Advertisement

Apa yang Mempengaruhi Rating Toko Online Shopee & Tokopedia

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
14 Februari 2022
Waktu membaca
3 Menit

Jakarta – Rating toko sangat berpengaruh untuk para penjual yang lebih memilih berjualan secara online. Baik itu melalui marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

Rating toko online sendiri adalah penilaian untuk toko online berdasarkan pelayanan yang diberikan. Semakin tinggi rating sebuah toko online, maka semakin baik pelayanannya.

Beberapa marketplace di Indonesia, seperti Shopee dan Tokopedia juga menerapkan penilaian toko online. Ada beberapa hal yang harus diketahui para penjual online terkait hal yang satu ini.

Baca juga: 20 Tips Belanja Online Aman Supaya Tidak Tertipu Penjual Abal-Abal

Lalu, apa saja yang mempengaruhi rating toko online di Shopee dan Tokopedia? Singkat kata, berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi rating toko online di Shopee dan Tokopedia.

Shopee

Penilaian atau rating toko online di Shopee tidak terlepas dari penilaian pembeli setelah pesanan dinyatakan selesai. Rentang penilaian toko sendiri dari bintang 1 hingga 5.

“Penilaian toko dinilai berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap toko Anda, kredibilitas penjual dan ulasan yang diberikan para Pembeli,” dilansir dari help.shopee.co.id, Senin (14/2/2022).

Dikutip dari situs resmi Shopee, Senin (14/2/2022), ketika pembeli menilai produk dengan penilaian 3 hingga 5 bintang, maka penilaian akan terhitung seperti biasa.

Lain halnya jika pembeli menilai produk dengan penilaian 1 atau 2 bintang. Maka pembeli akan diminta untuk memberi penilaian yang lebih terperinci terkait 3 hal, yaitu:

  • Kualitas produk
  • Pelayanan Penjual
  • Pengiriman oleh kurir

Jika pembeli memberikan nilai 1 atau 2 bintang pada kategori “Pengiriman oleh Kurir”, maka penilaian produk yang diberikan tidak akan termasuk dalam perhitungan keseluruhan nilai produk.

Baca juga: 10 Tips Memilih Ekspedisi Yang Tepat Untuk Bisnis Online

Setelah itu, pihak Shopee akan memberikan keterangan “Penilaian kurang baik karena layanan jasa kirim” pada halaman penilaian produk.

“Penilaian kurang baik karena layanan jasa kirim adalah kondisi saat Penjual dan produknya dinilai rendah bukan karena kesalahan Penjual tersebut,” dikutip dari help.shopee.co.id, Senin (14/2/2022).

Namun, jika pembeli memberikan nilai 1 atau 2 bintang pada kategori ‘Kualitas Produk’ dan/atau ‘Pelayanan Penjual’, maka penilaian termasuk pada nilai keseluruhan produk.

Tokopedia

Ada tiga komponen penilaian di Tokopedia untuk para penjual atau seller, yakni level toko, parameter performa toko, dan poin penalti dari pelanggaran toko.

“Skor Performa Toko dipengaruhi oleh 3 komponen penilaian yaitu level toko, parameter performa toko, dan poin penalti dari pelanggaran toko,” dilansir dari seller.tokopedia.co.id, Senin (14/2/2022).

Berikut adalah detail penjelasan terkait 3 komponen penilaian yang mempengaruhi skor performa toko skema baru mulai 31 Mei 2021.

1. Level toko

Level toko adalah sebuah penilaian terhadap skala bisnis toko. Skala tersebut diukur berdasarkan jumlah pendapatan dan produk terjual selama 90 hari terakhir.

Rating toko akan diperbaharui setiap hari Senin pertama setiap bulannya berdasarkan data 90 hari terakhir. Level toko di Tokopedia sendiri dibagi menjadi 4 level, yaitu:

  1. Level 1 – Pendapatan kurang dari Rp350.000 atau hingga 2 produk yang terjual
  2. Level 2 – Pendapatan mulai dari Rp350.000 dan 3 produk terjual
  3. Level 3 – Pendapatan mulai dari Rp10 juta dan 50 produk terjual
  4. Level 4 – Pendapatan mulai dari Rp300 juta dan 1.500 produk terjual

2. Parameter Performa Toko

Skor performa toko dihitung berdasarkan 7 parameter. Masing-masing parameter memiliki nilai berbeda-beda tergantung pelayanan toko kepada pembeli. Berikut 7 parameter skor performa toko;

  1. Kecepatan mengirim pesanan
  2. Jumlah pembeli
  3. Membuka halaman Tokopedia Seller dalam 90 hari terakhir
  4. Tingkat kesuksesan pesanan
  5. Kecepatan membalas chat dan diskusi
  6. Tingkat membalas chat dan diskusi
  7. Ulasan produk dengan bintang 4+

Parameter yang berwarna hijau menunjukkan performa sudah di atas rata-rata. Namun, jika berwarna merah, berarti performa toko masih di bawah standar.

3. Poin Penalti dari pelanggaran toko

Rating toko di Tokopedia juga dipengaruhi oleh poin penalti. Poin penalti akan mengurangi rating toko. Terdapat 4 penalti yang akan dikenakan dan masing-masing memiliki nilai -1.

  1. Mengabaikan pesanan
  2. Mengabaikan pengiriman
  3. Membatalkan pengiriman
  4. Bersalah di Pusat Resolusi

Masing-masing penalti mempunyai status sesuai periode pelanggaran. Poin belum dipotong berarti penalti belum aktif dan penalti akan dikenakan mulai tanggal yang tertera pada status penalti.

Baca juga: 10 Barang Paling Laku di Online Shop (Marketplace) Saat Pandemi

Sedang berlangsung berarti penalti saat ini sedang aktif dan poin pelanggaran akan dikenakan pada toko. Masa aktif penalti berlangsung selama 4 minggu dari tanggal efektif.

Terakhir, penalti selesai. Ketika muncul pemberitahuan tersebut maka artinya penalti sudah tidak aktif dan tidak akan dikenakan poin pelanggaran.

Pada dasarnya, rating toko online, baik itu Shopee maupun Tokopedia lebih banyak bergantung pada pelayanan toko kepada pembeli. Semakin baik pelayanan maka akan semakin bagus rating toko.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *