Advertisement

Berkat Digitalisasi UMK Mitra Binaan Telkom Makin Berkembang

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
27 Februari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Berkat digitalisasi, salah satu UMK binaan Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) di Lampung kini menjadi semaking berkembang.

Telkom berkomitmen untuk terus mengakselerasi ekonomi digital melalui digitalisasi di berbagai sektor dan lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

Baca juga: Dukung UMKM di Era Pandemi, Telkom Gelar Creative UMKM Talks

Pengembangan Usaha Mikro Kecil merupakan salah satu potensi ekonomi yang didukung Telkom untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku ekonomi lokal.

Komitmen pengembangan UMK tersebut dapat dilihat dari jumlah mitra binaan Telkom yang tergabung dari seluruh Indonesia dengan berbagai bidang usaha.

Salah satunya di kota Lampung, mitra binaan Telkom Rumah Kopi JR Coffee yang berhasil mengembangkan usaha sekaligus turut memberdayakan masyarakat lokal.

Memiliki nama awal Kopi Bubuk Bintang Gajah yang berdiri pada 2002, JR Coffee menjalankan usaha bersama delapan orang tenaga kerja dari lingkungan sekitar.

Dengan total produksi mencapai 500 kg per bulan. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi JR Coffee untuk mengembangkan usahanya lebih besar lagi ke depan.

Hingga akhirnya, JR Coffee bergabung sebagai mitra binaan Telkom pada 2007 dan mendapatkan dukungan bantuan pinjaman modal usaha.

Modal tersebut dimanfaatkan untuk pembelian mesin yang meningkatkan efektivitas produksi hingga satu ton per bulan demi memenuhi permintaan dan memperluas pasar.

Tak hanya pemodalan, kini JR Coffee berhasil memasarkan produknya hingga keluar Pulau Sumatera dengan mengikuti berbagai pameran UKM.

Hal yang sama dirasakan oleh pelaku industri kerajinan UD Mitra Elang Abadi yang bergerak di sektor usaha pengemasan kapas dan perdagangan.

Baca juga: Dukung Digitalisasi Pendidikan, Telkomsel Hadirkan Digital Library KIPIN

Usaha yang dirintis sejak 2011 ini bergabung menjadi mitra binaan dari pengemasan kapas dan perdagangan ke sektor kerajinan bola kaki dan celengan.

Memberdayakan 15 orang tenaga kerja lokal sekitar lokasi usaha, UD Mitra Elang Abadi berhasil memproduksi 10.000 buah bola setiap bulan.

Kini tidak hanya memasarkan produknya di Lampung, UD Mitra Elang Abadi telah berhasil merambah ke Jambi dan Palembang.

“Tentunya dengan mengoptimalkan teknologi dan digitalisasi. Di sinilah Telkom memainkan peran untuk mendukung para pelaku ekonomi lokal,” ungkap Hery Susanto.

Lebih lanjut Senior General Manager Community Development Center Telkom tersebut Hery mengatakan digitalisasi menjadi kebutuhan penting.

Berkat digitalisasi, sektor UMK mendorong pemanfaatan e-learning, e-commerce, literasi digital, permintaan delivery, dan kebutuhan alat kesehatan/kebersihan.

Namun tidak dapat dipungkiri masih banyak permasalahan digitalisasi yang dialami UMK. Terutama UMK di beberapa daerah terpencil karena keterbatasan akses internet.

Pemahaman dari pelaku UMK terhadap teknologi, pemasaran online terbatas, proses produksi dan akses pasar daring yang masih dinilai belum cukup maksimal.

Untuk itu, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi konsisten terus mengakselerasi pemerataan konektivitas sehingga seluruh masyarakat bisa memanfaatkan akses internet.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan Paket Halo Hemat Unlimited, Hanya 80 Ribu/Bulan

Dengan pemerataan konektivitas akses internet yang mudah dan stabil, digitalisasi masyarakat bisa semakin dipercepat dan mempercepat ekonomi digital Indonesia.

“Kontribusi Telkom ini merupakan upaya untuk menjadikan teknologi digital yang bermanfaat untuk semua orang,” tutup Hery saat berkunjung ke mitra binaan Telkom pada Januari lalu.


Artikel ini telah terbit di Siberindo.co dengan judul “Kisah UMK Mitra Binaan Telkom Lampung, Semakin Berkembang Berkat Digitalisasi”.

Link: https://siberindo.co/26/02/2022/kisah-umk-mitra-binaan-telkom-lampung-semakin-berkembang-berkat-digitalisasi/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *