Advertisement

Gaji Masinis Kereta Api KAI, KRL Lulusan SMA/SMK-D3 di 2022

Diterbitkan pada
02 Februari 2022
Waktu membaca
5 Menit

Sebelumnya kita telah membahas mengenai profesi pilot beserta gaji pilot. Nah, sama halnya dengan masinis, profesi ini sama-sama bekerja mengemudikan kendaraan. Lalu, berapa sih gaji masinis kereta api KAI dan KRL?

Masinis dan pilot, kedua profesi ini mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengemudikan kereta api dan pesawat. Tapi memang gaji pilot lebih besar dari pada masinis, bahkan bisa mencapai ratusan juta per bulan.

Walaupun begitu, tapi resiko seorang masinis lebih kecil dari pada seorang pilot. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita langsung simak saja pendapatan masinis dibawah ini. Check it out…

Berapa Gaji Masinis Kereta Api PT. KAI?

Pendapatan seorang masinis pemula dan senior tentu berbeda. Jam kerja, pengalaman, dan jenjang pendidikan inilah yang mempengaruhi upah masinis berbeda-beda.

Tentu saja, upah masinis senior akan lebih banyak dari pada masinis muda. Berikut ini kisaran pendapatan masinis muda sampai senior..

Gaji masinis kerta api di KAI yaitu berkisar Rp 8 juta – Rp 10 juta per bulan.

Edi Sukmoro selaku Direktur Utama PT. KAI (Kereta Api Indonesia) mengatakan bahwa, pendapatan seorang masinis yang bertugas di PT KAI bisa mendapatkan rata-rata Rp 12 juta per bulan, seperti dilansir dari kumparan.com, Minggu (10/10/2021).

Tentu angka Rp 12 juta tersebut sudah ditambahkan dengan tunjangan dan lain-lain. Bukan hanya gaji pokok saja, ya!

Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, pendapatan seorang masinis cenderung naik terus. Dulu juga pernah menyentuh angka Rp 3 juta per bulan, itu saja sudah yang paling tinggi.

Gaji diatas sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gaji PNS (Pegawai Negeri Sipil). PNS mendapatkan gaji yang bisa dibilang tergolong standar. Namun, jika dijumlahkan dengan tunjangannya bisa setara dengan pendapatan seorang masinis.

Kalau dibandingkan dengan gaji pilot dan tunjangannya memang tergolong jauh. Walaupun pada dasarnya pekerjaan ini profesinya sama-sama mengemudikan kendaraan, tapi pendapatan pilot bisa mencapai Rp 50 juta lebih, itu saja belum ditambah dengan tunjangannya.

Berapa Gaji Masinis KRL?

Selain di PT KAI (Kereta Api Indonesia), seorang masinis juga bekerja di PT. KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang bertugas mengurusi KRL (Kereta Listrik).

Sebenarnya tugasnya ini tidak jauh berbeda dengan masinis di PT KAI, namun memang pendapatan masinis di KRL lebih rendah. Mengapa demikian? Ya, karena penumpang yang dibawa oleh masinis di PT KCJ ini jumlahnya sedikit dan jalur operasionalnya pendek.

Lalu, berapa sih gajinya?

Gaji masinis di KRL berkisar antara Rp 6 juta – Rp 9 juta per bulan.

Eva Chairunisa, selaku humas PT KCJ mengatakan bahwa pendapatan diatas sudah termasuk dengan tunjangan kesehatan dan resiko, dilansir dari detik.com, (18/03/2015).

Walaupun pendapatan yang didapatkan tidak sebesar dengan masinis di PT KAI, tapi tetap saja keduanya mempunyai tanggung jawab yang sama. Yaitu membawa para penumpang selamat sampai tujuan.

Karena berurusan dengan nyawa banyak orang, untuk menjadi seorang masinis pun tidak gampang, lho! Bahkan perlu sekolah khusus masinis. Nanti akan kita bahas di part selanjutnya juga.

Kalau dibawah ini akan kami berikan informasi mengenai tunjangan apa saja yang didapatkan seorang masinis. Stay tuned!

Apa Saja Tunjangan Yang Didapat Masinis?

Selain gaji pokok, masinis juga berhak mendapatkan tunjangan, lho! Tunjangannya pun bermacam-macam. Ada tunjangan untuk karyawan dan juga untuk keluarga. Sudah seperti tunjangan PNS, ya!

Nah, untuk lebih jelasnya berikut rincian tunjangannya :

  • Tunjangan keluarga yaitu untuk anak dan istri. Tunjangan ini diberikan sebesar 10% dari gaji pokok dan yang mendapatkan maksimal 3 orang.
  • Untuk lulusan SMA mendapatkan uang emolumen sebesar Rp 200 ribu per bulan.
  • Untuk lulusan S1 (Sarjana) mendapatkan uang emolumen sebesar Rp 600 ribu per bulan.
  • Tunjangan perjalanan dinas Rp 375 ribu per bulan.
  • Tunjangan resiko masinis Rp 1 juta per bulan.
  • Mendapatkan uang premi awak KA sesuai dengan jabatan.
  • Tunjangan Jabatan Struktural.
  • Tunjangan penampilan untuk customer service.
  • Tunjangan rekreasi.
  • Tunjangan rumah.
  • Tunjangan transportasi.
  • Tunjangan kebugaran.

Untuk tunjangan resiko masinis dan perjalanan dinas berhak didapatkan pada saat awal masuk menjadi masinis. Dan tunjangan yang lain akan mengikuti kebijakan dari perusahaan.

Bagaimana Cara Daftar Menjadi Masinis?

Setelah mengetahui pendapatan yang didapatkan masinis, apakah masih tertarik untuk menjadi seorang masinis? Nah, kalau kamu berminat, coba lihat syarat, tahapan seleksi, dan cara daftar masinis secara online. Stay tuned!

1. Syarat Menjadi Masinis

Berikut beberapa syarat jika kamu ingin menjadi masinis kereta api :

  1. Pria.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal 25 tahun untuk lulusan SMA.
  4. Minimal pendidikan SMA jurusan IPA atau SMK jurusan Listrik/Mesin/Otomotif dengan rata-rata nilai UAN/NEM yaitu 7 (tujuh).
  5. Minimal berusia 22 tahun dan maksimal 30 tahun untuk lulusan Diploma.
  6. Minimal pendidikan D3 jurusan Masinis.
  7. Tinggi badan minimal 165 cm.
  8. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan surat keterangan dari dokter/rumah sakit.
  9. Bebas dari narkoba dibuktikan dari hasil tes urine di rumah sakit/puskesmas.
  10. Berkelakuan baik dan tidak bertindik.
  11. Bersedia dan sanggup untuk ditempatkan di wilayah seluruh Indonesia.
  12. Tidak memiliki hubungan pernikahan dengan karyawan PT KAI.

2. Cara Daftar Masinis di PT KAI secara Online

Kini, daftar masinis tidak perlu datang langsung ke kantor KAI, dan bisa langsung mendaftar secara online. Jika sudah selesai menyiapkan syarat di atas, kemudian mengakses situs resmi PT KAI untuk melakukan pendaftaran secara online.

Berikut cara mudah untuk daftar KAI melalui website resmi :

  • Akses website resmi KAI di alamat berikut https://recruitment.kai.id/registrasi.
  • Isikan semua kolom registrasi hingga kode verifikasi.
  • Klik kirim verifikasi ke email Anda.
  • Cek email dan klik verifikasi.
  • Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman Login di website resmi KAI.
  • Siapkan seluruh data dokumen yang diperlukan, dan pastikan ukuran file tidak lebih dari 2 MB.
  • Klik menu Lowongan.
  • Kemudian klik Apply di lowongan pekerjaan masinis.

Nah, itu dia cara mudahnya. Sampai disini sudah cukup paham kan? Jika sudah berhasil apply pekerjaan masinis, selanjutnya kita akan masuk ke tahapan seleksi dibawah ini.

3. Tahapan Seleksi Menjadi Masinis

Ada 5 tahap seleksi yang akan dilalui calon masinis, antara lain :

  • Tahap Administrasi

Kalau kamu sudah berhasil melakukan pendaftaran secara online, pihak KAI akan memeriksa kelengkapan berkas dan persyaratan apakah sesuai atau tidak. Tahapan ini disebut juga dengan tahap administrasi. Jika kamu lulus, kamu akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu seleksi kesehatan awal.

  • Seleksi Kesehatan Awal

Seleksi ini tidak lagi dilakukan secara online, karena harus datang langsung ke Unit Kesehatan PT KAI untuk menjalani beberapa pemeriksaan. Calon masinis akan menjalani pemeriksaan tinggi badan, berat, tensi, mata, telinga, dan gigi.

Kalau hasil dari kesehatan awal ini tidak ada masalah dan dinyatakan lulus, maka akan lanjut ke tahapan ke 3 yaitu tes psikologi.

  • Tes Psikologi

Tes psikologi ini dilakukan untuk mengukur kondisi kejiwaan calon masinis. Tes ini berisi beberapa soal – soal psikologi dan psikotes. Bentuk soal ini seperti tes koran, logika aritmatika, EPPS, hingga analog verbal.

  • Wawancara

Pada tahap ini seorang calon masinis akan diwawancarai secara langsung oleh beberapa pihak yang terkait. Mereka akan diberi beberapa pertanyaan yang mencakup soal masinis. Perlu disiapkan juga beberapa dokumen penting seperti ijazah asli, transkrip nilai, KTP, dan CV.

  • Seleksi Kesehatan Akhir

Seleksi tahap akhir adalah melakukan kesehatan secara menyeluruh yang meliputi medical check up (pemeriksaan darah, mata, elektrokardiografi (EKG), rontgen, cek urine).

Biasanya, sebelum melakukan check ini, calon masinis diharuskan untuk melakukan puasa terlebih dahulu. Jika sudah melakukan ke 5 tahapan seleksi di atas, selanjutnya yaitu tinggal menunggu pengumuman apakah diterima atau tidak.

Pertanyaan Seputar Profesi Masinis

Bagaimana, sampai disini apakah masih ada yang belum jelas? Di sesi FAQ ini akan kami berikan penjelasan lebih lengkap lagi dari pertanyaan yang sering muncul. Sudah kami berikan juga beserta jawabannya, lho! Semoga membantu~

  • Apakah masinis jarang pulang?

Seorang masinis memang jarang pulang. Hal ini dikarenakan perjalanan yang harus ditempuh yaitu 2 Kereta Api saat berangkat dan pulang. Dan rata-rata durasi perjalanan mencapai 6-10 jam. Perjalanan dinas ini akan berlangsung selama 2 hari. Biasanya mereka akan pulang jika telah selesai menjalankan tugas dinas.

  • Berapa jam kerja masinis?

Jam kerja masinis, tidak seperti profesi lainnya. Karena jam kerja masinis memang terbilang cukup sebentar yaitu hanya 3-5 jam per hari. Walaupun begitu, seorang masinis perlu fokus yang sangat tinggi saat mengemudikan kereta api.

  • Kalau mau jadi masinis sekolah dimana?

Seorang calon masinis harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT). Disana akan diajarkan Dasar Teknik Operasional (DTO) selama 1 bulan, kemudian mengikuti pelatihan Awak Sarana Perkeretaapian tingkat pertama selama kurang lebih 2.5 bulan.

  • Jadi masinis harus lulusan apa?

Minimal pendidikan adalah D-3 Masinis, selain itu juga harus mempunyai ijazah SMA/MA jurusan IPA, kalau SMK dengan jurusan listrik/mesin/otomotif.

  • Apakah masinis pegawai negeri?

Seorang masinis akan bekerja di PT KAI atau di PT KCJ yang merupakan salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di Indonesia. Status kepegawaian dari BUMN ini tidak sama dengan PNS (Pegawai Negeri Sipil). Karena hak dan tunjangan pegawai BUMN ini ditentukan dari perjanjian kerja bersama, bukan dari kebijakan pemerintah.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai gaji seorang masinis pemula lulusan SMK/SMA-D3 per bulan di KAI dan KRL. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, ya.

Kalau kalian masih ada pertanyaan, bisa tulis di kolom komentar di bawah. Atau bisa juga melalui media sosial kami yaitu Instagram di @Pintarjualan.id.

Karena selain di blog ini, kami juga selalu aktif membagikan informasi, tips, dan ide bisnis jualan yang menarik di Instagram. Untuk itu jangan lupa di follow, ya.

Akhir kata dari kami. See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *