Salut! 5 Ton Arang Tempurung Kelapa di Bintan Tembus Pasar Malaysia

Ambar Arum Juliyanti 12 Feb 2022 2 Menit 0

Tanjungpinang – Sebanyak 5 ton Arang tempurung kelapa di Bintan, Kepulauan Riau telah tembus hingga pasar Malaysia pada awal tahun 2022. Arang tempurung tersebut diekspor dari CV. BB, Kamis (10/2/2022).

Yang kita tahu selama ini tempurung kelapa hanyalah tumpukan sampah tidak berguna yang ada di tempat penjual santan. Namun, tidak disangka ternyata mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Baca Juga : Awal Tahun yang Baik, Olahan Kelapa dari Bintan Tembus ke Pasar AS!

Pemeriksaan fisik dan kesehatan pada 5 ton arang tempurung kelapa dilakukan oleh Pejabat Karantina Pertanian Wilayah Kerja (Wilker). Arang tempurung tersebut akan diberangkatkan menggunakan kapal.

Fungsi dari arang tempurung kelapa ini banyak sekali manfaatnya. Misalnya seperti untuk keperluan barbeque, ternyata arang tersebut bisa diolah kembali menjadi karbon dan bahan pembersih.

“Alhamdulilah, pasar Malaysia berhasil kita tembus kembali. Target berikutnya adalah pasar dari negara lain,”ungkap CEO CV BB Arif dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Tanjungpinang.

Dengan dibukanya pasar ekspor, merupakan awal yang baik dan angin segar bagi para pelaku UMKM di bidang pengolahan tempurung kelapa.

Aperti dilansir dari Ulasan.co, Kamis (10/2/2022), Banyak daerah yang mengusahakan arang tempurung kelapa untuk bisa di ekspor ke negara-negara lain. Yaitu mulai daerah Tanjungpinang, Bintan, hingga pulau-pulau sekitar Bintan, semangat dan termotivasi untuk mengolah arang tempurung kelapa.

Kualitas dari arang tempurung kelapa ini ditentukan oleh beberapa faktor. Yaitu seperti kadar air, debu, dan bentuknya.

Semakin rendah kadar air di dalam arang, maka akan semakin baik dan harganya pun akan semakin tinggi. Apalagi jika arang tersebut diolah lagi menjadi briket arang.

“Karantina akan terus mensupport kegiatan ekspor komoditas pertanian. Semoga semangat pengusaha pertanian milenial, seperti mas Arif ini, terus menggelora dan pantang menyerah,” ungkap Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang Raden.

Baca Juga : Minimarket di Bintan Masih Menjual Minyak Goreng di Atas HET

Karantina Pertanian Tanjungpinang telah menyediakan layanan klinik ekspor bagi kamu calon eksportir komoditas pertanian.

Selain itu juga terdapat layanan “karpet merah” yang merupakan AKTIF Ekspor. Jadi eksportir tidak perlu untuk datang ke kantor untuk mengurus keperluan administrasi. Hal ini karena Pejabat Karantina akan datang, melayani hingga mengantar sertifikat.

Artikel ini telah terbit di Ulasan.co dengan judul “5 Ton Arang Tempurung Bintan Diekspor ke Malaysia”

Link sumber : https://ulasan.co/5-ton-arang-tempurung-bintan-diekspor-ke-malaysia/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ambar Arum Juliyanti
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

Tetap semangat dan menjadi orang lebih baik setiap harinya. Yuk bisa yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.