Cara Hapus Akun Zalora dan Deactive Account [+Format] 2022

Anisa 06 Jul 2022 4 Menit 0

Cara hapus akun Zalora masih sama persis seperti ketika pertama kali platform belanja Asia ini muncul.

Hanya melalui beberapa langkah, pengguna dapat menghapus akunnya.

Namun, perlu diketahui kalau sekali akun dihapus, maka pengguna tidak dapat melihat rincian status pengiriman Zalora, riwayat pesanan, keranjang atau troli, dan lain-lain.

Oleh karena itu, sebelum menghapus account Zalora milik pribadi, baca dulu aturan serta kebijakannya.

Baru deh ikuti tutorial berikut!

Cara Menghapus Akun Zalora bagi Seluruh Pengguna

Tidak banyak mengenai informasi seputar tata cara menutup akun Zalora.

Apalagi beberapa persyaratannya masih belum begitu cukup dipahami oleh sebagian masyarakat yang gemar belanja online di marketplace.

Aturan dan Ketentuan Untuk Menutup Akun Zalora

Untuk setiap pengguna yang ingin menghapus akun Zalora, kenali dulu ketentuan & syarat-syaratnya

1. Seluruh Pesanan Telah Selesai

Pesanan yang masih belum selesai, diharapkan agar lunas.

Termasuk beberapa barang yang belum dibayar, baik melalui transfer rekening atau COD.

Atau pembeli dapat membiarkannya begitu saja sampai orderan tersebut hangus dengan sendirinya.

Baru kemudian bisa mengajukan deactive atau hapus akun secara permanen.

Apabila ingin menyimpan riwayat pesanan, pembeli maupun seller di Zalora dapat meng-capture pakai smartphone dan mendokumentasikannya secara pribadi.

Lalu memindahkannya ke dalam folder pribadi sebagai tanda bukti bahwa Toko atau pun segala transaksi pernah terjadi.

2. Tidak Ada Cicilan atau Tagihan

Syarat pencabutan akun (data pribadi) di Zalora yakni pengguna telah bebas dari beragam jenis cicilan, tagihan, serta tanggungan yang bersifat mengikat.

Misalnya saja, pembeli checkout di Zalora menggunakan sistem PayLater atau credit card dan telah menyetujui pengiriman barang.

Rupanya waktu cek resi ZDEX, barang tersebut sudah dalam proses pengiriman.

Yang berarti dianggap membeli oleh pihak ecommerce, sehingga harus melunasi tagihan-tagihan berupa cicilan berdasarkan nominal yang tertera.

Menghimpun beberapa persyaratan delete account, seorang pengguna tidak diperbolehkan menutup akun miliknya apabila masih meninggalkan sejumlah tanggungan.

Dengan kata lain, sistem berhak menolak permohonan dan tidak menyetujuinya.

Kecuali pengguna melunasinya terlebih dahulu sebelum habis masa jatuh tempo, maka baru diizinkan untuk menghapus akun.

3. Bebas dari Masa Pemulihan Akun

Akun yang sedang berada dalam proses pemulihan atau pengaktifan kembali usai masa-masa deactive juga tidak bisa dihapus begitu saja.

Apa sih perbedaan deactive dan delete account?

Deactive account berarti akun milik pengguna hanya disembunyikan sementara oleh sistem dan dapat dikembalikan kapan pun sesuai permintaan user.

Kinerjanya persis seperti Instagram.

Sedangkan, delete accountberarti penghapusan akun akan membuat pengguna tidak dapat mengakses kembali profilnya.

Untuk berbelanja di Zalora pun harus mendaftar dengan email dan nomor ponsel yang baru.

Aturan ini juga diterapkan ketika pengguna ingin hapus akun JD.ID

4. Akun Tidak Dapat Digunakan Kembali

Proses pencabutan data di Zalora tak berbeda jauh dari skema penghapusan akun Blibli.

Yaps, Setelah akun benar-benar hilang dan tidak bisa diakses seperti biasa, maka pengguna tidak dapat menggunakannya kembali.

Itu berarti, setiap kali ingin berbelanja di Zalora harus mendaftar dengan akun baru.

Mulai dari email, nomor telepon, dan username.

Apakah bisa dikembalikan lagi apabila meminta langsung pada customer service?

Menurut beberapa pengalaman beberapa pengguna Zalora, akun yang sudah dihapus maka dianggap hangus oleh sistem. Sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku.

Kecuali bila memang benar-benar ada urgensi yang mengharuskan akun tersebut diaktifkan kembali.

5. Penyimpanan Data Terbilang Aman

Zalora pun mengungkapkan bahwa seluruh hal yang berkenaan dengan pencabutan data dijamin aman.

Pihaknya juga menggarisbawahi kalau akun yang sudah dihapus, maka tidak akan diutak-atik tanpa adanya kepentingan mendesak dari pengguna.

Penjelasan tersebut didukung oleh undang-undang serta peraturan atas dasar hukum yang berlaku.

Sehingga pengguna tidak perlu khawatir apabila akunnya akan disalahgunakan oleh pihak Zalora.

Alasan Akun Pengguna Dihapus

Mungkin kamu masih memikirkan, apa saja alasan yang bisa digunakan agar akun berhasil dihapus oleh tim internal Zalora?

Beberapa latarbelakang dan motif berikut dapat ditulis saat mengajukan permintaan hapus akun.

  1. Akun pribadi ternyata diretas oleh oknum tak bertanggung jawab dan digunakan untuk menipu beberapa nama online shop terkenal.
  2. Pengguna merasa tidak nyaman menggunakan akun miliknya karena sering mendapatkan pesan yang mengatasnamakan Zalora dan terjadi secara berulang-ulang. Baik via WhatsApp maupun email.
  3. Beberapa kali mengalami masalah login yang sulit untuk diselesaikan. Entah karena masalah sistem atau eror lainnya.
  4. Mengalami kekecewaan yang berangsur-angsur akibat kerap mendapatkan barang tak sesuai ekspektasi. Poin keempat telah dialami oleh beberapa pembeli di Zalora. Di antaranya, membeli produk lokal tetapi ternyata penjual memberikan stok lama, sehingga barang gampang rusak dan membuat pembeli merasa tidak puas.
  5. Harga terlalu tinggi dan sulit menemukan barang dengan harga terjangkau atau affordable.
  6. Sulit menemukan barang impian atau brand yang dikehendaki tidak mengeluarkan inovasi baru
  7. Merasa menemukan produk lain yang lebih menarik dan memuaskan di marketplace lain
  8. Ingin berhenti menggunakan media sosial dan akun-akun yang berkaitan dengan jual beli online karena merasa trauma atas peristiwa tertentu
  9. Berkeinginan untuk melakukan rebranding suatu produk dan nama toko, sehingga akun yang lama perlu dihapus
  10. Kurang bisa mengoperasikan beberapa fitur di Zalora
  11. Kesulitan mengelola beberapa akun di berbagai ecommerce sehingga ingin fokus pada akun supaya tidak kewalahan untuk mengurus pesanan, pengiriman, dan beberapa hal lainnya.
  12. Metode pembayaran yang ada di Zalora dianggap kurang lengkap sesuai ekspektasi.

Tata Cara Hapus Akun Zalora Lewat Email

Nah, untuk menutup dan deactive akun di Zalora, pengguna hanya bisa menggunakan media email untuk melakukannya.

Bagaimana cara mengajukan penghapusan akun tersebut?

  1. Buka email dan tulis email
  2. Bagian subject diisi “Permintaan Hapus Akun Zalora”
  3. Tulis dengan format berikut

“Yth. Customer Care Zalora

Menara Bidakara I Lt 17
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 71-73
Menteng Dalam, Jakarta Selatan 12870

Dengan Hormat, saya, Kania Devita Maharani Iskandar menyampaikan bahwa ingin mengajukan permohonan untuk menghapus akun pribadi saya di Zalora.

Saya adalah pengguna lama yang bertahun-tahun menggunakan Zalora untuk berbelanja fashion serta kebutuhan lainnya. Akan tetapi, saya ingin mengakhiri penggunaan akun ini dikarenakan alasan tertentu.

Lima hari yang lalu akun saya diretas oleh orang tak dikenal dan oknum tersebut membuat saya harus membayar beberapa tagihan atas semua produk yang berhasil di-checkout.

Walhasil saya merasa terbebani dan stess akibat aktivitas tak biasa tersebut yang mengakibatkan terjadinya kelumpuhan pada keuangan keluarga.

Saya sangat resah karena tidak mengetahui bagaimana menghentikan akun tersebut, tetapi yang jelas aktivitas login di akun Zalora milik saya bukan saya pribadi.

Sebagai buktinya, saya lampirkan beberapa dokumentasi sebagai tanda pendukung untuk memohon dengan sangat segera matikan akun saya.

Selain itu, saya ingin beristirahat terlebih dahulu dari media sosial karena masalah ini mempengaruhi banyak aspek dan berdampak secara psikis bagi saya, suami, dan anak-anak.

Mohon Bapak/Ibu mengabulkan permohonan yang saya kirim karena sudah sangat meresahkan. Terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan digital)”

Ketika pengajuan di atas diterima, maka Zalora akan mengarahkan pengguna ke alamat email dpo@id.zalora.com yakni petugas atau bagian khusus perlindungan data konsumen.

Proses pengajuan ini juga akan memakan waktu kurang lebih 30 hari untuk disetujui.

Nah, agar lebih cepat silakan kontak akun Zalora yang lain, seperti nomor telepon di (021) 80640800.

Penutup

Pintarjualan.id berharap penuh kalau pembahasan mengenai cara hapus akun Zalora ini dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pengguna.

Apabila merasa terbantu atau terkendala hal lainnya, cukup tinggalkan komentar di bawah ya.

Barangkali kami bisa membantunya. Terima kasih!

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *