25+ Peluang Usaha Bisnis Ternak Menjanjikan di 2022 Cepat Panen

Noer 07 Jan 2022 10 Menit 0

Peluang usaha ternak bisa dikatakan sebagai peluang usaha yang akan terus menjanjikan di 2022. Pasalnya, daging, telur, maupun ikan, adalah bagian dari kebutuhan pokok manusia.

Ada lebih dari 25 peluang usaha ternak yang cukup menjanjikan dan menguntungkan jika di kelola dengan baik di tahun 2022 sekarang ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami sengaja memberikan peluang-peluang usaha dalam bidang peternakan. Namun, sebelum itu mari simak dulu beberapa tips sebelum memulai usaha ternak.

Tips Memulai Usaha Ternak

Memulai usaha ternak tidak bisa sembarang atau asal-asalan. Melainkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini kami rangkumkan tips sebelum memulai usaha ternak.

1. Perhatikan Bibit

Untuk segala jenis usaha ternak apa pun, baik misalnya sapi, kambing, atau ikan, perhatikanlah bibit. Pastikan kamu memilih bibit yang benar-benar sehat, subur, dan unggul. Kamu harus benar-benar jeli dalam menentukan bibit.

2. Pakan & Vitamin Ternak

Selain bibit, perhatikan juga pakan dan vitamin untuk ternak. Pakan dan vitamin yang tepat akan membuat ternak tumbuh menjadi lebih subur subur dan berbobot. Dengan begitu, harga jual ternak akan menjadi lebih tinggi dan bisa saja panen lebih cepat.

3. Kebersihan Kandang

Terakhir, agar ternak tetap sehat, jangan lupa juga untuk membersihkan kandang. Seperti misalnya 3 hari sekali atau bila perlu sehari sekali. Jangan sampai karena masalah kebersihan kadang, ternak kamu menjadi terkena penyakit dan menyebabkan gagal panen.

25+ Peluang Usaha Ternak

Jangan lupa, kelola dengan baik apa pun jenis usaha ternak yang akan kamu coba. Tanpa berlama-lanagi berikut ini 25+ peluang usaha ternak di di tahun 2022.

1. Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung sepertinya memiliki peminat tersendiri dari ayam potong. Para penggemar ayam kampung merasa bahwa daging ayam kampung lebih enak dan lebih sehat dari ayam potong.

Memang pada kenyataannya harga ayam kampung dibandrol lebih mahal dari pada ayam potong. Salah satu alasannya adalah karena daging ayam kampung lebih rendah kolesterol.

Dengan alasan tersebut, harga ayam kampung tetap stabil ketika harga ayam potong merosot di pasaran. Tidak seperti ayam potong yang harganya sangat tidak menentu.

Oleh karena itu, ternak ayam kampung menjadi salah satu bisnis ternak yang menjanjikan di tahun 2022 ini. Ternak ini terbilang mudah karena pemberian makan cukup dua kali dalam sehari.

2. Ternak Ayam Potong

Ternak ayam potong menjadi salah satu pilihan usaha ternak yang menjanjikan karena permintaan pasar yang cukup stabil dan relatif terus meningkat.

Selain itu, ayam potong juga dinilai lebih ekonomis dan produksinya cepat. Sekitar empat sampai enam minggu saja, ayam potong sudah bisa dipanen dengan berat 1,5 kilogram.

Agar cepat panen ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti misalnya kebersihan kandang agar terbebas dari hama, pakan dan vitamin yang tepat, dan sebagainya.

3. Ternak Ayam Petelur

Seperti dagingnya, telur ayam juga memiliki pasar dengan permintaan yang cukup tinggi. Seperti misalnya pabrik pembuat roti yang membutuhkan berkuintal-kuintal telur per harinya.

Bagi yang ingin mencobanya, paling tidak memiliki lahan yang cukup untuk menampung puluhan bahkan ratusan ekor ayam agar produksi telur bisa untuk menutup pasar.

Pembuatan kandang ayam petelur sendiri diusahakan jauh dari keramaian. Ayam petulur cenderung mudah stres jika berada di tempat yang ramai. Selain itu juga agar bau dari kotoran ayam tidak menggangu penduduk sekitar.

4. Ternak Ayam Pejantan

Ayam penjantan merupakan ayam dari jenis ayam petelur yang berjenis kelamin jantan. Jika ayam betina diambil telurnya, maka ayam pejantan dijadikan ayam pedaging.

Membudidayakan ayam pejantan ini relative lebih mudah dan hanya membutuhkan waktu yang singkat jika dibandingkan dengan jenis ayam kampung.

Ternak ayam pejantan juga bisa dicoba karena peminatnya yang lumayan banyak. Banyak rumah makan yang menyajikan hasil olahan daging ayam pejantan sebagai pengganti ayam kampung.

5. Ternak Bebek

Ternak bebek menjadi usaha ternak yang menjanjikan karena bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Selain dagingnya, telur bebek juga banyak yang mencarinya.

Sama seperti ternak ayam, yang harus diperhatikan jika ingin ternak bebek adalah kondisi kandang yang baik. Lokasi kandang jauh dari rumah penduduk dan dekat dengan sumber air.

Selain kandang yang aman, ternak bebek bisa dibilang membutuhkan perawatan yang cukup tidak mudah karena harus memberi pakan tiga kali sehari dan memberiannya vitamin.

6. Ternak Itik

Hingga saat ini masih banyak orang yang bingung antara perbedaan itik dan bebek. Bahkan malah ada yang mengangga kalau keduanya itu sama saja.

Memang antara itik dan bebek memiliki banyak persamaan, yakni jenis unggas yang dapat dikonsumsi baik dagingnya maupun telurnya.

Laman: 1 2 3 4

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Noer
Ditulis oleh

Noer

Freelance Writer di Pintarjualan.id menyajikan konten-konten yang bermanfaat untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com