Cara Membuat Grup Telegram dengan Mudah (+ Tips Mengelolanya)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
09 Juli 2021
Waktu membaca
5 Menit

Bagaimana cara membuat grup Telegram? Apakah butuh waktu yang lama? Lalu, bagaimana cara mengelolanya?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut bakal kamu temukan dalam konten ini, maka baca sampai habis, ya.

Dalam panduan praktis ini, secara spesifik kami telah merangkum beberapa sub-topik yang berhubungan. Apa sajakah itu?

  • Apa yang dimaksud dengan grup Telegram? Bedanya dengan channel apa?
  • Langkah demi langkah untuk membuat grup di aplikasi Telegram (5 menit jadi),
  • Fitur-fitur unggulan dan tips mengelola grup Telegram agar lebih optimal.

Sebelum masuk ke topik pembahasan, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Grup Telegram?

Grup Telegram ialah tempat untuk berdiskusi secara dua arah, baik admin maupun anggota. Diskusi tersebut dapat bermacam-macam topik sesuai dengan kebutuhan grup masing-masing.

Bedanya dengan channel Telegram, grup lebih interaktif dan dapat menampung suara dari anggota. Sedangkan, channel Telegram hanya berupa informasi searah yang dikirimkan oleh admin ke seluruh subscribers.

Grup di sini sangat berguna untuk membangun komunitas. Komunitas yang memiliki minat sama, saling belajar, lalu mengerucut pada topik-topik yang dibahas bareng-bareng. Baik anggota maupun admin.

Grup Telegram ini cukup bagus untuk membangun interaksi secara lebih personal. Efek eksponensialnya juga cukup tinggi, ketika anggota grup mengundang teman-teman yang lain dengan minat sama.

Baca juga:

Cara Membuat Grup Telegram

Membuat grup di Telegram juga sangat praktis dan mudah. Bahkan tidak sampai 5 menit sudah jadi. Bisa dilakukan lewat aplikasi mobile, desktop, maupun web browser.

Dalam panduan ini, kami mencontohkan dengan perangkat Android. Untuk penjelasan selengkapnya, baca tutorial di bawah.

1. Buka Aplikasi Telegram

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Telegram. Kalau belum punya, silakan unduh dan instal lewat Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Kemudian, kamu juga wajib sudah punya akun Telegram. Kalau belum buat, silakan baca panduannya di sini: Cara Membuat Akun Telegram dengan Mudah via HP / PC.

2. Tap Ikon “🖍” (Kanan Bawah)

Saat aplikasi Telegram berhasil dibuka, ketuk ikon pensil di pojok kanan bawah. Atau, kamu juga dapat mengetuk menu hamburger di pojok kiri atas. Bebas, tergantung selera kamu.

Berikut contoh tampilannya:

tambah pesan di telegram

3. Pilih Opsi “New Group”

Setelah mengetuk tombol pensil, maka kamu akan dihadapkan oleh beberapa menu lagi, yakni:

  • New channel
  • New group
  • Daftar kontak untuk di-chat

menu membuat grup di telegram

Pada pilihan tersebut, pilih menu “New Group” untuk membuat grup di Telegram.

4. Isi Nama & Foto Grup

Setelah masuk ke menu pembuatan grup, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa detail informasi. Meliputi:

  • Nama grup
  • Foto grup

beri nama dan deskripsi grup telegram

Langkah awal sebenarnya nama grup saja bisa, sedangkan foto grup kapan-kapan jika memang diperlukan. Tapi saran kami, buat dulu sesuai dengan topik grup yang ingin dibangun.

Jika sudah dilengkapi, ketuk icon “” untuk lanjut ke langkah berikutnya.

5. Pilih Anggota Grup

Setelah membuat nama dan melengkapi foto, selanjutnya kamu akan diminta untuk menambahkan anggota. Anggota yang ditambahkan hanya boleh dari daftar kontak yang kamu punya (untuk tahap awal saja).

tambah anggota grup telegram

Silakan pilih beberapa teman, lalu ketuk icon “” untuk membuat grup. Sampai di sini, selesai! Kini kamu sudah berhasil membuat grup di Telegram.

Mudah, cepat, dan praktis, bukan?

Fitur-fitur Grup Telegram

Grup di Telegram memiliki fitur yang jauh lebih banyak dan variatif. Pun, cukup memanjakan para pengguna di dalamnya. Apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya.

Pinned Message

Mirip dengan Pinned Tweet di Twitter atau Pinned Comment di YouTube, admin grup di Telegram dapat menandai salah satu postingan dan menempatkannya secara float (melayang) tepat di bawah nama grup.

Jika notifikasi tersebut di tap, maka pengguna akan langsung diarahkan ke detail chat yang di-pin tersebut. Biasanya, pinned chat tersebut merupakan chat yang paling penting dan wajib dilihat oleh seluruh anggota.

Peraturan Grup

Setiap grup sebaiknya memiliki peraturan yang jelas agar seluruh anggota mendapatkan hak dan kenyamanan yang sama. Aturan ini dibuat oleh admin grup untuk memberikan batasan-batasan pada anggota grup.

Salah satu caranya, adalah dengan mengirim pesan ke grup lalu pin chat tersebut. Atau, membuatnya di deskripsi grup agar dapat dibaca oleh seluruh anggota. Keduanya bisa diterapkan secara bersamaan agar lebih optimal.

Vote & Kuis

Di dalam grup Telegram, kamu juga dapat mengadakan polling dan kuis. Polling di sini cukup bermanfaat saat admin ingin mengumpulkan suara terbanyak terkait pilihan-pilihan tertentu.

Kemudian, kuis juga dapat diadakan agar anggota grup merasa berinteraksi dan belajar bersama. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan kedekatan antar anggota grup sehingga cukup aktif.

Chat Bot

Di dalam grup Telegram, admin juga dapat mengaktifkan chat bot. Salah satu fitur yang paling membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan random dari anggota.

Selain itu, chat bot juga berguna untuk memastikan anggota grup yang baru bergabung untuk verifikasi. Misalnya, “ketik kalimat Akun Asli untuk menunjukkan bahwa kamu bukan robot.”

Pengelolaan Grup Telegram

Selain fitur yang menarik, ada beberapa opsi untuk mengelola grup yang terbilang cukup bagus. Di antaranya: memilih privasi, perizinan member, admin grup.

Berikut penjelasan selengkapnya.

Tipe Privasi Grup

Privasi yang ada di grup dibagi menjadi 2 tipe:

  • Publik
  • Privat

Grup publik dapat diakses oleh siapapun, bahkan oleh mereka yang belum bergabung di grup tersebut. Sedangkan, grup privat hanya dapat diakses oleh anggota yang telah tergabung.

Perizinan Member

Member-member yang sudah tergabung di dalam grup juga dapat diberi ruang lebih ketika berinteraksi di grup. Yakni melalui perizinan setiap member.

Apakah member bisa mengirim sticker, link website, membuat polling, pin message, mengubah info grup, menambah anggota baru, dan izin-izin lainnya.

Admin Grup

Selain member, admin grup juga dapat dikelola perizinannya. Admin grup biasanya memiliki opsi untuk diizinkan atau tidak, mengenai menambah anggota, banned anggota, menghapus chat, dan lainnya.

Dengan begitu, kita dapat mengatur grup secara lebih aman. Semuanya dapat diatur privasi dan perizinannya, sehingga cukup mudah untuk mengkondisikan grup tersebut agar tidak melanggar peraturan.

Rangkuman

  • Grup Telegram merupakan media yang cukup bagus untuk membangun interaksi di komunitas. Selain komunitas, bisnis pun dapat menggunakannya untuk terhubung langsung dengan customer.
  • Untuk membuat grup ini tergolong cukup mudah dan praktis. Bisa dilakukan lewat aplikasi mobile, desktop, maupun web browser. Langkah-langkahnya juga tidak panjang.
  • Beberapa fitur yang ada di grup Telegram antara lain pinned message, peraturan grup, vote & kuis, serta chat bot. Fitur-fitur tersebut sangat menarik dan membantu meningkatkan interaksi.

Bagaimana, apakah penjelasan di atas sudah cukup mudah dipahami? Jika masih ada yang belum jelas, Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar, ya. Sebisa mungkin akan kami jawab dan bantu pecahkan persoalannya.

Kalau kamu suka dengan konten ini, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dengan cara mengetuk tombol sosial media di bawah. Lalu, eksplor konten kami yang lainnya di sesi Artikel Terkait (📌) di bawah postingan ini.

Untuk tetap terhubung bersama kami, Follow (👋) akun Instagram @PintarJualan.id. Kamu akan mendapatkan notifikasi konten seputar jualan online, tips ekspedisi, digital marketing, hingga lelucon seputar e-commerce.

Akhir kata, terima kasih dan semoga dapat membantu, yaa~ 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *