPhone kamu. Dengan begitu, Google DRive bisa bekerja dengan baik di iPhone.

Setelah itu, temukan folder penyimpanan gambar dan video. salah satu caranya adalah dengan membuak galeri, kemudain temukan foto dan video dari whatsapp.

Buka details nya, disitu akan ditampilkan dirketori dimana file tersebut disimpan.

Alternatifnya, kmamu bisa juga langusng select semua foto dan video yang mau di back up ke google drive.

Cara BackUp WhatsApp iPhone dengan Bantuan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa membantumu untuk back up whatsapp iphone ke google drive. Bagi pengguna Samsung, mungkin akan sangat terbantu dengan hadirnya SmartSwitch yang bisa secara otomatis menghubungkan data Samsung dan iPhone.

Setelah data dipindahkan ke Samsung, data WhatsApp bisa diback up ke Google Drive. Tapi, bagaimana kalau tidak punya HP Samsung? Tidak perlu khawatir, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu untuk BackUp WhatsApp di iPhone ke Google Drive, kok.

Halaman Selanjutnya
iTransor...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *