Advertisement

7 Cara Memulihkan Chat Whatsapp yang Terhapus atau Hilang

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
29 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Chat Whatsapp tidak sengaja terhapus atau tiba-tiba hilang? Tenang saja, masih bisa dipulihkan. Kali ini kami akan memberikan 7 cara memulihkan chat Whatsapp yang terhapus atau hilang. Dengan 7 cara tersebut chat Whatssapp yang hilang atau terhapus tersebut akan kembali ada.

Bahkan, tidak hanya memberikan langkah-langkah cara memulihkan chat, di akhir artikel, seperti biasa, kami akan menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan pemulihan chat Whatsapp secara umum. Oleh karena itu, ikuti terus artikel ini sampai selesai.

Sebelum itu, mari simak lebih dulu syarat yang harus dipenuhi agar bisa memulihkan chat Whatsapp. Tanpa syarat yang satu ini, chat Whatsapp tidak akan bisa dipulihkan kembali.

Syarat Memulihkan Chat Whatsapp

Memulihkan chat Whatsapp dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan database. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemulihan chat tersebut. Setidaknya ada tiga syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Memiliki databases atau data backup dari chat Whatsapp sesuai dengan waktu yang diinginkan. Jika yang dibutuhkan adalah chat Whatsapp pada tanggal 28 Desember 2021, maka database atau backup chat juga musti pada tanggal yang sama.
  2. Nomor HP yang digunakan untuk pemulihan chat Whatsapp harus sama dengan nomor HP yang digunakan untuk pencadangan.
  3. Selain nomor HP yang harus sama, akun Google Drive juga harus sama antara yang digunakan untuk pencadangan dan pemulihan.

 

 

Cara Memulihkan Chat Whatsapp dari Google Drive

Google Drive manjadi salah satu pilihan yang bisa digunakan untuk membackup data chat di Whatsapp. Oleh karena itu, salah satu cara untum memulihkan chat Whatsapp bisa melalui Google Drive. Berikut ini langkah-langkah cara memulihkan chat Whatsapp melalui Google Drive;

  1. Pastikan ada data backup chat Whatsap di Google Drive;
  2. Hapus aplikasi Whatsapp yang ada di HP lalu install kembali;
  3. Buka aplikasi Whatsapp dan silakan Login;
  4. Setelah proses login berhasil, biasanya akan muncul pop up untuk memulihkan chat;
  5. Klik Pulihkan atau Restore.
  6. Tunggu hingga selesai;
  7. Jika proses pemulihan selesai, klik Lanjut atau ‘Next;
  8. Selesai.

7 Cara Memulihkan Chat Whatsapp dari Google Drive

Sedikit catatan tambahan: Google Drive adalah media penyimpanan backup chat Whatsapp bawaan dari Whatsapp untuk HP android. Baik itu HP Xiomi, Oppo, Realme, Samsung, dan sebagainya. Oleh karena itu, kita tidak perlu melakukan pengaturan apapun.

Cara Memulihkan Chat Whatsapp dari Database

Data backup chat Whatsapp juga sebenarnya tersimpan di memori HP secara otomatis setiap satu minggu sekali pada pukul 02.00 WIB. Kita bisa memulihkan chat Whatsapp melalui database tersebut. Berikut ini langkah-langkah memulihkan chat Whatsapp melalui database;

  1. Buka File Manager yang ada di HP;
  2. Cari folder Whatsapp;
  3. Buka folder Database;
  4. Ubah nama file yang ingin dipulihkan, dari msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12;
  5. Hapus aplikasi Whatsapp dan install kembali;
  6. Buka aplikasi Whatsapp dan verifikasi nomor HP;
  7. Klik Pulihkan atau Restore;
  8. Selesai.

Cara Memulihkan Chat Whatsapp di iPhone

Sama dengan pengguna android, pengguna iPhone juga bisa memulihkan chat Whatsapp dengan mudah. Syaratnya ID Apple yang digunakan harus sama dengan yang digunakan untuk mengakses iCloud. Berikut ini langkah-langkah cara memulihkan chat Whastapp di iPhone;

  1. Pastikan ada data backup chat Whatsapp di iCloud;
  2. Masuk dengan ID Apple untuk mengakses iCloud;
  3. Pastikan iCloud Drive aktif;
  4. Pastikan juga ada ruang kosong baik di iCloud maupun di iPhone untuk pemulihan chat;
  5. Hapus dan install kembali aplikasi Whatsapp di iPhone;
  6. Buka aplikasi Whatsapp dan dan silahkan Login.
  7. Disela-sela proses login akan muncul Pulihkan dari iCloud;
  8. Pilih Pulihkan Riwayat Chat:
  9. Tunggu hingga proses pemulihan tersebut selesai;
  10. Selesai.

Sedikit catatan tambahan: Jika di HP android media penyimpanan backup chat Whatsapp bawaan menggunakan Google Drive, maka di iPhone media penyimpanan backup chat Whatsapp bawaan adalah menggunakan iCloud.

Cara Memulihkan Chat Whatsapp ke HP Baru

Cara memulihkan chat Whatsapp ke HP baru sama saja dengan cara memulihkannya melalui Google Drive atau iCloud. Perbedaannya hanya pada perangkat yang digunakan, yaitu perangkat baru. Berikut ini langkah-langkah memulihkan chat Whatsapp ke HP baru;

  1. Pastikan data backup chat Whatsapp;
  2. Buka install aplikasi Whatsapp;
  3. Buka aplikasi Whatsapp dan login;
  4. Setelah itu akan muncul tawaran untuk memulihkan pemulihat chat;
  5. Klik Pulihkan atau Restore;
  6. Tunggu hingga proses pemulihan tersebut selesai;
  7. Selesai.

7 Cara Memulihkan Chat Whatsapp di HP Baru

Catatan tambahan: Jika menggunakan HP android maka pemulihan chat Whatsapp akan berdasarkan data backup yang ada di Google Drive. Sedangakan jika menggunakan iPhone maka pemulihan chat Whatsapp akan berdasarkan data backup yang ada di iCloud.

 

 

Aplikasi untuk Memulihkan Chat Whatsapp

Selain melaui Google Drive atau database, chat Whatsapp juga bisa dipulihkan dengan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan tersebut dapat diunduh di Play Store. Bagi yang senang bereksplorasi, maka silakan coba beberapa aplikasi berikut ini;

  1. WAMR – Recover deleted messages & status download

Aplikasi ini mendapatkan rating 4.6. Sekitar 50 juta orang sudah mengunduhnya. Rating yang tinggi bisa menjadi bukti bahwa aplikasi ini memang bisa digunakan untuk mengembalikan chat yang sudah dihapus. Selain chat, foto dan video juga bisa dipulihkan dengan aplikasi ini.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *