Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan COD Shopee Bagi Penjual, Wajib Tahu!

Diterbitkan pada
26 April 2022
Waktu membaca
4 Menit

Cara jualan di Shopee memang sangatlah mudah. Apalagi banyak fitur yang bisa digunakan, misalnya fitur COD. Namun, tahukah kamu kelebihan dan kekurangan COD Shopee ini? Bagi penjual di Shopee wajib ketahui, ya!

Fitur COD Shopee merupakan salah satu layanan yang banyak dipilih oleh pembeli. Alasannya karena lebih simpel dan tidak perlu top up saldo ShopeePay atau transfer ke bank.

Tapi, bagi penjual fitur ini ada keuntungannya dan banyak juga kerugiannya. Banyak dari penjual Shopee yang akhirnya memutuskan untuk menonaktifkan fitur ini.

Alasannya sangat bervariasi. Nah, untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari layanan COD Shopee untuk penjual, bisa simak tulisan ini sampai selesai, ya!

Jangan lupa untuk klik “Bookmark” (⭐) di pojok kanan atas browser supaya tidak kehilangan postingan ini. Jika sudah siap, yuk langsung simak. Stay tuned!

Sistem Pembayaran COD Shopee Untuk Penjual

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem COD ini, kita kenalan dulu yuk sebenarnya sistem pembayaran COD Shopee itu seperti apa sih. Kata COD ini sering kita dengar dalam istilah dalam online shop.

Jadi, COD (Cash On Delivery) merupakan salah satu metode pembayaran antara penjual dan pembeli secara langsung tanpa melalui transfer.

Jika belum paham mengenai alur dan skema dari COD Shopee, bisa simak dibawah ini :

  • Penjual Shopee mengaktifkan fitur COD.
  • Pembeli membeli barang di toko penjual Shopee, dan memilih metode pembayaran secara COD.
  • Dalam proses ini pembeli tidak perlu melakukan pembayaran sebelum barang sampai ditangan pembeli.
  • Penjual melakukan proses pengiriman barang ke jasa pengiriman sesuai di sistem.
  • Kurir mengirimkan barang ke pembeli dan meminta sejumlah uang sesuai di nota faktur pembelian.
  • Pembeli menerima barang dan melunasi pembayaran.

Nah, itulah sederhananya dari sistem COD di Shopee. Tidak jauh berbeda dengan sistem COD di e-commerce lain seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.’

Metode pembayaran COD menjadi incaran para pembeli karena masih banyak yang mempercayai apakah produk akan sampai dan sesuai dengan ekspektasi atau tidak.

Namun, banyak juga pembeli yang meninggalkan metode pembayaran COD karena sudah mempercayai sistem Shopee. Apalagi kita juga bisa melihat ulasan dari pembeli sebelumnya. Kemudian ada biaya tambahan juga jika menggunakan metode COD ini.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Shopee Bagi Penjual

Penjual di Shopee tentu tidak ingin ketinggalan dengan penjual-penjual lainnya yang mengaktifkan fitur COD Shopee. Fitur ini juga sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan juga, lho!

Namun tetap saja ada beberapa pertimbangan yang harus kalian pikirkan sebelum mengaktifkan fitur COD ini. Karena metode pembayaran COD Shopee ada banyak sekali kekurangan tapi banyak juga kelebihannya.

Untuk memutuskannya, bisa simak beberapa kelebihan dan kekurangan sistem COD Shopee bagi penjual dibawah ini :

Kelebihan Sistem COD Shopee Untuk Penjual

Sistem COD di Shopee ini bekerjasama dengan jasa ekspedisi JNE dan J&T Express. Adapun beberapa keuntungan COD Shopee bagi penjual, antara lain :

1. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, fitur ini akan meningkatkan penjualan karena banyak pembeli yang mengincar metode pembayaran COD untuk belanja di Shopee

Biasanya fitur ini banyak digunakan para pembeli yang masih pemula. Karena mereka masih ragu dan takut apakah barang akan dikirim sesuai pesanan atau tidak.

Maka dari itu, fitur ini bisa menjadi daya tarik sendiri untuk para pembeli yang masih pemula. Selain itu, banyak juga pembeli yang tidak mempunyai ShopeePay atau Bank Transfer, sehingga memilih alternatif menggunakan layanan COD.

2. Meningkatkan Performa Toko Online

Kelebihan selanjutnya yaitu meningkatkan performa toko di Shopee. Bagi pembeli yang pernah membeli di Toko kamu dengan fitur COD dan merasa puas, pasti akan kembali untuk membeli.

Jika tingkat kepercayaan toko kamu sudah terbangun, mereka kemudian akan membeli kembali dengan metode selain COD. Hal ini karena tidak ada biaya tambahan.

Selain itu, toko kamu akan mulai banyak followers karena kepercayaan toko kamu mulai meningkat. Tapi tetap harus memperhatikan performa chat dan informasi toko dengan detail, ya!

3. Ongkir Pengembalian Paket Ditanggung Shopee

Kelebihan yang tidak kalah menariknya yaitu bila terjadi pengembalian pesanan maka pihak Shopee akan menanggung secara penuh ongkos pengiriman. Tapi hal ini juga tergantung dengan alasan pembeli kenapa sampai membatalkan pesanan.

Jika alasan pengembalian produk karena cacat/rusak, maka pihak Shopee tidak bisa menanggung biaya ongkirnya. Jadi tetap penjual yang menanggung pengembalian barang hingga ongkos kirim.

4. Pencairan Dana Mudah

Kelebihan yang terakhir yaitu pada saat produk sudah diterima dan dibayar oleh pembeli, proses pencairan dana dengan metode COD sama halnya dengan metode pembayaran lainnya. 

Dana akan masuk ke saldo penjual Shopee jika pembeli sudah klik tombol “pesanan sudah diterima“. Dana akan masuk maksimal 1 hari setelah pembeli melakukan konfirmasi pesanan diterima.

Kekurangan Sistem COD Shopee Untuk Penjual

Setelah melihat beberapa kelebihan diatas, ternyata sistem COD Shopee juga merugikan penjual, lho! Yuk, perhatikan kekurangannya berikut ini :

1. Resiko Pembatalan Produk

Kekurangan yang pertama yaitu ketika terjadi pengembalian barang di Shopee atau pembatalan produk. Tentu saja akan mengeluarkan banyak waktu dan tenaga yang terbuang.

Apalagi jika ongkos kirim pengembalian pesanan ditanggung oleh penjual, tentu kerugian akan semakin berlipat-lipat. Baik kerugian packing, ongkos kirim (jika barang rusak/cacat), waktu, dan tenaga.

2. Pembeli yang Seenaknya

Kasus COD Shopee yang sering terjadi yaitu pembeli yang seenaknya. Hal ini karena banyak pembeli yang masih pemula menggunakan sistem COD dan belum mengetahui seperti apa sistem dan alur dari metode pembayaran COD.

Banyak pembeli yang berlaku seenaknya karena beberapa hal. Misalnya seperti barang tidak sesuai ekspektasi, ukuran barang, barang jelek, dan lainnya. Kemudian mereka tidak mau melakukan pembayaran kepada kurir dan membatalkan pesanan seenaknya.

3. Resiko Kerusakan Barang

Jika pembeli melakukan pembatalan pesanan, biasanya paket akan berpotensi tinggi mengalami kerusakan. Hal ini karena harus mengirimkan ulang ke alamat penjual.

Tentu saja, packingan barang sudah penyok dan rusak. Belum lagi ditambah dengan isi produk, kita tidak tahu apakah masih utuh atau rusak.

Maka dari itu, Shopee memberikan alternatif kepada penjual untuk mengasuransikan produk yang dibeli penjual dengan metode COD. Hal ini supaya terhindar dari beberapa resiko seperti barang rusak atau hilang.

FAQ

  • Apakah COD Shopee harus bayar dengan uang pas?

Disarankan membayarnya dengan uang pas. Hal ini karena kurir biasanya tidak ada uang kembalian.

  • Bagaimana cara mengambil uang COD di Shopee?

Cara mengambil uang COD di Shopee sama hal nya dengan metode yang lainnya. Tinggal tarik saldo di Shopee dan pilih transfer ke bank sesuai bank yang sudah didaftarkan.

  • Bagaimana cara menghilangkan biaya penanganan di Shopee?

Biaya penanganan tidak bisa dihilangkan jika menggunakan metode pembayaran Shopee COD. Namun, untuk metode pembayaran lain seperti transfer bank atau ShopeePay biasanya tidak ada biaya penanganan yang harus dibayar.

  • Kalau COD di Shopee uangnya masuk kemana?

Uang pembayaran dengan metode COD akan masuk ke saldo penjual, sama halnya dengan metode pembayaran yang lain.

  • Apakah Shopee COD bisa dikembalikan/dibatalkan?

Ya, tentu saja bisa. Pembeli bisa mengembalikan pesanan jika barang mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan pesanan.

Penutup

Gimana? Sampai disini sudah cukup jelas kan mengenai kelebihan dan kekurangan cod shopee bagi penjual. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu, ya!

Ohya, jika ada informasi yang kurang jelas bisa tanyakan kepada kami langsung di kolom komentar dibawah, atau melalui media sosial Instagram kami di @Pintarjualan.id. Jangan lupa follow dan nyalakan lonceng (🔔) notifikasinya, ya.

Bagikan juga informasi ini ke teman dan kerabat kalian yang membutuhkan, ya. Terimakasih sudah mengikuti kami sejauh ini, see you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *