Saat melacak barang sudah sampai mana, akan ada banyak arti kode / istilah Wahana Express. Kadang akan ada pengertian yang rancu, sehingga kita bingung mau bersikap bagaimana mengenai arti istilah Wahana tersebut.
Tapi kamu tenang saja, karena tulisan ini akan membantu mengatasi hal tersebut. Jadi, ketika cek resi Wahana Express kamu bisa tahu maksud dari statusnya.
Ditambah juga, akan ada beberapa informasi pelengkap yang menarik untuk disimak. Di antaranya:
- Apa itu kode Wahana Express dan kegunaannya,
- Sejumlah daftar istilah Wahana yang sering muncul,
- Contoh resi pengiriman Wahana dan penjelasannya,
- Tips melacak barang dengan aman dan cepat.
Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (â) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai.
Apa itu Kode Wahana Express?
Kode Wahana Express ialah sekumpulan informasi yang muncul saat pengguna melacak barang (disebut juga cek resi). Kode ini menginformasikan tentang status barang, lokasi terakhir, pengirim, penerima, dan banyak lainnya.
Kegunaannya apa?
Jadi begini.. ketika kita tau arti kodenya apa, maka kita juga akan tau kondisi terakhir barang yang sedang dikirim menggunakan Wahana Express.
Ini penting untuk dipahami bagi setiap pelanggan ekspedisi (tidak hanya Wahana saja). Karena jika tidak tau artinya, maka akan kesulitan untuk mengambil tindakan.
Tindakan seperti apa?
Sesimpel jika barang yang dikirim mengalami:
- Terlambat sampai,
- Barang rusak,
- Salah alamat,
- Barang hilang.
Beberapa kasus di atas akan diinformasikan kepada pelanggan lewat hasil pelacakan barang di laman cek resi. Bisa lewat web resmi Wahana, atau web pihak ketiga seperti Pluginongkoskirim.com.
Lalu, apa saja istilah status pengantaran Wahana yang perlu dipahami? Lanjutkan membaca…
Daftar Istilah Status Pengiriman Wahana
Istilah | Keterangan |
---|---|
Nomor Resi | Berupa nomor unik yang terdiri atas 8 digit (huruf & angka) untuk mengidentifikasi tiap-tiap paket barang yang dikirim via Wahana Express. Contoh: AGY21309 |
Service | Jenis layanan yang digunakan saat memesan ekspedisi Wahana. Meliputi:
|
Pengirim | Merupakan pihak yang mengirim barang. Berisikan data nama lengkap dan nomor HP yang aktif digunakan. |
Penerima | Merupakan pihak yang menerima barang. Berisikan data nama lengkap dan nomor HP yang aktif digunakan. |
Asal | Kota asal dari pengirim barang. |
Tujuan | Kota tujuan penerima barang. |
Status Terakhir | Merupakan riwayat informasi mulai dari pemesanan layanan Wahana hingga lokasi terakhir barang sudah sampai mana. |
Diterima di Sales Counter [nama agen] | Paket diterima oleh agen Wahana paling dekat dengan lokasi pengirim. Data-data sedang dimasukkan untuk proses penjemputan. |
Di pickup oleh petugas [nama kecamatan] | Paket sedang dijemput oleh petugas dari agen daerah lain untuk dikirim ke gudang kota pengirim. |
Diterima di fasilitas HUB [nama kota] | Paket telah diterima oleh gudang pusat di kota pengirim dan siap untuk disortir. Setelah disortir, barang akan dikirim ke kota tujuan. |
Pengiriman dari HUB [nama kota] ke [nama kecamatan] | Paket sedang dikirim dari gudang pusat kota penerima ke kota tujuan. Bisa ke HUB kota tujuan dulu, baru ke kecamatan. |
Diterima di fasilitas [nama kecamatan] | Paket telah diterima oleh gudang pusat kota tujuan dan siap untuk dikirim ke tingkat kecamatan. Atau, sudah diterima di tingkat kecamatan. |
Proses pengantaran oleh kurir [nama kecamatan] | Kurir yang berada di agen Wahana sedang mengirim paket menuju ke alamat penerima. |
Diterima oleh [nama penerima] | Paket sudah berhasil diterima oleh penerima barang dengan aman dan baik-baik saja. |
Gagal terkirim. Hubungi Customer Service | Paket belum teridentifikasi data-datanya. Pelanggan harap menghubungi CS Wahana. |
Belum terkirim. Proses penjadwalan ulang | Paket belum terkirim karena sesuatu kendala internal / eksternal. Misal: melewati batas jam pengantaran, cuaca tidak mendukung, dll. |
Retur | Paket yang diterima dikembalikan kepada pengirim karena terjadi ketidaksesuaian barang, atau hal-hal tertentu: kerusakan. |
Alamat tidak lengkap | Alamat yang ditulis pada paket barang tidak lengkap. Sebaiknya tulis hingga detail, mulai No. Jalan, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota, Kode POS. |
Data tidak ditemukan | Data pengirim & penerima paket tidak ada di dalam basis data Wahana. Hubungi Customer Service Wahana untuk tindak lanjutnya. |
ADVERTISEMENTS
Contoh Resi Pengiriman Wahana Express
Barusan sudah kita lihat sama-sama sederet istilah status pengiriman Wahana Express yang cukup beragam. Secara garis besar cukup mudah dipahami, karena ditampilkan dalam bahasa Indonesia.
Sekarang coba kita kupas salah satu contoh nomor resi Wahana Express untuk dibedah istilah-istilah yang muncul saat melacak barang.
Seperti yang sudah disampaikan, nanti akan muncul 2 sesi:
- Identitas Pengiriman
- Nomor Resi
- Pengirim
- Penerima
- Asal
- Tujuan
- Status Terakhir
- Di pickup oleh petugas,
- …,
- …,
- Diterima oleh [nama penerima]
Baca Juga
Untuk melihat contoh pelacakannya, perhatikan gambar di bawah ini.
Dari gambar di atas, dapat kita ambil data sebagai berikut:
- Di pickup oleh petugas Tangerang Cipondoh
- Paket sudah dijemput oleh petugas Wahana yang ada di Cipondoh, Tangerang.
- Diterima di fasilitas Wahana HUB Jakarta 1
- Paket sudah diterima oleh gudang pusat Wahana di Jakarta.
- Pengiriman dari HUB Jakarta 1 ke HUB Jawa 1
- Paket sudah dikirim dari gudang pusat Wahana di Jakarta menuju ke gudang pusat Jawa 1.
- Diterima di fasilitas Wahana HUB Jawa 1
- Paket sudah diterima di fasilitas HUB Jawa 1.
- Pengiriman dari HUB Jawa 1 ke HUB Jawa 6
- Paket sedang dikirim dari HUB Jawa 1 ke HUB Jawa 6.
- Diterima di fasilitas Wahana HUB Jawa 6
- Paket sudah diterima di fasilitas HUB Jawa 6.
- Proses pengantaran oleh kurir Banjarmasin
- Paket sudah diantar oleh kurir yang ada di HUB Jawa 6, yakni Banjarmasin.
- Gagal terkirim. Hubungi Customer Service
- Paket gagal terkirim. Pelanggan diminta untuk menghubungi CS Wahana.
- Pengiriman dari HUB Jawa 6 ke Banjarmasin
- Pengiriman ulang dilakukan dari HUB Jawa 6 ke Banjarmasin.
- Diterima di fasilitas Wahana Banjarmasin
- Paket sudah diterima di fasilitas Wahana Banjarmasin.
- Proses pengantaran oleh kurir Banjarmasin
- Paket sedang dikirim oleh kurir Banjarmasin menuju ke alamat penerima.
- Belum terkirim. Proses penjadwalan ulang Banjarmasin
- Paket ditunda untuk pengirimannya, karena terjadi sesuatu hal. Dikirim lagi keesokan harinya.
- Diterima oleh (Penerima Langsung)
- Paket sudah berhasil diterima dengan baik oleh penerima.
Bagaimana, cukup komplit, bukan? Oh iya, untuk rincian tanggal dan jam-nya, kamu bisa lihat pada gambar di atas tadi, ya.
Resi di atas juga tidak “mulus” langsung sampai, bahkan sempat gagal beberapa kali. Karena itu, kamu jangan khawatir jika mengalami hal serupa.
ADVERTISEMENTS
Cara Melacak Paket Wahana Express
Buat kamu yang ternyata masih belum paham bagaimana cara cek resi untuk pelacakan paket Wahana, kami biasanya menggunakan 2 metode: (1) Web Resmi, (2) Web Pihak Ketiga.
Berikut rincian selengkapnya.
ADVERTISEMENTS
Web Resmi Wahana Express
- Buka laman berikut: wahana.com
- Pada laman utama, scroll ke bawah dan temukan sesi Lacak Kiriman.
- Pada kolom Nomor Resi, masukkan no resi yang kamu terima. Bisa langsung 10 nomor resi dengan dipisah menggunakan spasi.
- Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
- Selesai! â
ADVERTISEMENTS
Web Plugin Ongkos Kirim
- Buka laman berikut: pluginongkoskirim.com/cek-resi
- Pada laman cek resi, akan ada 2 kolom yang perlu kamu isi:
- Ekspedisi (pilih Wahana)
- Nomor Resi (isi no resi Wahana)
- Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
- Selesai! â
Selain untuk mengetahui posisi dan kondisi paket tersebut, cek resi Wahana ini juga berguna untuk mengajukan komplain.
Dengan mendapatkan status pengiriman tersebut, bisa digunakan sebagai bukti ketika mengajukan komplain ke Wahana Express.
Perhatikan juga jam kerja kantor Wahana Express ketika mengajukan komplain ya. Jangan sampai kamu nelpon padahal kantornya tutup.
Rangkuman
- Kode / istilah status pengiriman Wahana Express berguna untuk memberikan kejelasan tentang informasi pengiriman (pengirim, penerima) dan riwayat pengiriman (mulai dari pickup hingga sampai tujuan).
- Apabila terjadi kegagalan pengiriman, segera hubungi Customer Service Wahana Express lewat laman berikut: Kontak Wahana (formulir kontak WhatsApp).
- Untuk melakukan cek resi, kamu dapat menggunakan 2 media: (1) Wahana.com, (2) Pluginongkoskirim.com.
Bagaimana, cukup jelas, ya? Jika ada yang belum paham, silakan DM IG kami di @PintarJualan.id. Kami akan bantu carikan solusinya.
Mungkin cukup sampai di sini dulu. Jangan lupa ketuk tombol Bookmark (â) di pojok kanan atas browser untuk membaca lagi konten ini sewaktu dibutuhkan.
Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Ekspedisi atau artikel lainnya dari Ifan Prasya. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id
sumber:
- Cara Lacak Paket dari Jasa Pengiriman Wahana Express – https://wahana.com/cara-lacak-paket-dari-jasa-pengiriman-wahana-express