{"id":3970,"date":"2022-07-12T17:55:51","date_gmt":"2022-07-12T10:55:51","guid":{"rendered":"https:\/\/pintarjualan.id\/2022\/07\/12\/cara-komplain-paxel\/"},"modified":"2022-10-25T14:48:43","modified_gmt":"2022-10-25T07:48:43","slug":"cara-komplain-paxel","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/pintarjualan.id\/cara-komplain-paxel\/","title":{"rendered":"Cara Komplain Paxel dan Aturan Mengajukan Klaim via CS"},"content":{"rendered":"\n
Bagi pengguna jasa pengiriman tanah air<\/a> seperti Paxel, penting rasanya untuk tidak hanya mengetaui persoalan cek resi paket<\/a>, tetapi juga sistematika komplain apabila terjadi masalah barang.<\/p>\n Tak berbeda jauh dari jenis ekspedisi Indonesia<\/a> lainnya, rupanya beberapa persoalan dan kasus juga sempat dialami oleh beberapa ch (customer)<\/em> Paxel.<\/p>\n Mulai dari barang rusak, pengiriman tidak sesuai waktu yang ditargetkan, dan penjemputan barang yang dinilai terlambat.<\/p>\n Akibatnya sejumlah pengguna harus mengajukan komplain dan klaim di saat itu juga agar tidak mengecewakan konsumennya.<\/p>\n Beberapa alasan yang bisa diajukan oleh pengguna Agar bisa mengajukan komplain dan klaim paket:<\/p>\n <\/p>\n Pengguna yang punya usaha makanan kekinian<\/a> dapat mengajukan klaim apabila paket tersebut basi karena estimasi tidak sesuai dengan kesepakatan.<\/p>\n Dengan kata lain ada kemunduran atau proses penjemputan paket yang terlambat dari hero atau kurir Paxel.<\/p>\n Klaim juga dapat dilakukan dalam waktu maksimal 3 x 24 jam (3 hari)<\/strong> setelah status paket on delivered.<\/em><\/p>\n Yang berarti pengguna dapat komplain sesudah paket diterima oleh konsumen.<\/p>\n Kurang dari waktu tersebut, pengguna Paxel belum diperkenankan untuk mengambil klaim barang.<\/p>\n Sebaliknya, apabila telah melewati masa pengajuan klaim, maka pihak Paxel tidak akan menindaklanjuti pengajuan tersebut karena dianggap hangus.<\/em><\/p>\n<\/blockquote>\n Contoh:<\/strong> Pengguna paxel menggunakan layanan Paxel Instan, akan tetapi barang baru saja sampai setelah 5 jam berselang semenjak picked up.<\/em><\/p>\n Keterlambatan itu mengakibatkan makanan punya customer<\/em> menjadi basi, sehingga bisnis kuliner<\/a> yang baru dibangunnya menghadapi kriris kepercayaan konsumen.<\/p>\n Nah, setelah barang sampai ke tangan konsumen, barulah pengguna layanan Paxel mengajukan komplain sekaligus klaim.<\/p>\n <\/p>\n Selain basi, paket yang mengalami kerusakan, kecacatan, dan perubahan bentuk selama proses pengiriman juga bisa komplain.<\/p>\n Dengan ketentuan barang tersebut sudah dikemas sesuai syarat dan kelayakan menurut Paxel serta tahan di suhu luar ruangan selama 14 jam.<\/p>\n Pengguna juga harus melengkapi bukti berupa:<\/p>\n <\/p>\n Permasalahan berikutnya yang kerap dialami oleh pengguna yakni hilangnya paket selama proses pengantaran barang.<\/p>\n Beberapa problem<\/em> itu juga kerap dialami oleh ekpedisi JNT, JNE, Si Cepat,<\/a> dan lainnya yang mendapati persoalan serupa.<\/p>\n Namun, meskipun sudah dilacak sekali pun, sebagian pihak kurir juga tidak tahu menahu letak keberadaan paket.<\/p>\n Bahkan terkadang antara status yang tertera pada invoice<\/em> dengan keberadaan barang secara real time<\/em> sangat berbeda.<\/p>\n Hal-hal seperti inilah yang membuat pengguna merasa kesulitan untuk melacak paketnya yang hilang.<\/p>\n Walhasil harus dibantu secara langsung oleh pihak kurir yang akan mencari informasi melalui sejumlah wilayah drop off point.<\/em><\/p>\n Tata cara komplain Paxel untuk paket yang hilang juga hampir sama dengan poin kedua, yakni pengguna harus mencantumkan beberapa dokumen penting sebagai data pendukung.<\/p>\n Cara tersebut juga dilakukan oleh beberapa pengguna saat komplain paket ke ID Express.<\/a><\/p>\n Berikut media atau sarana yang paling sering dan direkomendasikan bagi pengguna Paxel yang ingin komplain langsung!<\/p>\n Media seperti WhatsApp merupakan sarana sekaligus cara komplain Paxel yang paling sering serta direkomendasikan.<\/p>\n Walaupun Paxel punya nomor WA pusat, akan tetapi setiap customer<\/em> diharapkan mengajukan komplain paket ke nomor WA lokal.<\/p>\n Maksudnya, mengirim pesan ke nomor WA Paxel domisili setempat atau kurir asal kantor drop off point<\/em> yang bertugas pick up.<\/em><\/p>\n Inilah deretan nomor WhatsApp lokal yang berhasil dikumpulkan oleh tim Pintarjualan.idSyarat dan Kebijakan Klaim Paket Paxel<\/strong><\/h2>\n
1. Paket Makanan Ternyata Basi
\n<\/strong><\/h3>\n\n
2. Paket Mengalami Kerusakan
\n<\/strong><\/h3>\n\n
3. Paket Sulit Dilacak & Hilang<\/strong><\/h3>\n
Cara Komplain Paket Paxel Bermasalah<\/strong><\/h2>\n
Komplain via Chat WhatsApp<\/strong><\/h3>\n