Pentingnya Memilih Tempat Kerja: Kelebihan Menyewa Kantor Dibanding Co-working Space

Anisa 30 Nov 2023 5 Menit 0

Dalam era perkembangan teknologi dan perubahan dinamika kerja, pemilihan tempat kerja menjadi semakin penting bagi perusahaan dan individu yang ingin mencapai produktivitas maksimal.

Sebab tidak dapat dipungkiri jika tempat kerja sangat mempengaruhi mental dan kenyamanan setiap individu yang beraktivitas di dalamnya.

Apalagi baru-baru ini setiap pemilik usaha atau pengelola bisnis dihadapkan oleh dua pilihan antara menyewa kantor dan menggunakan co-working space, karena keduanya termasuk keputusan strategis yang memerlukan pertimbangan matang.

Perlu diketahui bahwa menyewa kantor jauh lebih menguntungkan bagi perusahaan dan karyawan dibandingkan dengan co-working space. Mengapa demikian?

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan alasan mengapa harus menyewa kantor dan kelebihannya untuk jangka panjang. Contoh saja menyewa kantor di APL Tower jauh lebih recommended daripada menggunakan co-working space.

1. Privasi dan Kontrol

Apa kelebihan sewa kantor bagi startup
Sumber foto: pexels. Com/mikhail nilov

Menyewa kantor memberikan tingkat privasi dan kontrol yang lebih besar dibandingkan dengan co-working space.

Mengapa? Kantor pribadi memungkinkan perusahaan memiliki ruang kerja yang eksklusif, meminimalkan gangguan yang dialami oleh karyawan, dan meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

Pastinya pilihan ini sangat penting bagi bisnis yang memerlukan tingkat kerahasiaan maupun konsentrasi yang tinggi atau fokus kerja yang mendalam.

2. Identitas dan Branding Perusahaan

Menyewa kantor memberikan kesempatan untuk membangun identitas dan branding perusahaan yang kuat.

Singkatnya, dengan memiliki kantor sendiri, perusahaan dapat menyesuaikan desain interior, memberikan kesan profesional kepada klien dan mitra bisnis, serta menciptakan lingkungan kerja yang mencerminkan budaya perusahaan.

Aspek seperti ini mungkin terkesan sepele, tetapi di industri kerja, tata ruang kantor memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi karyawan, klien, tamu, dan lain-lain.

ADVERTISEMENTS

3. Fleksibilitas dalam Desain Ruang Kerja

Ketika menyewa kantor, perusahaan memiliki fleksibilitas untuk merancang dan menyesuaikan ruang kerja sesuai dengan kebutuhannya.

Maksudnya adalah perusahaan dapat memilih furniture yang sesuai, menentukan tata letak kantor, dan membuat perubahan sesuai dengan perkembangan bisnis yang dialami.

Tentunya keputusan tersebut mampu memberikan kontrol yang lebih besar atas lingkungan kerja.

ADVERTISEMENTS

4. Kontrol Keamanan dan Akses

Keamanan adalah prioritas utama bagi banyak bisnis. Dengan menyewa kantor, perusahaan memiliki kendali penuh atas sistem keamanan dan akses.

Dengan kata lain, perusahaan dapat mengatur tingkat keamanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya dan lebih mudah memonitor serta mengelola keamanan dan teknologi secara langsung.

Hal ini tentu berbeda dengan keamanan dan akses di co-working space yang umumnya dikendalikan oleh pihak pemegang penuh atau pekerja-pekerja tertentu saja.

ADVERTISEMENTS

5. Kesempatan untuk Pertumbuhan

Menyewa kantor memberikan fleksibilitas untuk mengakomodasi dan memonitor pertumbuhan perusahaan dengan baik.

Jadi ketika perusahaan berkembang pesat dan ingin memperluas serta menambah ruang kerja bagi para karyawannya, maka tidak perlu berpindah tempat.

Lain halnya dengan co-working space yang harus berbagi area dengan pihak lain, yang tentu saja akan menyulitkan perusahaan ketika hendak menambah ruang kerja.

Keunggulan seperti inilah yang dapat memberikan kestabilan dan kontinuitas dalam operasional perusahaan sehari-hari.

ADVERTISEMENTS

6. Pengelolaan Lingkungan Kerja

Tips sewa kantor di jakarta scbd
Sumber foto: pexels. Com/pavel danilyuk

Dengan memiliki kantor sendiri, perusahaan memiliki kendali penuh atas pengelolaan lingkungan kerja yang nyaman bagi seluruh penghuni di dalamnya.

Lingkungan kerja yang dimaksud adalah perusahaan dapat mengatur suhu, pencahayaan, dan fasilitas lain sesuai dengan kebutuhan karyawan atau justru menyerahkan pengelolaan lingkungan pada masing-masing divisi kantor.

Perlu diketahui jika pengelolaan yang baik terhadap lingkungan kerja dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas karyawan dalam bekerja.

7. Koneksi Stabil dan Dukungan IT

Menyewa kantor memungkinkan perusahaan untuk memiliki infrastruktur IT yang lebih stabil dan terkontrol.

Dalam hal ini perusahaan dapat mengelola koneksi internet, sistem komunikasi, dan perangkat keras IT sesuai dengan standar dan kebutuhannya.

Dengan begitu, risiko yang merugikan perusahaan seperti gangguan jaringan, error, dan sebagainya dapat diminimalisir secepat mungkin.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *