Cara Memperbarui Whatsapp yang Kadaluarsa ke Versi Terbaru

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
28 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Ada beberapa alasan kenapa Whatsapp harus diperbarui. Salah satunya adalah agar Whatsapp tetap bisa digunakan. Jika sudah kadaluarsa, Whatsapp tidak akan bisa digunakan. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan langkah-langkah cara memperbarui Whatsapp.

Selain itu, Whatsapp yang sudah diperbarui juga akan jauh lebih aman dan memiliki banyak fitur. Seperti salah satu fitur terbaru Whatsapp yang tidak dimiliki Whatsapp versi lama View Once.

Di akhir artikel, seperti biasa, kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan pembaruan atau update Whatsapp secara umum. Seperti, kenapa Whatsapp tidak bisa diupdate. Sebelum itu, mari simak dulu alasan pentingya memperbarui Whatsapp.

Fitur Terbaru Whatsapp

Sepanjang tahun 2021, Whatsapp telah diperbarui setidaknya lebih dari tiga kali. Dalam setiap pembaruannya, Whatsapp hampir selalu memberikan fitur-fitur terbaru untuk para penggunanya. Berikut ini adalah fitur-fitur terbaru Whatsapp sepanjang tahun 2021.

  1. Panggilan Pribadi dari Desktop (6 April 2021)

Sejak 6 April 2021, para pengguna Whatsapp for Desktop sudah bisa melakukan panggilan dari laptop, PC atau komputer. Fitur panggilan tersebut sebelumnya hanya tersedia untuk aplikasi Whatsapp yang ada di HP android maupun iPhone.

  1. Balas Pesan Otomatis (21 Juni 2021)

Fitur ini merupakan fitur khusus untuk Whatsapp Business. Whatsapp memberikan fitur tersebut setidaknya sejak 21 Juni 2021. Para pengguna Whatsapp Business kini bisa lebih mudah dan praktis dengan menggunakan fitur Balas Pesan Otomatis.

  1. Panggilan Grup (3 Agustus 2021)

Fitur panggilan grup ini bukan fitur panggilan grup biasa. Melainkan fitur panggilan grup saat panggilan sedang berlangsung. Para pengguna Whatsapp kini bisa menambah panggilan baru selama panggilan berlangsung. Whatsapp merilis fitur ini sejak 3 Agustus 2021.

  1. View Once (2 September 2021)

Terakhir, fitur yang paling terbaru dari Whatsapp adalah fitur View Once atau Lihat Sekali. Fitur ini terdapat pada Whatsapp versi 2.22.1.10 dan dirilis sejak 20 September 2021. Dengan fitur tersebut, pengguna lain hanya bisa melihat gambar yang kita kirimkan sekali saja.

Hingga saat ini, Whatsapp versi 2.22.1.10 adalah Whatsapp yang terbaru. Whatsapp sendiri terakhir kali melakukan pembaruan tercatat pada tanggal 20 Desember 2021 di Play Store.

 

 

Cara Memperbarui Whatsapp

Ada setidaknya dua cara untuk memperbarui Whatsapp. Cara yang pertama bisa melalui Play Store atau App Store. Sedangakan cara yang kedua bisa melalui APK. Cara yang kedua ini bisa dilakukan oleh mereka yang ingin memperbarui Whatsapp tanpa Play Store atau App Store.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan secara detail langkah-langkah cara memperbarui Whatsapp baik melalui Play Store untuk HP andorid, melalui App Store untuk iPhone, sekaligus tanpa Play Store atau App Store. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai.

Memperbarui Whatsapp Lewat Play Store

Sebelum memperbarui Whatsapp, pastikan memori HP masih cukup dan HP tersambung ke koneksi internet. Berikut ini langkah-langkah cara memperbarui Whatsapp lewat Play Store;

  1. Buka Play Store;
  2. Ketikkan pada Kolom Pencarian Play Store Whatsapp;
  3. Klik tombol atau button Update;
  4. Selesai.

Cara Memperbarui Whatsapp Lewat Play Store

Selain lewat kolom pencarian Play Store, cara memperbarui Whatsapp lewat Play Store juga bisa melalui Manage App and Device atau Kelola Aplikasi dan Perangkat. Berikut ini langkah-langkah cara memperbarui Whatsapp lewat melalui Manage App and Device;

  1. Buka Play Store;
  2. Klik ikon Profil pada pojok kanan atas;
  3. Klik Manage App and Device atau Kelola Aplikasi dan Perangkat;
  4. Klik Update Avalaible atau Pembaruan Tersedia;
  5. Setelah itu akan muncul aplikasi-aplikasi yang bisa diupdate;
  6. Klik tombol atau button Update pada Whatsapp;
  7. Selesai.

Memperbarui Whatsapp Lewat App Store

Sama seperti di Play Store, sebelum memperbarui Whatsapp, pastikan memori HP masih cukup dan HP tersambung ke koneksi internet. Jika tidak ada masalah bisa langsung buka App Store. Berikut ini langkah-langkah cara memperbarui Whatsapp lewat App Store;

  1. Buka App Store;
  2. Klik ikon Profil pada pojok kanan atas;
  3. Setelah scroll atau gulir ke bawah untuk melihat aplikasi-aplikasi yang bisa diupdate;
  4. Klik tombol atau button Update pada Whatsapp;
  5. Selesai.

Cara tersebut adalah cara untuk memperbarui Whatsapp di iPhone dengan software terbaru. Cara untuk mengetahui apakah iPhone yang kita pakai sudah menggunakan software terbaru adalah dengan klik Setting, lalu General, lalu Software Update.

Cara lain untuk memperbarui Whatsapp lewat App Store atau iPhone adalah dengan lagsung melalui kolom pencarian yang ada di App Store. Berikut ini langkah-langkah cara memperbarui Whatsapp langsung melalui kolom pencarian App Store;

  1. Buka App Store;
  2. Ketikkan pada Kolom Pencarian Appstore Whatsapp;
  3. Klik tombol atau button Update;
  4. Masukkan Passcode;
  5. Selesai.

 

 

Cara Memperbarui Whatsapp Tanpa Play Store

Cara ini khusus mereka yang enggan melakukan pembaruan Whatsapp lewat Play Store. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah langkah-langkah cara memperbarui Whatsapp tanpa Play Store;

  1. Download APK Whatsapp versi Terbaru;
  2. Cari APK tersebut di File Manager;
  3. Klik APK tersebut;
  4. Tunggu proses instalasi;
  5. Selesai.

Beberapa situs yang bisa digunakan untuk mendownload APK Whatsapp antara lain adalah Softonic, APKPure, UPtodown, APKMonk, AppsGag, idLegal, dan masih banyak lagi.

Cara Memperbarui Whatsapp Tanpa Menghilangkan Chat

Memperbarui Whatsapp tidak akan menghilangkan chat. Setelah diperbarui, chat Whatsapp akan tetap sama seperti semula. Jika kamu taku kehilangan chat Whatsapp, kamu bisa membaca artikel kami terkait dengan cara backup chat whatsapp agar tidak hilang.

Ada beberapa cara agar chat Whatsapp tidak hilang. Bahkan dikembalikan seperti semula. Sekalipun ketika HP kita baru dan harus menginstall kembali Whatsapp di HP tersebut. Panduan dan langkah-langkahnya lengkap dan detail di artikel Cara Backup Chat Whatsapp.

Cara Memperbarui Whatsapp Memori Penuh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika mau memperbarui Whatsapp tapi memori penuh. Salah satunya adalah dengan menghapus cache yang menumpuk. Cache yang menumpuk tersebut bisa berasal dari aplikasi-aplikasi yang sering kita pakai sehari-hari.

Cara untuk menghapus cache sendiri tidak sama di semua HP. Umumnya adalah di File Manager pada bagian Clean Storage. Setelah itu lalu piliha All App Cache Data. Baru kita bisa menghapus cache yang ada di aplikasi-aplikasi yang sering kita pakai sehari-hari.

Selain cara tersebut, kita juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang memang sudah tidak terpakai lagi. Pada intinya adalah mengurangi pemakaian memori pada HP kita.

FAQ

  • Kenapa Whatsapp tidak bisa diupdate?

Beberapa penyebab Whatsapp tidak bisa diupdate adalah (1) memori penuh, (2) koneksi internet sedang terjadi gangguan, (3) sistem HP sudah tidak mendukung Whatapp versi terbaru lagi. Salah satunya adalah HP dengan sistem operasi android 4.0.4.

  • Bagaimana cara memperbaiki Whatsapp yang sudah kadaluarsa?

Cukup dengan update saja ke versi terbaru. Whatsapp versi terbaru adalah Whatsapp dengan versi 2.22.1.10. Bisa didownload melalui Play Store maupun App Store. Selain itu juga bisa melalui APK. Car yang paling aman adalah langsung melalui Play Store atau App Store.

  • Bagaimana cara memperbarui Whatsapp kadaluarsa yang tidak bisa diupdate?

Umumnya, Whatsapp yang kadaluarsa masih bisa diupdate. Whatsapp hanya tidak bisa diupdate jika sistem operasi HP sudah tidak mendukungnya lagi. Jika demikian, solusinya adalah dengan cara mengupdate sistem operasi HP yang sedang digunakan terlebih dulu.

 

 

Akhir Kata

Demikian langkah-langkah cara memperbarui Whatsapp. Baik lewat Play Store, App Store, maupun tanpa Play Store. Kamu tidak perlu khawatir kehilangan chat Whatsapp ketika memperbaruinya. Pembaruan Whatsapp tidak akan mengilangkan chat Whatsapp.

Selain itu, ketika proses pembaruan Whatsapp gagal karena masalah memori, kamu bisa menghapus terlebih dulu cache yang menumpuk di HP Kamu. Cache yang menumpuk bisa menyebabkan memori penuh. Kamu juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Akhir kata, terima kasih sudah berkungjung ke website kami dan membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui sosial media yang kamu punya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *