Advertisement

Jadwal Libur Lebaran Kantor Pos 2022, Apakah Tetap Buka?

Diterbitkan pada
29 April 2022
Waktu membaca
3 Menit

Sering menggunakan kirim barang lewat Pos Indonesia? Sudah tahu jadwal libur lebaran Kantor Pos 2022? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan ini sampai tuntas, ya!

Kantor Pos telah mengeluarkan beberapa kebijakan terkait jadwal operasional saat libur lebaran tahun 2022 ini. Apalagi lebaran tinggal menghitung hari saja.

Nah, penasaran apakah Kantor Pos tetap beroperasi saat lebaran atau tidak? Yuk, lihat selengkapnya di bawah ini.

Kapan Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) 2022?

Sebelum ke pembahasan inti, ketahui dulu informasi mengenai libur lebaran tahun 2022 yang sudah ditetapkan pemerintah.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan Hari Raya Idul Fitri Lebaran akan jatuh pada 2-3 Mei 2022.

Sedangkan, untuk libur cuti bersama akan jatuh pada tanggal 29 April dan 4-5 Mei 2022. Jadi, total libur lebaran dan cuti bersama yaitu 10 hari, termasuk hari Sabtu dan Minggu.

Kebijakan ini sudah diatur dalam SKB (Surat Keputusan Bersama) tiga menteri. Dalam hal ini adalah Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Ketetapan bersama dalam SKB tiga menteri ini sudah diatur sesuai Nomor 375 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menteri PANRB Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Jadwal Libur Lebaran Kantor Pos 2022

Dilansir darirepublika.co.id, Rabu (27/04/2022), Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Djoemadi memberikan informasi bahwa Kantor Pos akan tetap buka pada libur lebaran 2-3 Mei 2022.

Hal ini karena biasanya Pos Indonesia meraih peningkatan volume pengiriman barang saat Idul Fitri. Itulah mengapa, mereka akan terus beroperasi dan melayani masyarakat sebaik mungkin.

Adanya lonjakan pengiriman saat lebaran, tentu akan meningkatkan pendapatan juga.

“Setiap Ramadhan dan Idul Fitri, volume pengiriman barang diperkirakan meningkat di hampir setiap layanan. Tahun lalu, jasa keuangan kita di Ramadhan naik lebih dari 30 persen. Namun demikian Pos Indonesia telah bersiap untuk menghadapi kenaikan transaksi itu dan terus mempersiapkan pelayanan terbaik bagi pelanggan,” ungkap Faizal pada siaran pers republika, Rabu (27/04/2022).

Selain itu, Faizal juga memberitahukan bahwa saat libur lebaran tahun 2022, Kantor Pos Indonesia akan tetap melayani pengiriman logistik. Jadwal dan jam kerja Pos Indonesia masih sama seperti hari-hari biasanya.

Karena diperkirakan akan mengalami lonjakan pengiriman yang signifikan. Kantor Pos Indonesia membuat terobosan-terobosan untuk mengantisipasi lonjakan tersebut.

Terobosan ini dilakukan supaya masyarakat bisa menerima paketan tepat waktu. Penasaran terobosan apa saja yang dilakukan Pos Indonesia? Simak di part selanjutnya dibawah ini, ya!

Terobosan Kantor Pos Indonesia Menghadapi Lebaran

Berdasarkan data tahun lalu, Pos Indonesia menghadapi lonjakan pengiriman saat libur lebaran. Seperti yang dikatakan Faizal ada beberapa terobosan yang dilakukan untuk menghadapi tumpukan paket tersebut, antara lain :

  • Pos Indonesia akan fokus beroperasi di pulau Jawa karena disinilah pergerakan volume pengiriman paling tinggi.
  • Selain layanan pengiriman dan logistik, layanan jasa keuangan (Pospay) akan ditargetkan untuk bertambah jumlah penggunanya.
  • Membuka sales counter baru (outlet/gerai) dan akan meluncurkan kemasan dus khusus untuk periode pengiriman bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 2022.
  • Untuk outlet gerai akan ditempatkan di pusat perbelanjaan untuk menjangkau customer dengan mudah dalam melakukan pengiriman barang dalam negeri maupun luar negeri.
  • Semua layanan kurir untuk kiriman lokal PosAja, kurir cepat Pos Express, Reguler, Kargo, dan lainnya akan disediakan untuk tujuan pengiriman dalam negeri maupun luar negeri.

Terobosan dengan membuka gerai khusus di area pusat perbelanjaan ini sudah dimulai sejak 2 April 2022.

Adapun lokasi gerai khusus yang hadir di beberapa titik wilayah, antara lain Pasar Tanah Abang Blok A (Jakarta), ITC Mangga DUA, Pusat Grosir Surabaya, Pasar Baru Bandung, dll.

Faizal berharap dengan kantor Pos Indonesia yang sudah berjumlah 4.800 kantor di sejumlah titik di Indonesia, semoga ekspedisi ini tetap menjadi pilihan utama masyarakat untuk mengirimkan barang.

Penutup

Nah, gimana sudah cukup jelas kan? jadwal libur lebaran kantor pos 2022 tetap buka dan beroperasi.

Jadi buat kamu yang ingin mengirimkan paket, tetap bisa dilayani walaupun sedang libur lebaran. Selamat mencoba, ya!

Ikuti terus yuk informasi menarik lainnya dari kami hanya di blog Pintarjualan.id. Ohya, kami juga aktif di media sosial Instagram, buruan follow di@Pintarjualan.id dan jangan lupa nyalakan lonceng notifikasinya, ya.

Mungkin sampai disini dulu, jika ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar dibawah, ya. Terimakasih sudah membaca, see you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *