Advertisement

Peluang Usaha Bisnis Jualan Sepatu [+Analisis Modal & Keuntungan]

Diterbitkan pada
21 April 2022
Waktu membaca
5 Menit

Bingung menentukan usaha apa yang menguntungkan saat ini? Nah, cobain jualan sepatu, yuk! Ternyata peluang usaha bisnis jualan sepatu cukup menjanjikan untuk dijalankan saat ini.

Permintaan barang sepatu dari berbagai jenis setiap jati mengalami peningkatan. Ya, karena setiap orang pasti tidak akan cukup mempunyai sepasang sepatu saja.

Model-model sepatu yang kian bervariasi menambah daya tarik pembeli untuk mengganti sepatu mereka dengan model yang kekinian. Tentunya ini bisa menjadi kesempatan kamu meraih keuntungan di bisnis ini.

Buat kamu yang masih pemula dan bingung memulai bisnis jualan sepatu dari mana, tenang kami ada panduan bisnis yang bisa kalian ikuti dibawah ini.

Selain itu juga, kami sajikan analisa rincian modal usaha sepatu beserta keuntungannya. Penasaran kan? Yuk simak berikut!

Peluang Usaha Bisnis Jualan Sepatu

Semua kalangan baik anak kecil, orang dewasa, hingga orang tua pasti suka menggunakan sepatu. Produk ini bahkan sudah menjadi kebutuhan primer.

Baik untuk sekolah, kuliah, kerja, maupun menghadiri suatu acara akan tidak lengkap jika tidak menggunakan sepatu. Itulah mengapa bisnis ini tidak akan ada matinya.

Selain untuk kebutuhan primer, sepatu juga menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya untuk mempercantik penampilan, terlihat trendi dan keren.

Adapun beberapa keuntungan dari peluang usaha bisnis jualan sepatu, antara lain :

  • Target pasar yang luas.
  • Keuntungan yang menjanjikan.
  • Bisnis yang tidak ada matinya.
  • Merupakan kebutuhan pokok semua kalangan.
  • Produk tidak akan kadaluarsa.
  • Permintaan pasar terus meningkat.

Namun, disamping keuntungan diatas ada juga beberapa resiko dari bisnis ini. Seperti banyaknya kompetitor dan modal yang dibutuhkan cukup besar.

Tapi tenang saja, untuk mengatasi resiko dari jualan sepatu, kami ada beberapa tips dan cara memulai usaha jualan sepatu supaya laris manis dan untung banyak.

Penasaran bagaimana tipsnya? Sebelum itu, tekan tombol “Bookmark” (⭐) di pojok kanan atas untuk menyimpan postingan ini, ya.

Kalau sudah, yuk simak tipsnya dibawah ini. Lets go!

Tips & Cara Memulai Usaha Jualan Sepatu

Tidak perlu bingung lagi memulai bisnis sepatu. Kami sudah memberikan 8 langkah mudah yang bisa kamu tiru. Dapat dipastikan produk kamu akan laris dan menguntungkan.

Nah, langsung saja simak poin-poin dibawah ini dengan seksama, ya 🙂

1. Tentukan Jenis Produk Sepatu

Langkah pertama yaitu menentukan jenis produk sepatu. Seperti yang kita ketahui, jenis-jenis sepatu sangat banyak.

Ada sepatu wanita seperti heels, flatshoes, dll. Ada juga sepatu casual yang bisa dipakai wanita maupun pria seperti sneakers, sepatu olahraga, dll.

Nah, jenis produk sepatu harus kamu tentukan sejak awal. Pilihlah satu jenis sepatu saja yang, misalnya seperti sepatu casual.

Dengan menentukan jenis sepatu akan memudahkan pembeli untuk mengingat toko kamu.

2. Siapkan Modal

Selanjutnya, yaitu menyiapkan modal yang cukup. Seperti yang sudah kita sampaikan diatas, modal untuk sepatu ini lumayan besar.

Namun, walaupun begitu keuntungan yang didapatkan juga seimbang dengan modal yang dikeluarkan. Jadi, di awal membuka usaha ini kamu harus menyiapkan modal yang mencukupi, ya.

Karena jika tidak pasti suatu bisnis akan mengalami beberapa hambatan dan kendala jika modal yang disiapkan tidak cukup. Untuk menghindarinya, maka modal memang merupakan faktor yang penting.

Lalu, berapa sih modal bisnis sepatu? Nah, kami sudah berikan rincian modal sepatu beserta keuntungannya di pembahasan paling bawah, ya. Untuk itu simak tulisan ini sampai selesai!

3. Riset Kompetitor

Tips berikutnya untuk memulai jualan sepatu yaitu harus melakukan riset kompetitor dahulu. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai pesaing usaha sepatu kamu.

Jika kamu mempunyai toko offline dan online, tentu harus riset 2 kali. Riset pesaing yang ada di daerah lokasi jualan sepatu dan riset pesaing di e-commerce.

Cara risetnya cukup mudah. Cukup mengunjungi saja toko-toko sepatu yang terdekat dari lokasi usaha, dan seakan-akan kamu adalah pembeli disana.

Tanyakan banyak hal seperti harga, kualitas, merk, produk terlaris, dll. Kemudian kamu bisa menganalisis sendiri untuk rencana toko kamu selanjutnya supaya lebih baik dari pesaing.

4. Cari Supplier Terpercaya

Langkah ke-4 yaitu mencari supplier atau distributor yang terpercaya. Karena diluaran sana masih banyak supplier yang nakal dan tidak bertanggung jawab, bahkan sampai merugikan kita.

Maka dari itu, pastikan kamu sudah mencari informasi dengan detail mengenai supplier tersebut. Pastikan juga track record dari supplier selalu bagus dan tidak pernah ada masalah.

Pilihlah distributor yang menyediakan barang original dengan harga yang wajar, atau pilih dengan sistem pembelian paket usaha sepatu . Sehingga kamu masih bisa mendapatkan keuntungan.

Kalau sudah menemukan supplier yang tepat dan terpercaya, maka tinggal bekerja sama dan mendiskusikan harga sepatu untuk dijual kembali.

5. Pilih Lokasi & Tentukan Target Pasar

Sebelum membuka toko, harus pintar-pintar dalam memilih lokasi yang tepat untuk berjualan. Berikut tips dan cara memilih lokasi yang bagus untuk wirausaha :

  • Mudah dilihat dan dijangkau.
  • Akses jalan yang mudah.
  • Terdapat lahan parkir yang luas dan cukup untuk kendaraan seperti motor dan mobil.
  • Di pinggir jalan raya yang ramai kendaraan lewat.
  • Di pusat kota dan ramai dilewati orang-orang.
  • Harga sewa lokasi masih wajar dan tidak terlalu mahal.

Nah, lokasi yang bagus ini akan menentukan keberhasilan usaha kamu. Tentu lokasi ini juga diikuti dengan target pasar.

Target pasar sepatu cukup luas, bisa anak-anak sekolah SD, SMP, SMA, Mahasiswa, para pekerja, dan lainnya.

Kemudian pilihlah lokasi yang bisa menjangkau target pasar tersebut dengan mudah. Misalnya ingin menjangkau anak sekolah dan mahasiswa. Maka kamu perlu mencari lokasi usaha yang dekat dengan universitas sekaligus sekolah.

6. Manfaatkan E-commerce

Untuk meningkatkan penjualan toko sepatu, kamu bisa juga berjualan secara online. Banyak sekali platform yang bisa kamu pilih untuk berjualan online.

Misalnya seperti platform jualan di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan lainnya. Tidak perlu menggunakan seluruh platform supaya jualan kamu laris. Saran kami, gunakan 1-2 platform saja dan maksimalkan toko.

Nah, cara memaksimalkan toko online yaitu dengan mengupload produk yang menarik, memberikan deskripsi foto dan toko yang jelas, memberikan informasi toko, dan ada nama toko yang mudah diingat.

Apalagi kini masyarakat di Indonesia memilih untuk membeli secara online dari pada harus ke toko langsung.

Selain lebih praktis, efektif, dan efisien mereka juga banyak mendapatkan keuntungan. Misalnya seperti voucher gratis ongkir, diskon toko, dan cashback.

7. Manfaatkan Media Sosial

Langkah-langkah pemasaran sepatu yaitu dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi produk yang menarik. Media sosial sangat efektif digunakan untuk menawarkan produk secara online.

Kita bisa dengan mudah menjangkau masyarakat secara luas hanya dengan modal smartphone dan kuota internet. Tidak perlu lagi menawarkan secara pintu ke pintu atau membuat brosur yang membutuhkan biaya mahal.

Faktanya media sosial ini mampu meningkatkan penjualan. Apalagi sekarang banyak media sosial yang menyediakan fitur seperti e-commerce. Misalnya seperti Tiktok Shop dan Instagram Shopping.

Analisis Modal & Keuntungan Usaha Sepatu

Gimana? Dari penjelasan diatas, apakah tertarik untuk terjun usaha sepatu? Jika tertarik, kami sudah berikan rincian analisis modal usaha sepatu serta keuntungannya.

Penasaran, berapa modal usaha sepatu? Yuk simak dibawah ini ya..

1. Modal Awal/Investasi Usaha Sepatu

Analisis yang pertama yaitu modal awal atau sering disebut dengan investasi. Jadi, modal ini hanya dikeluarkan di awal saja saat mulai membuka usaha.

Adapun beberapa rincian modal awal untuk usaha sepatu, antara lain :

  • Rak sepatu = Rp 3.000.000
  • Biaya renovasi tempat usaha = Rp 2.000.000
  • Meja dan kursi = Rp 500.000
  • Kaca = Rp 1.000.000
  • Kipas angin = Rp 300.000
  • Peralatan lainnya = Rp 500.000

Jadi, total modal awal untuk usaha sepatu yaitu sebesar Rp 7.300.000.

2. Biaya Bahan Baku Tidak Tetap (Operasional)

Berikut rincian biaya bahan baku tidak tetap :

  • Stok Sepatu = Rp 20.000.000.
  • Listrik, air, dan internet = Rp 400.000.
  • Sewa per bulan = Rp 700.000.
  • Biaya tambahan lain = Rp 500.000

Jadi total biaya bahan baku tidak tetap yaitu Rp 21.600.000.

3. Omset dan Keuntungan Jual Sepatu

Diatas kita sudah mengetahui perhitungan modal yang diperlukan, selanjutnya kita akan menghitung harga jual sepatu dan keuntungannya.

Supaya lebih mudah menghitungnya, kita asumsikan sebagai berikut :

  • Keuntungan yang didapat per pcs sepatu adalah 30%.
  • Dari modal stock sepatu di atas akan mendapatkan 100 pcs sepatu.

Jadi jika terjual 100 pcs sepatu akan mendapatkan omset sebesar Rp 26.000.000. Sehingga keuntungan bersih yang didapatkan yaitu Rp 26.000.000 – 21.600.000 = Rp 4.400.000.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai peluang usaha bisnis jualan sepatu. Sampai disini apakah tertarik untuk jualan sepatu? Jika tertarik, jangan lupa ikuti panduan diatas, ya!

Kalau masih ada pertanyaan bisa langsung tulis di kolom komentar, atau melalui Instagram kami di @Pintarjualan.id, ya. Jangan lupa follow IG kami dan nyalakan lonceng notifikasinya.

Share postingan ini ke teman dan kerabat kalian yang membutuhkan. Semoga bermanfaat dan membantu. See you:)

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *