{"id":1611,"date":"2021-12-14T08:36:39","date_gmt":"2021-12-14T01:36:39","guid":{"rendered":"https:\/\/pintarjualan.id\/2021\/12\/14\/tips-memilih-ekspedisi\/"},"modified":"2022-10-25T15:40:41","modified_gmt":"2022-10-25T08:40:41","slug":"tips-memilih-ekspedisi","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/pintarjualan.id\/tips-memilih-ekspedisi\/","title":{"rendered":"10 Tips Memilih Ekspedisi Yang Tepat Untuk Bisnis Online"},"content":{"rendered":"\n
Sebagai pelaku bisnis online, sangat penting memilih jasa ekspedisi yang terpercaya untuk mengirim barang. Kali ini kami akan memberikan 10Â tips memilih ekspedisi<\/strong> yang tepat untuk bisnis online.<\/p>\n Persaingan ecommerce<\/em> saat ini sudah sangat sengit. Banyak promo dan diskon yang bertebaran di masing-masing ecommerce.<\/em><\/p>\n Tentu hal ini berpengaruh ke jasa ekspedisi. Makin banyak ekspedisi yang bermunculan dan ada juga yang sudah berdiri lama namun belum tentu aman.<\/p>\n Apalagi saat ini teknologi semakin berkembang dan canggih. Rasanya belum lengkap jika layanan ekspedisi tidak bertautan dengan teknologi.<\/p>\n Untuk itu akan kami berikan tips yang dapat dijadikan acuan saat memilih jasa ekspedisi.<\/p>\n Apa itu ekspedisi dalam online shop? Nah berikut ini penjelasanya :<\/p>\n [su_note] Jasa Ekspedisi merupakan layanan pengiriman barang yang didirikan oleh perusahaan maupun perseorangan [\/su_note]<\/p>\n Dengan menggunakan jasa kurir terbaik<\/a><\/strong> , tentu akan memudahkan kita dalam mengirimkan barang ke seluruh daerah indonesia bahkan luar negeri.<\/p>\n Di zaman serba digital ini, jasa kirim ikut serta mendorong perekonomian lebih maju. Bagaimana tidak? Banyak penjual online bermunculan dan mengandalkan jasa mereka.<\/p>\n Macam-macam ekspedisi di Indonesia<\/strong><\/em><\/p>\n [su_list icon=”icon: check” icon_color=”#00d80e” indent=”20″]<\/p>\n [\/su_list]<\/p>\n Jasa Ekspedisi ini dibantu oleh banyak kurir yang ada di seluruh cabang daerah. Kurir inilah yang akan membantu mengirimkan barang sampai ke tempat tujuan.<\/p>\n <\/p>\n Bagaimana cara memilih jasa pengiriman yang baik? Saat mengirim produk kita dengan jasa pengiriman apa yang harus diperhatikan? Dari pertanyaan tersebut akan kami ulas lengkap dibawah ini :<\/p>\n Suatu perusahaan ekspedisi wajib untuk mempunyai sistem informasi atau website resmi.<\/p>\n Tujuannya agar memudahkan bisnis online atau pelanggan dapat mengetahui informasi lengkap. Misalnya layanan yang tersedia, tarif, estimasi pengiriman, dan lainnya.<\/p>\n Jika suatu ekspedisi tidak mempunyai website resmi, maka akan diragukan oleh calon pelanggan.<\/p>\n Selain website resmi, harusnya sebuah ekspedisi mempunyai akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan kepada calon pelanggan.<\/p>\n Tips yang satu ini wajib diperhatikan, ya. Sangat tidak rekomended jika perusahaan ekspedisi tidak memiliki wadah pengaduan.<\/p>\n Layanan komplain ini wajib ada. Supaya Anda tidak kebingungan jika ada kendala mengenai pengiriman barang. Layanan pengaduan melalui customer service<\/em> maupun call center<\/em> biasanya tertera di website resmi.<\/p>\n Jika ada kendala pengiriman misalnya barang melebihi estimasi kirim, barang pecah, dan lainnya. Bisa langsung menghubungi CS<\/em> maupun Call Center<\/em>, biasanya layanan ini siap menerima komplain 24jam.<\/strong><\/p>\n Berikut cara komplain yang telah kami rangkum dari berbagai jasa kirim :<\/p>\n Sebelum mengirim barang, ada baiknya kita mencari tahu dahulu jasa kirim terbaik yang sudah banyak direkomendasikan banyak orang. Caranya cukup mencari lewat Google saja.<\/p>\n Biasanya banyak ulasan dan review di Google maps. Dari ulasan itu, lihat komentar dan rating. Apakah banyak yang bertanggapan negatif atau positif.<\/p>\n Selain itu, bisa mencari ulasan di blog atau website. Biasanya banyak orang yang menuliskan pengalaman menggunakan ekspedisi tertentu. Dari situ kita bisa menyimpulkan sendiri jasa kirim mana yang akan dipilih.<\/p>\n Penting bagi kamu untuk mengetahui detail informasi estimasi pengiriman. Pilih jasa kirim yang terpercaya dan mampu mengirim barang tepat waktu (on-time).<\/em><\/p>\n Karena biasanya banyak pelanggan yang mengeluhkan barang lama sampai. Jika terus menerus seperti itu, akan memberikan citra buruk ke bisnis online Anda.<\/p>\n Walaupun yang salah memang ekspedisi, namun tidak jarang juga pembeli yang menyalahkan pihak toko online.<\/p>\n Solusinya, berikan pengertian kepada pembeli dengan ramah dan sopan. Kemudian berikan nomor resi untuk bisa di tracking sendiri oleh pembeli.<\/p>\n Jika belum tahu estimasi pengiriman tiap ekspedisi, bisa kunjungi dibawah ini :<\/p>\n Tidak lengkap rasanya jika perusahaan ekspedisi tidak mempunyai kantor pusat. Banyak kantor pusat ekspedisi yang berdiri di Ibukota Jakarta.<\/p>\n Kantor pusat adalah kantor utama dari seluruh cabang ekspedisi. Nah, untuk mencari tahu apakah ekspedisi mempunyai kantor pusat atau tidak, biasanya ada informasi di bagian bawah website mereka.<\/p>\n Kantor pusat ini biasanya yang mengatur tata kelola jasa ekspedisi. Dari management, marketing, komplain, dan mengatur kantor-kantor cabang di setiap daerah.<\/p>\n Baca Juga :Â Cara Mencari Kantor J&T Express Terdekat dengan Mudah (via Aplikasi & Web)<\/a><\/p>\n Selain kantor pusat, tentu harus mempunyai kantor cabang. Dengan kantor cabang di berbagai titik daerah di Indonesia, akan sangat memudahkan untuk mengirim barang.<\/p>\n Kamu bisa mencari kantor cabang di daerahmu menggunakan Google Maps. Kantor cabang ini harus mempunyai jaringan yang luas. Karena kalau tidak, maka pasti akan banyak kendala.<\/p>\n Jadi kantor cabang satu dengan kantor cabang lain tentunya mereka adalah suatu jaringan kerja. Yang nantinya akan memudahkan pengiriman barang ke kantor cabang terdekat sesuai alamat tujuan.<\/p>\n Lihat juga :<\/p>\n Diatas kita sudah membahas mengenai sistem informasi yang harus dimiliki oleh perusahaan ekspedisi. Nah, sistem informasi ini berguna untuk melakukan tracking yang tersambung ke berbagai aplikasi atau website.<\/p>\n Tentu hal ini akan sangat berguna bagi pengguna. Karena mereka bisa mengetahui barang sudah berada dimana dan ada kendala atau tidak.<\/p>\n Banyak website dan aplikasi yang bisa membantu untuk tracking resi. Misalnya di pluginongkoskirim.comSekilas Mengenai Jasa Ekspedisi<\/h2>\n
\n
Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Bisnis Online<\/h2>\n
1. Terdapat Sistem Informasi\/Website Resmi<\/h3>\n
2. Ada layanan komplain (Customer Service\/Call Center)<\/h3>\n
\n
3. Cari tahu review di Google<\/h3>\n
4. Cari tahu estimasi pengiriman<\/h3>\n
\n
5. Mempunyai kantor pusat<\/h3>\n
6. Mempunyai banyak cabang di setiap daerah<\/h3>\n
\n
7. Bisa melakukan tracking dari aplikasi<\/h3>\n