{"id":2381,"date":"2022-05-25T09:36:28","date_gmt":"2022-05-25T02:36:28","guid":{"rendered":"https:\/\/pintarjualan.id\/2022\/05\/25\/shopee-raih-peringkat-pertama\/"},"modified":"2022-10-25T15:20:39","modified_gmt":"2022-10-25T08:20:39","slug":"shopee-raih-peringkat-pertama","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/pintarjualan.id\/shopee-raih-peringkat-pertama\/","title":{"rendered":"Shopee Raih Peringkat Pertama di Persaingan E-commerce"},"content":{"rendered":"\n
Jakarta<\/strong> – Pandemi Covid-19 menjadikan masyarakat hobi belanja online, khususnya di akhir tahun 2021 kemarin. Tentu hal ini menjadi momentum penting bagi e-commerce untuk memenangkan persaingan pengguna terbanyak. Diantara sekian banyak e-commerce<\/em> yang ada, Shopee<\/a> berhasil raih peringkat pertama dengan pengguna terbanyak di tahun 2021.<\/span><\/p>\n Promo akhir tahun 2021 kemarin, e-commerce<\/em> saling berlomba-lomba untuk memeriahkan moment tersebut. Dengan menghadirkan beberapa promo, penawaran, diskon, dan keuntungan belanja lainnya untuk masyarakat Indonesia.<\/span><\/p>\n Perusahaan riset pasar atau market research yaitu Ipsos, telah memberikan hasil riset terbaru mengenai persaingan E-commerce<\/em> yang ada di Indonesia selama periode tahun 2021.<\/span><\/p>\n âDalam survei ini, kami menggunakan empat indikator, yaitu BUMO (<\/span>Brand Use Most Often<\/span><\/i>), seberapa merek\/platform mana yang paling sering digunakan, <\/span>Top of Mind,<\/span><\/i> merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen, penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,â ungkap Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, Kamis (3\/2\/2022).<\/span><\/p>\n Dari survey<\/em> yang dilakukannya, yaitu diantara tiga e-commerce<\/em> di Indonesia, antara lain Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Hasilnya adalah Shopee raih peringkat pertama dengan beberapa ketentuan indikator yang digunakan. Terdapat 4 macam indikator yang digunakan dalam survei tersebut, antara lain :<\/span><\/p>\n Baca Juga : Shopee COD Sale 2.2 dan Berikut Daftar Promo Menariknya<\/a><\/p><\/blockquote>\n Indikator yang pertama adalah indikator merek. Ini merupakan indikator yang paling sering digunakan atau Brand Use Most Often<\/em> (BUMO). Dari hasil indikator ini menghasilkan 54% responden memilih e-commerce<\/em> Shopee, 30% Tokopedia, dan 13% Lazada.<\/span><\/p>\n Lagi-lagi melalui indikator Top of Mind<\/em> ini Shopee kembali meraih peringkat pertama yaitu sebesar 54%, kemudian disusul Tokopedia yaitu 27%, dan terakhir Lazada yaitu 12%. Artinya Shopee merupakan marketplace yang paling diingat oleh masyarakat di Indonesia.<\/span><\/p>\n Indikator yang ketika yaitu Share of Order<\/em> atau pangsa pasar jumlah transaksi. Melalui indikator ini Shopee telah mencatat pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi. Hal ini dihitung dalam 3 bulan transaksi persentasenya yaitu Shopee 40%, Tokopedia 30%, dan Lazada 16%.<\/span><\/p>\n Indikator yang digunakan terakhir adalah pangsa pasar nilai transaksi. Shopee terus menduduki peringkat pertama dengan persentase terbesar yaitu 40%, kedua yaitu Tokopedia<\/a> dengan persentase 30%, dan yang terakhir Lazada yaitu 16%.<\/span><\/p>\n Itulah 4 indikator yang digunakan Ipsos untuk melakukan penelitian secara online. Data tersebut menggunakan 1000 responden dengan usia 18 tahun – 35 tahun keatas.<\/span><\/p>\n Hasil penelitian diatas tidak hanya di kota Tier 1 seperti DKI Jakarta dan kota besar lainnya saja yang menjadi barometer. Namun, kota-kota Tier 1 dan Tier 2 juga dilakukan penelitian karena juga mempengaruhi pertumbuhan Indonesia di masa depan.<\/span><\/p>\n Dilansir dari economy.okezone.com1. Indikator Merek<\/b><\/h4>\n
2. Indikator Top of Mind<\/b><\/h4>\n
3. Indikator Share of Order<\/b><\/h4>\n
4. Indikator Pangsa Pasar Nilai Transaksi<\/b><\/h4>\n
Riset dari Antusias Masyarakat pada Festival Harbolnas<\/b><\/h2>\n
<\/p>\n