Tokopedia Bebeberkan Strategi Bisnis dan Ide Jualan Saat Ramadan, Jangan Sampai Ketinggalan

Hanif 09 Mar 2023 3 Menit 0

ADVERTISEMENT

Pintarjualan.com – Bulan Puasa menjadi momen yang banyak dinantikan masyarakat Indonesia, khususnya penjual dan pebisnis online.

Dalam rangka menyambut Ramadhan 1444 H ini, Tokopedia menyampaikan beberapa tips dan strategi yang bisa diterapkan pedagang Tokopedia.

Nuraini Razak, Direktur Corporate Affairs Tokopedia, memaparkan data internal yang menunjukkan peningkatan jumlah tampilan halaman produk sebesar 50 persen dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77 persen selama Ramadan 2022 dibandingkan dengan Ramadan 2021.

“Animo tinggi masyarakat untuk belanja saat bulan puasa bisa menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), untuk memaksimalkan strategi jualan online di Tokopedia agar penjualan meningkat pesat,” jelas Nuraini pada Rabu (8/3/2023).

Lanjutnya, beliau memaparkan tips bagi penjual Tokopedia agar bisa meningkatkan penjualan online agar optimal di bulan puasa ini.

1. Cari Produk yang Sedang Laris di “Wawasan Pasar”

Nuraini menyebutkan, penting bagi penjual untuk melihat produk yang sedang diminati masyarakat, khususnya pada bulan puasa.

Untuk mengetahuinya, para penjual bisa menggunakan fitur “Wawasan Pasar” di Tokopedia.

“Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli, hingga produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori,” ungkap Direktur Corporate Affairs Tokopedia.

Sebagai bocoran, data internal Tokopedia mencatat bahwa produk seperti kartu ucapan, hampers, parcel, kue kering, dan perlengkapan rumah tangga termasuk bantal dan guling menjadi produk yang banyak diburu masyarakat pada bulan puasa Ramadhan tahun lalu.

Tren belanja masyarakat pada Ramadhan tahun lalu ini juga bisa digunakan sebagai acuan untuk mengetahui produk yang sekiranya akan laris manis pada Ramadhan 2023 ini.

2. Tingkatkan Desain Gambar Halaman Toko dan Produk

Penjual pasti tahu, halaman toko dan gambar produk yang profesional bisa memikat banyak pembeli. Namun, pada kenyataannya, admin toko online banyak yang tidak memberikan banyak perhatian pada hal ini.

Padalah, halaman toko dan produk yang menarik memiliki potensi yang lebih tinggi untuk membuat pembeli melihat produk. Selain itu, kesan halaman toko yang profesional juga membuat pengunjung semakin mempercayai untuk membeli di tokomu.

Untuk mempercantik halaman toko di Tokopedia, penjual bisa menggunakan fitur “Dekorasi Toko”.

“Fitur Dekorasi Toko di Tokopedia menyediakan template khusus yang sudah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan setiap kategori penjual. Misalnya, template untuk toko penjual fashion akan berbeda dengan penjualan elektronik atau makanan dan minuman”, terang Nuraini.

Nuraini menekankan bahwa selain halaman toko, halaman produk juga sangat penting untuk diperhatikan oleh para penjual.

Untuk itu, foto produk harus jelas dan menonjolkan kelebihan produk tersebut. Judul dan deskripsi produk juga harus lengkap agar lebih informatif dan dapat menjawab pertanyaan dari calon pembeli.

3. Aktifkan Promo Bebas Ongkir

Salah satu promo yang menjadi favorit pembeli adalah promo bebas ongkir. Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan gratis ongkir.

Oleh karena itu, penjual dapat memanfaatkan fitur Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh Indonesia, terutama selama bulan puasa.

4. Jual Parsel Ramadhan

Mengirim hampers Ramadhan dan parcel Idul Fitri sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Ini menjadi peluang bagi penjual untuk membantu menyediakan parsel.

Selama Ramadan 2022, penjualan parsel di Tokopedia mengalami kenaikan hampir dua kali lipat. Untuk Ramadan tahun ini, penjual dapat meningkatkan penjualan dengan menggunakan halaman khusus Parsel Ramadan di Tokopedia.

Nuraini merekomendasikan agar pelaku usaha yang menjual parsel Ramadan memasukkan produk paling populer di toko mereka ke dalam paket parsel yang dijual. Selain itu, penjual juga dapat mengombinasikan produk serupa atau komplementer dalam parsel tersebut.

Penjual dapat menggunakan fitur Pelengkap Produk untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus untuk memudahkan pembeli.

5. Gunakan TopAds Tokopedia Marketing Solutions.

Penjual dapat memanfaatkan kanal promosi yang disediakan oleh Tokopedia Marketing Solutions, seperti TopAds. TopAds adalah fitur iklan di Tokopedia yang memungkinkan produk penjual tampil di bagian atas halaman pencarian.

Fitur ini terbukti efektif dalam memaksimalkan hasil pemasaran para pelaku usaha di Tokopedia. Sebagai contoh, Diet Special Needs mengalami peningkatan kunjungan ke toko mereka hingga 10 kali lipat setelah menggunakan TopAds Tokopedia (data Maret 2022).

 

Beberapa hal yang Tokopedia Bebeberkan Strategi Bisnis dan Ide Jualan Saat Ramadan ini juga bisa diterapkan untuk berbagai online shop, tidak hanya pada toko online Tokopedia saja.

Dengan strategi bisnis dan ide jualan yang efektif, Tokopedia membuka peluang besar bagi penjual untuk meningkatkan penjualan selama Ramadan. Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera terapkan tips dan trik yang diberikan oleh Tokopedia untuk memaksimalkan bisnis Anda selama bulan suci ini.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Berita, Bisnis atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


sumber:

  • Wajib Catat! Ini Tips Bisnis dan Ide Jualan Saat Ramadan Ala Tokopedia – https://makassar.tribunnews.com/2023/03/09/wajib-catat-ini-tips-bisnis-dan-ide-jualan-saat-ramadan-ala-tokopedia/
Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *