Keunggulan Mengirim Barang Farmasi dengan LJR Logistics

Anisa 13 Feb 2024 3 Menit 0

ADVERTISEMENT

Penanganan material atau produk-produk farmasi, maupun obat-obatan tidak bisa secara sembarangan. Hal ini karena produk farmasi perlu penanganan khusus saat pengiriman agar tetap layak dipakai.

Contohnya saat pengiriman obat-obatan, suplemen, dan vaksin ketika pandemi Covid-19.

Dan perlu diketahui bahwa pengiriman menggunakan cargo dinilai lebih murah daripada pengiriman dalam bentuk package yang lebih kecil (Pengiriman reguler pada umumnya). Sebab barang yang dikirim dalam jumlah banyak sekaligus akan memberikan keuntungan bagi produsen produk farmasi.

Jika menggunakan kargo udara mungkin akan mendapatkan satu keuntungan, yakni durasi waktu yang lebih singkat dan cepat untuk mencapai kota tujuan pengiriman. Namun sayangnya, tarif ongkir relatif lebih mahal daripada kargo darat (land freight) atau kargo laut (sea freight).

Lantas bagaimana solusinya? Tentunya dengan memilih ekspedisi cargo yang memberikan layanan pengiriman barang agar bisa langsung didistribusikan ke tempat tujuan lewat mekanisme door to door.

ADVERTISEMENT

1. Sertifikat Cargo Farmasi

Cek resi ljr logistic
Foto by instagram. Com/ljrlogistics

Untuk dapat memberikan layanan kargo farmasi, perusahaan logistik wajib memiliki sertifikat khusus untuk keperluan tersebut. Hal ini karena prosedur operasional yang ditetapkan sangat ketat, mengingat obat dan suplemen akan digunakan oleh masyarakat. Jadi, kualitasnya harus benar-benar dijaga.

Salah satu sertifikat yang dimaksud yakni Sertifikat Pharmaceutical Good Distribution, merupakan jaminan keamanan pelayanan angkutan kargo untuk kebutuhan kesehatan.

Pharmaceutical cargo atau kargo farmasi adalah istilah yang diberikan kepada perusahaan logistik yang telah melalui proses asesmen dan mendapat sertifikat kelayakan untuk mengangkut dan mengirim produk farmasi.

ADVERTISEMENT

2. Cara Pengiriman Kargo Farmasi

Biaya pengiriman pakai ljr logistic
Foto by instagram. Com/ljrlogistics

Pengiriman barang farmasi dalam jumlah besar tidak menggunakan ekspedisi reguler atau general cargo (kargo umum). Mengapa demikian? Apabila menggunakan ekspedisi reguler atau general cargo, maka berisiko mempengaruhi kualitas produk farmasi tersebut.

Perlu diketahui bahwa kargo umum tidak menyediakan pendingin dan keamanan tinggi. Padahal obat dan suplemen yang diproduksi memiliki tanggal expired, sehingga sangat sensitif dan dapat mengalami perubahan kimiawi apabila temperatur kemasan pengiriman tidak terjaga dengan baik.

Jadi, kargo farmasi adalah jenis pengiriman yang memperhatikan tingkat suhu dan kelembaban dari barang-barang farmasi yang dikirim. Wujudnya berupa kontainer khusus yang akan mempertahankan suhu dan kelembapan produk di dalamnya dan dapat dikirim lewat darat, laut, maupun udara.

Nantinya barang farmasi harus disimpan dalam kontainer dingin tersebut sejak pertama kali dibuat, saat tiba di bandara, ketika masuk ke truk, hingga didistribusikan ke apotek, rumah sakit, juga puskesmas.

WHO menyebut distribusi lewat pendingin ini dengan istilah “cold chain”. Jadi, obat, suplemen, dan barang-barang farmasi lainnya harus melalui rantai dingin sebelum sampai ke tangan pengguna.

ADVERTISEMENT

3. Pelanggan Kargo Farmasi

Bagaimana cara kirim dengan ljr logistic
Foto by. Instagram. Com/ljrlogistics

Fungsi utama kargo farmasi yaitu memfasilitasi produsen maupun distributor obat-obatan dan alat kesehatan untuk mengirimkan produk ke berbagai daerah dengan tingkat kekhawatiran yang rendah akan perubahan fisik atau kimia yang mungkin terjadi pada barang farmasi.

Contoh perubahan fisik yang dimaksud adalah:

  • Kemasan rusak atau pecah
  • Perubahan warna akibat terpapar kenaikan suhu atau cahaya matahari
  • Barang tampak kotor dan tidak layak

Sementara contoh perubahan kimia yang terjadi pada produk farmasi, antara lain: kontaminasi oleh bakteri, penurunan kadar zat aktif karena zat aktif tersebut terurai, dan sebagainya.

ADVERTISEMENT

3. Penyedia Layanan Kargo Farmasi

Syarat kirim barang dengan ljr logistic
Foto by instagram. Com/ljrlogistics

Jika kamu tertarik untuk mengirim barang farmasi (obat, suplemen, vaksin, serum, dll), kami rekomendasikan untuk menggunakan LJR Logistics yang telah menyediakan pilihan jasa pengiriman ke berbagai daerah menggunakan beragam jalur transportasi dengan fasilitas mumpuni.

LJR Logistics memiliki cold chain system terpercaya yang dapat diandalkan untuk menangani kebutuhan kamu.

Apalagi LJR Logistic menyiapkan armada khusus dan sistem penyimpanan yang dapat menjaga suhu vaksin dan barang farmasi lainnya agar tetap dalam kondisi normal di kisaran 2-8 derajat Celcius.

ADVERTISEMENT

4. Tentang LJR Logistics

Apa itu ljr logistic
Foto by instagram. Com/ljrlogistics

LJR Logistics adalah jasa pengiriman cargo yang melayani pengiriman dengan volume dan/atau berat yang besar. Termasuk pengiriman apparel dan pengiriman spare part kendaraan.

Berdiri sejak 1998, LJR Logistics sudah memiliki 29 cabang di kota-kota besar di Indonesia. Apabila kamu mau menggunakan jasa layanan milik perusahaan ini, silakan Whatsapp di 0811-400-1800. Kamu bisa langsung memesan jasa kargo sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, dengan prinsip yang transparan, LJR Logistic juga memudahkan setiap pelanggan untuk tracking atau cek resi paket melalui laman resminya di ljrlogistic.com.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *