Advertisement

Gaji Masinis Kereta Api KAI, KRL Lulusan SMA/SMK-D3 di 2022

Diterbitkan pada
02 Februari 2022
Waktu membaca
5 Menit

Sebelumnya kita telah membahas mengenai profesi pilot besertagaji pilot. Nah, sama halnya dengan masinis, profesi ini sama-sama bekerja mengemudikan kendaraan. Lalu, berapa sih gaji masinis kereta api KAI dan KRL?

Masinis dan pilot, kedua profesi ini mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengemudikan kereta api dan pesawat. Tapi memang gaji pilot lebih besar dari pada masinis, bahkan bisa mencapai ratusan juta per bulan.

Walaupun begitu, tapi resiko seorang masinis lebih kecil dari pada seorang pilot. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita langsung simak saja pendapatan masinis dibawah ini. Check it out…

Berapa Gaji Masinis Kereta Api PT. KAI?

Pendapatan seorang masinis pemula dan senior tentu berbeda. Jam kerja, pengalaman, dan jenjang pendidikan inilah yang mempengaruhi upah masinis berbeda-beda.

Tentu saja, upah masinis senior akan lebih banyak dari pada masinis muda. Berikut ini kisaran pendapatan masinis muda sampai senior..

Gaji masinis kerta api di KAI yaitu berkisar Rp 8 juta – Rp 10 juta per bulan.

Edi Sukmoro selaku Direktur Utama PT. KAI (Kereta Api Indonesia) mengatakan bahwa, pendapatan seorang masinis yang bertugas di PT KAI bisa mendapatkan rata-rata Rp 12 juta per bulan, seperti dilansir dari kumparan.com, Minggu (10/10/2021).

Tentu angka Rp 12 juta tersebut sudah ditambahkan dengan tunjangan dan lain-lain. Bukan hanya gaji pokok saja, ya!

Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, pendapatan seorang masinis cenderung naik terus. Dulu juga pernah menyentuh angka Rp 3 juta per bulan, itu saja sudah yang paling tinggi.

Gaji diatas sebenarnya tidak jauh berbeda dengangaji PNS (Pegawai Negeri Sipil). PNS mendapatkan gaji yang bisa dibilang tergolong standar. Namun, jika dijumlahkan dengan tunjangannya bisa setara dengan pendapatan seorang masinis.

Kalau dibandingkan dengangaji pilot dan tunjangannya memang tergolong jauh. Walaupun pada dasarnya pekerjaan ini profesinya sama-sama mengemudikan kendaraan, tapi pendapatan pilot bisa mencapai Rp 50 juta lebih, itu saja belum ditambah dengan tunjangannya.

Berapa Gaji Masinis KRL?

Selain di PT KAI (Kereta Api Indonesia), seorang masinis juga bekerja di PT. KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang bertugas mengurusi KRL (Kereta Listrik).

Sebenarnya tugasnya ini tidak jauh berbeda dengan masinis di PT KAI, namun memang pendapatan masinis di KRL lebih rendah. Mengapa demikian? Ya, karena penumpang yang dibawa oleh masinis di PT KCJ ini jumlahnya sedikit dan jalur operasionalnya pendek.

Lalu, berapa sih gajinya?

Gaji masinis di KRL berkisar antara Rp 6 juta – Rp 9 juta per bulan.

Eva Chairunisa, selaku humas PT KCJ mengatakan bahwa pendapatan diatas sudah termasuk dengan tunjangan kesehatan dan resiko, dilansir dari detik.com, (18/03/2015).

Walaupun pendapatan yang didapatkan tidak sebesar dengan masinis di PT KAI, tapi tetap saja keduanya mempunyai tanggung jawab yang sama. Yaitu membawa para penumpang selamat sampai tujuan.

Karena berurusan dengan nyawa banyak orang, untuk menjadi seorang masinis pun tidak gampang, lho! Bahkan perlu sekolah khusus masinis. Nanti akan kita bahas di part selanjutnya juga.

Kalau dibawah ini akan kami berikan informasi mengenai tunjangan apa saja yang didapatkan seorang masinis. Stay tuned!

Apa Saja Tunjangan Yang Didapat Masinis?

Selain gaji pokok, masinis juga berhak mendapatkan tunjangan, lho! Tunjangannya pun bermacam-macam. Ada tunjangan untuk karyawan dan juga untuk keluarga. Sudah seperti tunjangan PNS, ya!

Nah, untuk lebih jelasnya berikut rincian tunjangannya :

  • Tunjangan keluarga yaitu untuk anak dan istri. Tunjangan ini diberikan sebesar 10% dari gaji pokok dan yang mendapatkan maksimal 3 orang.
  • Untuk lulusan SMA mendapatkan uang emolumen sebesar Rp 200 ribu per bulan.
  • Untuk lulusan S1 (Sarjana) mendapatkan uang emolumen sebesar Rp 600 ribu per bulan.
  • Tunjangan perjalanan dinas Rp 375 ribu per bulan.
  • Tunjangan resiko masinis Rp 1 juta per bulan.
  • Mendapatkan uang premi awak KA sesuai dengan jabatan.
  • Tunjangan Jabatan Struktural.
  • Tunjangan penampilan untuk customer service.
  • Tunjangan rekreasi.
  • Tunjangan rumah.
  • Tunjangan transportasi.
  • Tunjangan kebugaran.

Untuk tunjangan resiko masinis dan perjalanan dinas berhak didapatkan pada saat awal masuk menjadi masinis. Dan tunjangan yang lain akan mengikuti kebijakan dari perusahaan.

Bagaimana Cara Daftar Menjadi Masinis?

Setelah mengetahui pendapatan yang didapatkan masinis, apakah masih tertarik untuk menjadi seorang masinis? Nah, kalau kamu berminat, coba lihat syarat, tahapan seleksi, dan cara daftar masinis secara online. Stay tuned!

1. Syarat Menjadi Masinis

Berikut beberapa syarat jika kamu ingin menjadi masinis kereta api :

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *