Cara Packing Frozen Food untuk Dikirim ke Luar Kota Aman Sampai Tujuan

Hanif 17 Apr 2023 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Cara packing frozen food untuk dikirim ke luar kota ini menjadi penyelamat bagi ibu sekaigus wanita karir yang harus menyiapkan makanan dengan cepat.

Frozen food kini menjadi pilihan favorit banyak orang karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkannya. Namun, dalam bisnis frozen food, pengiriman produk ke luar kota bisa menjadi tantangan tersendiri yang mempengaruhi kualitas dan kesegaran produk.

Apakah Anda seorang pemilik bisnis frozen food, distributor, konsumen, atau penyedia jasa logistik, memahami cara yang tepat untuk packing frozen food sangat penting untuk memastikan produk sampai di tujuan dengan kondisi terbaik.

Dalam artikel ini, kita akan mengungkap rahasia sukses pengiriman frozen food dengan tips dan trik packing yang aman dan efisien. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

ADVERTISEMENT

Cara Packing Frozen Food untuk Dikirim ke Luar Kota

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan supaya frozen food bisa tetap dingin hingga tujuan. Perhatikan langkah-langkah berikut.

 

ADVERTISEMENT

1. Ketahui Jenis-jenis Packing yang Cocok untuk Makanan Beku

Persiapan sebelum memulai proses packing juga pentinf dalam pengiriman frozen food, misalnya dengan memilih jenis packing yang cocok untuk makanan beku.

Berbagai jenis makanan beku membutuhkan jenis packing yang berbeda-beda, tergantung pada sifat dan konsistensi makanan tersebut.

  • Plastik
    Wadah plastik yang tahan air cocok untuk makanan beku yang keras seperti buah beku atau sayuran beku
  • Styrofoam
    Wadah styrofoam juga cocok untuk makanan beku karena kemampuannya menjaga suhu. Selain itu, styrofoam juga mampu menjaga bentuk makanan tidak hancur ketika dibekukan.
  • Kemasan Vakum
    Kemasan vakum yang dirancang khusus untuk makanan beku dapat mempertahankan kesegaran makanan beku lebih lama.
  • Kardus dan bubble wrap
    bahan packing tambahan seperti kardus atau bubble warp bisa menjaga makanan tetap dingin dan mencegah kerusakan dalam proses pengiriman.

Selain itu, pastikan untuk memilih ukuran wadah yang sesuai dengan jumlah makanan beku yang ingin dikirim, sehingga wadah tidak terlalu penuh atau kosong, dan dapat menghindari risiko kerusakan atau keretakan pada makanan beku.

Tips Memilih Bahan Packing yang Tepat:

  • Gunakan bahan packing yang cukup tebal dan kuat
  • Pilih bahan packing yang sesuai dengan jenis makanan beku yang akan dikirim
  • Pastikan bahan packing dapat menjaga suhu makanan beku

ADVERTISEMENT

2. Cara mempersiapkan makanan untuk dipacking

Bagaimana Cara Mempersiapkan Makanan untuk Dipacking? Sebelum memasuki proses packing, ada beberapa teknik dan persiapan yang harus dilakukan untuk mempersiapkan makanan beku agar bisa dikemas dengan benar.

Berikut adalah beberapa Teknik-teknik Packing Makanan Beku yang Benar:

  • dinginkan makanan terlebih dahulu, jangan langung bekukan makanan panas
  • keringkan makanan, air yang beku bisa merusak plastik kemasan
  • vacuum agar makanan beku lebih tahan lama

Mengenal Lebih Dekat Vacuum Sealer: Vacuum sealer adalah alat yang membantu proses packing makanan beku dengan cara mengeluarkan udara dari dalam kemasan. Dengan menghilangkan udara dari dalam kemasan, makanan beku dapat terhindar dari pembekuan ulang atau pembentukan kristal es. Vacuum sealer juga dapat membantu memperpanjang masa simpan makanan beku.

Metode Packing Flash Freezing yang Wajib Anda Ketahui: Metode flash freezing dilakukan dengan cara membekukan makanan pada suhu yang sangat rendah dalam waktu singkat. Metode ini membantu mempertahankan kualitas dan nutrisi makanan beku, serta menghindari pembentukan kristal es yang bisa merusak tekstur dan rasa makanan.

Dengan memperhatikan teknik-teknik packing makanan beku yang benar, penggunaan vacuum sealer, dan metode flash freezing, Anda dapat mempersiapkan makanan beku dengan lebih baik sebelum melakukan proses packing untuk pengiriman ke luar kota.

ADVERTISEMENT

3. Bagaimana Mengatur Penyimpanan Makanan Beku yang Baik

Setelah makanan beku dipacking dan siap untuk dikirim, penyimpanan makanan beku yang baik sangat penting untuk memastikan kualitas dan kesegarannya terjaga selama pengiriman. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur penyimpanan makanan beku yang baik:

1. Simpan makanan beku pada suhu yang benar
Pastikan suhu freezer atau tempat penyimpanan makanan beku lainnya sesuai dengan rekomendasi dari produsen makanan beku atau vacuum sealer.

2. Gunakan label dan catatan
Label dan catatan pada setiap kemasan makanan beku dapat membantu Anda mengingat jenis makanan, tanggal pembuatan, serta tanggal kadaluwarsa untuk menghindari membuang makanan beku yang kadaluarsa.

3. Susun makanan beku dengan rapi
Penyusunan makanan beku dengan rapi dalam freezer atau tempat penyimpanan makanan beku lainnya dapat membantu menghindari kerusakan atau kebocoran pada kemasan makanan beku.

4. Hindari mengisi freezer terlalu penuh
Hindari mengisi freezer terlalu penuh karena dapat mempengaruhi sirkulasi udara dingin di dalam freezer dan mempengaruhi suhu makanan beku yang disimpan di dalamnya.

5. Jangan membekukan makanan beku kembali
Hindari membekukan ulang makanan beku yang sudah pernah dicairkan, karena dapat mempengaruhi kualitas dan rasa makanan.

Dengan mengikuti tips mengatur penyimpanan makanan beku yang baik, Anda dapat memastikan makanan beku tetap segar dan terjaga kualitasnya selama penyimpanan dan pengiriman ke luar kota.

ADVERTISEMENT

Cara Membuka Kemasan Makanan Beku dengan Aman dan Benar

Setelah makanan beku tiba di tempat tujuan, langkah selanjutnya adalah membuka kemasan makanan beku dengan aman dan benar agar kualitas dan kesegarannya terjaga. Berikut adalah 3 langkah cara membuka kemasan makanan beku dengan aman dan benar:

1. Cairkan secara perlahan

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *