Cara Menghilangkan Online Whatsapp, Begini Langkah Mudahnya

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
25 Desember 2021
Waktu membaca
4 Menit

Masih seputar Whatsapp. Kali ini kami akan memberikan langkah-langkah cara menghilangkan online Whatsapp dengan mudah. Fitur ini bisa dimanfaatkan ketika kamu merasa tidak enak jika tidak membalas pesan dari teman (misalnya) dalam waktu yang cepat.

Dengan fitur tersebut, orang lain tidak akan bisa melihat kapan terakhir kali kamu membuka Whatsapp. Jika fitur tersebut masih belum cukup, kamu bahkan juga bisa menghilangkan status “Online” meski kamu sedang membuka Whatsapp.

Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai selesai. Seperti biasa, di akhir artikel, kami juga akan mencoba untuk menjawab seputar pertanyaan-pertanyaa terakit status online Whatsapp secara umum. Sebelum itu, mari simak dulu apa status online Whatsapp itu?.

Status Online Whatsapp

Status online Whatsapp merupakan fitur bawaan Whatsapp yang memungkinan orang lain tahu ketika kita sedang membuka Whatsapp. Begitupun sebaliknya, kita juga mengetahui apakah orang lain sedang membuka Whatsapp atau tidak melalui fitur tersebut.

Fitur lain yang hampir sama dengan status online Whatsapp adalah fitur Last Seen atau terakhir dilihat. Fitur tersebut merupakan fitur yang memungkinan orang lain tahu kapan terakhir kali kita membuka Whatsapp. Mulai dari hitungan menit, jam, hari, hingga minggu.

Cara Menghilangkan Onlien Whatsapp - FAQ Whatsapp

Cara Menghilangkan Online Whatsapp di HP Android

Cara menghilangkan online Whatsapp atau Last Seen yang pertama ini khusus untuk HP android. Cara ini bisa dilakukan dengan merubah sedikit pengaturan Whatsapp. Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan online Whatsapp di HP android.

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Klik tanda Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas;
  3. Pilih Settings atau Setelan;
  4. Setelah itu pilih Account atau Akun;
  5. Pilih Privacy atau Privasi.
  6. Kemudian pilih Last Seen atau Terakhir dilihat;
  7. Setelah itu akan muncul Pop-up;
  8. Pilih Nobody atau Tidak Ada yand ada pop-up tersebut.
  9. Selesai.

Cara tersebut sebenarnya bukan cara permanen untuk menghilangkan status online Whatsapp. Ketika ketika sedang membuka Whatsapp, status online kita masih tetap kelihatan. Hanya saja, orang lain memang tidak tahu lagi kapan terakhir kita membuka Whatsapp.

Dengan mengaktifkan fitur Last Seen tersebut, kita juga tidak bisa lagi melihat kapan orang lain terakhir online atau membuka Whatsapp. Melainkan hanya bisa melihat status online mereka. Sama seperti mereka yang hanya bisa melihat status online kita.

 

 

Cara Menghilangkan Online Whatsapp di iPhone

Sama seperti yang ada pada HP android, cara menghilangkan online atau last seen Whatsapp di iPhone juga dengan cara mengubah sedikit pengaturan yang ada di aplikasi Whatsapp. Jika masih bingung, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Whatsapp;
  2. Klik Setting yang ada di pojok kanan bawah;
  3. Pilih Chat Setting atau ikon Gear;
  4. Pilih Privacy;
  5. Pilih Advanced;
  6. Lalu matikan Last Seen Timestamp;
  7. Terakhir pilih Nobody;
  8. Selesai.

Cara Agar Tidak Terlihat Online Saat Chat

Fitur last seen masih memungkinkan orang lain untuk melihat status online ketika kita sedang membuka Whatsapp. Jika fitur tersebut dirasa masih belum cukup, maka kamu juga bisa menghilangkan status “Online” ketika sedang membuka Whatsapp.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan agar status “Online” ketika sedang membuka Whatsapp tidak bisa dilihat oleh orang lain. Bisa tanpa aplikasi bisa juga dengan menggunakan aplikasi tambahan. Berikut ini cara mengilangkan status “Online” ketika sedang membuka Whatsapp.

Menghidupkan Mode Pesawat Terbang

Meski tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan, cara yang pertama ini bisa dibilang tidak praktis, karena harus menghidupkan dan mematikan mode pesawat berulang kali saat tengah melakukan percakapan lewat Whatsapp. Berikut ini langkah-langkahnya;

  1. Pastikan HP terhubung ke koneksi internet agar pesan Whatsapp dapat masuk;
  2. Setelah semua pesan Whatsapp masuk, hidupkan mode pesawat;
  3. Buka aplikasi Whatsapp dan balas semua pesan dalam keadaan mode pesawat hidup;
  4. Seteleh semua pesan dibalas, tutup aplikasi Whatsapp;
  5. Matikan mode pesawat;
  6. Tunggu sampai pesan kita terkirim dan dibalas lagi;
  7. Lakukan cara di atas berulang kali jika tidak ingin terlihat online;
  8. Selesai.

Membalas Chat Lewat Notifikasi Bar

Cara yang kedua ini masih tanpa aplikasi tambahan. Cukup dengan membalas pesan Whatsapp lewat notifikasi bar. Namun, ada juga beberapa HP yang tidak support dengan cara ini. Tidak ada salahnya untuk mecoba dulu. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Jika ada pesan Whatsapp masuk, jangan buka aplikasi Whatsapp;
  2. Buka pesan tersebut tersebut melalui Notifikasi Bar;
  3. Biasanya ada dua pilihan dalam notifikasi bar tersebut, yaitu Reply dan Mark as Read;
  4. Pilih Reply untuk membalas;
  5. Jika sudah selesai mengetik pesan balasan, tinggal tekan tanda Kirim;
  6. Selesai.

 

 

Menggunakan Aplikasi WAStar

Cara yang terakhir untuk menghilangkan status “Online” ketika sedang membuka Whatsapp ini menggunakan aplikasi tambahan, yaitu WAStar. Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan status “Online” menggunakan aplikasi WAStar.

  1. Buka Play Store;
  2. Cari aplikasi WAStar melalui kolom pencarian;
  3. Install aplikasi WAStar;
  4. Buka aplikasi WAStar dan izinkan semua perizinan untuk aplikasi tersebut.
  5. Pilih Bubble Chat;
  6. Klik On pada Enable Bubble Chat;
  7. Tunggu sampai ada pesan Whatsapp yang masuk;
  8. Balas pesan Whatsapp melalui Bubble Chat. Status online kita tidak akan terlihat. Bahkan tidak terlihat pula jika sedang mengetik;
  9. Selesai.

Salah satu kekurangan dari aplikasi WAStar adalah tidak dapat melihat foto yang orang kirim kepada kita. Selain itu kita juga tidak bisa mengirimkan emoticon. Belum lagi banyaknya iklan yang cukup atau malah seringkali mengganggu.

FAQ

  • Kapan status online di Whatsapp muncul?

Status online di Whatsapp muncul ketika kita sedang membuka aplikasi Whatsapp. Status online tersebut muncul di laman obrolan tepat di bawah nama kontak. Misal kita hanya sedang melihat status orang, maka status online tersebut akan tetap muncul.

  • Bagaimana cara menghilangkan centang biru di Whatsapp?

Langkah-langkah cara menghilangkan centang biru di Whatsapp bisa dengan (1) buka Whatsapp, lalu pilih ikon Titik Tiga di pojok kanan atas; (2) pilih Settings; (3) pilih Account; (4) pilih Privacy; (5) matikan Read Receipts; (6) selesai.

  • Bagaimana cara menyembunyikan foto profil Whatsapp dari orang lain?

Cara menyembunyikan foto profil Whatsapp dari orang lain bisa dengan cara (1) buka Whatsapp, lalu pilih ikon Titik Tiga di pojok kanan atas; (2) pilih Settings; (3) pilih Account; (4) pilih Privacy; (5) pilih Profile Photo; (6) pilih Nobody; (7) selesai.

  • Bagaimana cara menyembunyikan status Whatsapp dari orang-orang tertentu?

(1) buka Whatsapp, lalu masuk ke laman Status; (2) klik ikon Titik Tiga di pojok kanan atas; (3) pilih Status Privacy; (4) pilih My Contacts Except; (5) pilih Kontak orang-orang tersebut; (6) klik tanda Centang di pojok kanan bawah; (7) selesai.

 

 

Penutup

Demikian informasi terkait langkah-langkah cara menghilangkan online Whatsapp dengan mudah. Fitur tersebut sebenaranya fitur bawaan yang memang sudah disiapkan oleh Whatsapp. Hanya saja masih dengan beberapa kelemahan.

Aplikasi tambahan seperti WAStar bisa jadi alternatif untuk menutupi kelemahan fitur bawaan Whatsapp yang bisa digunakan untuk menghilangkann status online. Hanya saja, aplikasi WAStar juga tidak sepenuhnya sempurna. Seperti tidak bisa melihat foto dan sebagainya.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang yang mungkin memang membutuhkan dan perlu untuk memanfaatkannya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *