Punya Harta Rp595 Triliun, Siapakah Orang Terkaya di Hongkong?

Anisa 27 Feb 2023 2 Menit 0

ADVERTISEMENT

Setelah Forbes merilis 10 daftar orang terkaya di dunia, kini majalah tersebut mengungkapkan sosok paling tajir di Hong kong.

Berkat kekayaannya yang mencapai Rp595 triliun atau setara dengan 39 miliar dolar AS, dirinya pun lagi-lagi berada di urutan pertama sebagai pengusaha paling kaya raya di Hongkong versi Majalah Forbes. Namanya adalah Li Ka-Shing.

Nama Li Ka-Shing sudah tidak asing lagi di industri bisnis karena dirinya merupakan pengusaha, investor, sekaligus keturunan orang Cina paling kaya di dunia. Kepiawaiannya dalam mengendalikan serta mengembangkan perusahaan membuat Li Ka-Shing mendapat julukan Superman yang paling disegani di Asia, khususnya Asia Timur.

Walaupun jumlah kekayaan yang dimiliki oleh sebagian besar pengusaha sukses di Hong Kong mengalami kemerosotan akibat faktor perekonomian yang sempat mengguncang negara hingga mencapai 3,5% pada 2022 lalu, akan tetapi situasi tersebut tidak berlangsung lama. Keadaan berangsur membaik pasca pelonggaran lockdown pandemi Covid-19 yang dilakukan hingga sampai Januari 2023.

Progres ekonomi pun mempengaruhi perolehan kekayaan kolektif yang dimiliki Li Ka-Shing dengan kenaikan hingga hingga 3 miliar dolar AS dari tahun sebelumnya.

Setelah nama Li Ka-Shing, pengusaha real estate yang juga memiliki kekayaan fantastis adalah Lee Shau Kee yang menduduki posisi kedua sebagai Crazy Rich di Hong Kong versi Majalah Forbes. Lee Shau Kee dikenal sebagai pemimpin Lee’s Handerson Land dan kini dikabarkan sedang dalam proses pembangunan landmark komersial di dekat Pelabuhan Central dengan nilai proyek 14,6 miliar dolar AS.

Orang terkaya di hong kong 2023

Source: forbes. Com

Selain keduanya, tahta ketiga orang terkaya dan termasuk paling sukses di Hong Kong adalah Henry Cheng. Hampir seluruh masyarakat di dunia tampaknya tidak asing dengan Henry Cheng, karena dirinya merupakan milyarder sekaligus putra dari mendiang Cheng Yu-Tung. Henry diketahui memiliki kekayaan 28,9 miliar dolar AS atau setara Rp441 triliun.

Kekayaan Henry Cheng meningkat dari sebelumnya 26 miliar dolar AS (Rp377 triliun) menjadi Rp441 triliun akibat meroketnya kebutuhan emas sehingga mampu menaikkan saham Chow Fook Jewellery Group hingga 20%.

Selain ketiga nama mentereng tersebut, sosok seperti Jean Salata dan Helmut Sohmen juga tak luput dari sorotan dunia. Keduanya pun memiliki kekayaan yang terus bertambah dari tahun ke tahun sejak bisnis masing-masing mengalami peningkatan cukup pesat.

Akibatnya, kelima nama tersebut mulai dari Li Ka-Shing hingga Helmut Sohmen tetap konsisten dalam daftar yang disebutkan oleh Forbes.

Siapa saja pengusaha di Hong Kong yang masuk kategori 10 orang terkaya menurut Majalah Forbes?

  1. Li Ka-Sing – 39 miliar dolar AS
  2. Lee Shau Kee – 30,3 miliar dolar AS
  3. Henry Cheng – 28.9 miliar dolar AS
  4. Lee Siblings – 19,3 miliar dolar AS
  5. Peter Woo – 16,9 miliar dolar AS
  6. Kwong Siu-Hing – 15,2 miliar dolar dolar AS
  7. Lui Che Woo – 14,9 miliar dolar AS
  8. Joseph Lau – 13,2 miliar dolar AS
  9. Joseph Tsai – 8,5 miliar dolar AS
  10. Francis Choi – 8,2 miliar dolar AS

Kedudukan yang dirilis oleh Forbes bisa saja akan mengalami perubahan dari tahun ke tahun atau justru tetap sama. Hasil data tersebut sama kualifikasinya dengan perilisan daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2023.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Referensi:

  • Total Wealth Of Hong Kong’s 50 Richest On Forbes List Dips Slightly To $324 Billion – https://www.forbes.com/sites/forbespr/2023/02/22/total-wealth-of-hong-kongs-50-richest-on-forbes-list-dips-slightly-to-324-billion/?sh=3e819a953d1d
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *